Cara Membuat Spinner yang Sederhana

Hello Sobat Sederhana, apakah kamu sering merasa bosan saat berada di rumah? Jika iya, kamu bisa membuat sebuah permainan sederhana yang sangat populer di kalangan anak-anak maupun dewasa, yaitu spinner. Di artikel ini, kamu akan belajar cara membuat spinner yang sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan. Yuk, kita mulai!

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Agar kamu dapat membuat spinner yang sederhana, kamu memerlukan bahan-bahan di bawah ini:

Bahan
Jumlah
Lembaran karton
2 buah
Bola bearing
1 buah
Lem
1 buah
Pulpen
1 buah
Gunting
1 buah

Dengan bahan-bahan di atas, kamu sudah siap untuk membuat spinner yang sederhana.

2. Buat Lingkaran pada Lembaran Karton

Pertama-tama, guntinglah lembaran karton menjadi lingkaran dengan diameter sekitar 10 cm. Lakukan hal yang sama pada lembaran karton yang lain. Setelah itu, gunting lubang kecil pada bagian tengah lingkaran dengan ukuran yang sama dengan bola bearing yang kamu punya.

3. Pasang Bola Bearing

Selanjutnya, pasang bola bearing pada salah satu lingkaran karton yang sudah kamu buat. Letakkan bola bearing pada lubang kecil yang sudah kamu buat tadi. Pastikan bola bearing pas dan tidak goyang-goyang.

4. Tempelkan Lembaran Karton yang Lain

Setelah bola bearing sudah terpasang, tempelkan lembaran karton yang lain di atas lingkaran karton yang sudah dipasangi bola bearing. Pastikan kedua lingkaran karton menempel dengan baik. Biarkan lem kering selama beberapa menit.

5. Beri Warna pada Spinner

Agar spinner kamu lebih menarik, beri warna pada kedua sisi spinner dengan menggunakan pulpen. Kamu bisa menggunakan warna-warna yang kamu suka atau kembaran warna favoritmu.

6. Spinner Siap Digunakan

Spinner yang sederhana sudah jadi dan siap digunakan. Untuk memainkannya, cukup genggam spinner dengan tangan kanan atau kiri dan putar ball bearing dengan jari-jari tangan yang lain. Cobalah untuk membuatnya berputar secepat mungkin atau sebanyak mungkin putaran dalam waktu 30 detik.

TRENDING 🔥  Cara Korelasi Sederhana

FAQ

1. Bola bearing apa yang harus digunakan untuk membuat spinner?

Kamu bisa menggunakan bola bearing ukuran standar yang biasanya digunakan untuk skateboard atau sepeda. Ukuran yang paling umum adalah 608, tetapi kamu juga bisa menggunakan bola bearing ukuran yang lebih besar atau lebih kecil.

2. Apa saja bahan alternatif yang bisa digunakan untuk membuat spinner?

Jika kamu tidak memiliki karton, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti kayu atau plastik. Selain itu, kamu juga bisa mengganti bola bearing dengan benda bulat lain seperti kelereng atau bola pingpong.

3. Bagaimana cara membuat spinner yang lebih besar?

Untuk membuat spinner yang lebih besar, gunakanlah bahan yang lebih besar dan bola bearing yang lebih besar juga. Selain itu, pastikan kamu memotong lingkaran dengan diameter yang lebih besar.

7. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat spinner yang sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan. Spinner buatanmu bisa menjadi hiburan yang menyenangkan saat kamu bosan atau sedang merasa stres. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Spinner yang Sederhana