Cara Buat Es Puter Santan Alat Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Bagaimana kabar kalian hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bersama-sama cara membuat es puter santan alat sederhana. Es puter santan adalah salah satu jenis minuman dingin khas Indonesia yang sangat terkenal dan digemari oleh banyak orang. Nah, untuk kalian yang ingin membuat es puter santan di rumah tanpa perlu alat yang rumit, yuk simak artikel berikut ini!

1. Siapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es puter santan alat sederhana adalah:

Bahan
Jumlah
Kelapa Parut
1 buah
Susu Kental Manis
1 kaleng
Gula Pasir
secukupnya
Garam
secukupnya
Daun Pandan
3 lembar

Alat yang diperlukan adalah:

  • Blender
  • Wadah Plastik
  • Sendok
  • Es Batu
  • Es Krim Scoop

Pastikan bahan dan alat yang kalian siapkan sudah bersih dan steril untuk menghindari kontaminasi bakteri atau kuman yang bisa merusak es puter santan kalian.

2. Cara Membuat Es Puter Santan

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat es puter santan alat sederhana:

Langkah 1: Mengolah Kelapa Parut

Pertama-tama, kupas kelapa dan parut bagian dalamnya. Dalam satu buah kelapa, biasanya akan menghasilkan sekitar 250-300 gram kelapa parut. Setelah itu, masukkan kelapa parut ke dalam blender, tambahkan sedikit air, dan blender hingga halus.

Langkah 2: Memasak Santan

Setelah kelapa parut halus, tambahkan air secukupnya dan masukkan daun pandan. Rebus santan hingga mendidih, lalu tambahkan gula pasir dan garam secukupnya. Aduk rata dan diamkan hingga santan agak dingin.

Langkah 3: Menggabungkan Santan dan Kelapa Parut

Saat santan sudah agak dingin, tuangkan ke dalam kelapa parut yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata dan saring dengan saringan kain untuk memisahkan ampas kelapa dari santan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Parata Sederhana - Sobat Sederhana

Langkah 4: Membekukan Es Puter

Tuang campuran santan dan kelapa parut ke dalam wadah plastik dan tambahkan es batu. Tutup wadah plastik dengan rapat dan kocok-kocok sampai campuran santan dan kelapa parut membeku.

Langkah 5: Memasak Es Puter

Setelah campuran santan dan kelapa parut membeku, masukkan campuran es puter ke dalam blender dan blender hingga halus. Lalu, dengan menggunakan es krim scoop, bentuk es puter sesuai selera kalian.

3. Tips dan Trik Membuat Es Puter Santan Alat Sederhana

Berikut beberapa tips dan trik untuk membuat es puter santan alat sederhana:

Tips 1: Pilih Kelapa yang Segar

Pilih kelapa yang segar dan masih muda agar kelapa parutnya lebih lembut dan mudah dihaluskan dengan blender.

Tips 2: Tambahkan Gula Sesuai Selera

Tambahkan gula pasir secukupnya sesuai selera. Jika kalian tidak terlalu suka makanan atau minuman yang terlalu manis, cukup tambahkan sedikit gula saja.

Tips 3: Gunakan Es Batu yang Cukup

Usahakan untuk menggunakan es batu yang cukup agar campuran santan dan kelapa parut cepat membeku. Jangan terlalu sering membuka penutup wadah plastik karena bisa membuat es puter tidak bisa membeku dengan sempurna.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah Saya Bisa Membuat Es Puter Santan alat sederhana Tanpa Blender?

Bisa. Jika kalian tidak memiliki blender, kalian bisa mengganti blender dengan parutan kelapa dan menggunakan tangan untuk memeras santan dari campuran kelapa dan air.

2. Apa yang Bisa Menjadi Pengganti Santan?

Jika kalian tidak suka menggunakan santan karena alasan kesehatan atau alergi, kalian bisa mengganti santan dengan susu cair atau menggunakan susu almond, susu kedelai, atau susu kelapa sebagai alternatif.

TRENDING 🔥  Cara Masang Soban Sederhana

3. Bagaimana Saya Menyimpan Es Puter Santan alat sederhana?

Es puter santan alat sederhana bisa disimpan di dalam freezer selama beberapa hari. Jika ingin menyimpannya dalam waktu yang lebih lama, sebaiknya disimpan dalam wadah kedap udara dan ditaruh di tempat yang dingin.

4. Apakah Saya Bisa Mengganti Gula Pasir dengan Gula Aren?

Bisa. Gula aren bisa menjadi alternatif gula pasir pada saat membuat es puter santan alat sederhana.

5. Bagaimana Saya Menambahkan Aroma Tambahan untuk Es Puter Santan?

Kalian bisa menambahkan aroma tambahan seperti pandan, coklat, atau buah-buahan seperti stroberi, mangga, atau durian untuk memberikan variasi rasa pada es puter santan alat sederhana kalian.

5. Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat es puter santan alat sederhana yang mudah dan praktis. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, kalian bisa membuat es puter santan dengan mudah di rumah tanpa perlu alat yang rumit. Selamat mencoba dan nikmati es puter santan segar yang kalian buat sendiri!

Jangan lupa untuk berbagi resep ini dengan teman-teman kalian yang suka mengolah makanan dan minuman di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Buat Es Puter Santan Alat Sederhana