Cara Membuat Spiner Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang belum pernah mencoba main spiner? Game kecil yang bisa diputar-putar dengan jari ini memang menyenangkan dan menyegarkan pikiran. Nah, kali ini kita akan belajar cara membuat spiner sederhana sendiri agar bisa memainkannya kapan saja dan di mana saja. Yuk, simak panduan lengkapnya berikut ini!

Alat dan Bahan

Sebelum memulai, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
Gunting
Kertas karton berwarna-warni
Pensil
Paku
Penggaris
Super glue

Setelah semua bahan dan alat tersedia, langkah-langkah selanjutnya adalah:

1. Buatlah Lingkaran Besar

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus membuat lingkaran besar sebagai dasar spiner. Caranya, ambil kertas karton dan gambar lingkaran besar menggunakan pensil dan penggaris. Setelah itu, gunting lingkaran tersebut dengan hati-hati.

Setelah potongan lingkaran siap, gunting lagi sebuah lingkaran yang lebih kecil di tengahnya. Ukuran lingkaran kecil ini sebaiknya sekitar setengah diameter lingkaran besar.

2. Buatlah Beberapa Lingkaran Kecil

Selanjutnya, Sobat Sederhana harus membuat beberapa lingkaran kecil dengan ukuran yang sama dan jumlah yang bervariasi. Bisa 3, 4, atau 5 lingkaran kecil, tergantung selera.

Setelah itu, tempelkan lingkaran-lingkaran kecil tersebut di sekitar lingkaran besar yang telah dipotong tengahnya tadi. Pastikan lingkaran-lingkaran kecil tersebut tersusun secara merata dan rapi.

3. Pasang Paku di Tengah Lingkaran

Siapkan paku kecil yang bisa Sobat Sederhana temukan di rumah. Pasang paku tersebut di tengah lubang yang telah dipotong pada lingkaran besar tadi. Pastikan paku tersebut menempel dengan kuat dan tidak mudah lepas.

4. Gabungkan Dua Bagian Lingkarans

Sekarang, Sobat Sederhana harus membuat bagian penjepit spiner agar bisa diputar-putar dengan jari. Caranya, ambil sisa kertas karton yang masih ada dan buatlah dua bagian dengan ukuran yang sama.

TRENDING 🔥  Cara Praktis Replikasi DNA dengan Bahan Sederhana

Lingkarkan kedua bagian tersebut pada lingkaran besar yang telah diberi lubang tengah. Pastikan ujung-ujung kedua bagian tersebut saling menempel dan membentuk penjepit yang kuat.

5. Rekatkan Semua Bagian

Selanjutnya, rekatkan semua bagian spiner yang telah dibuat menggunakan super glue. Pastikan semua bagian terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

Setelah spiner selesai dibuat, Sobat Sederhana bisa langsung mencobanya dengan memutar-mutar bagian penjepitnya dengan jari. Spiner sederhana buatan sendiri siap untuk dimainkan!

FAQ

  1. Apakah spiner hanya bisa dibuat dari kertas karton?

    Tidak, spiner bisa dibuat dari berbagai bahan seperti kayu, plastik, atau logam. Namun, kertas karton cukup mudah ditemukan dan mudah dibentuk, sehingga cocok untuk membuat spiner sederhana.

  2. Apakah pakai paku itu aman bagi anak-anak?

    Tidak disarankan menggunakan paku untuk anak-anak sebagai pengaman. Lebih baik ganti dengan benda lain yang lebih aman, seperti pensil atau pulpen.

  3. Apakah spiner bisa digunakan sebagai penghilang stres?

    Ya, spiner bisa digunakan sebagai penghilang stres karena gerakan memutar yang dilakukan bisa meredakan ketegangan dan membantu relaksasi.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Spiner Sederhana