Cara Membuat Soto Ceker Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana. Apa kabar hari ini? Kita akan membahas tentang cara membuat soto ceker sederhana yang lezat dan enak. Siapa yang tidak suka soto? Terlebih dengan bahan-bahan sederhana seperti ceker ayam, Anda bisa membuat hidangan yang istimewa untuk keluarga atau teman-teman. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat soto ceker yang lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Ceker ayam
500 gram
Serai
2 batang
Jeruk nipis
2 biji
Kecap manis
2 sendok makan
Bawang merah
5 siung
Bawang putih
3 siung
Garam
secukupnya
Gula merah
2 sendok makan
Air bersih
2 liter
Daun bawang
secukupnya
Daun seledri
secukupnya
Beras ketan
100 gram

Setelah semua bahan siap, langsung saja kita masuk ke cara membuat soto ceker sederhana yang lezat.

Langkah Pertama: Mempersiapkan Ceker Ayam

Cuci bersih ceker ayam. Setelah itu, rebus ceker ayam selama 10 menit dan angkat. Tiriskan dan simpan air rebusannya. Kemudian, potong-potong ceker ayam agar lebih mudah dimasak. Letakkan di wadah dan tambahkan air jeruk nipis. Diamkan selama 10 menit agar bau amis pada ceker ayam hilang.

Langkah Kedua: Membuat Bumbu Halus

Iris tipis bawang merah dan bawang putih. Kemudian, tumis bawang merah dan bawang putih dengan sedikit minyak hingga wangi. Setelah itu, haluskan bumbu tersebut dengan blender atau cobek agar menjadi bumbu halus.

Langkah Ketiga: Membuat Kuah Soto

Tambahkan bumbu halus yang sudah dihaluskan ke dalam panci. Tumis bumbu hingga wangi. Kemudian, tambahkan air bersih dan air rebusan ceker ayam. Masukkan ceker ayam dan serai. Tambahkan garam, kecap manis, dan gula merah. Rebus hingga mendidih.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lampu Sederhana dari Baterai

Langkah Keempat: Membuat Ketan

Cuci bersih beras ketan dan rendam selama 30 menit. Setelah itu, kukus beras ketan selama 15 menit atau hingga matang. Angkat dan letakkan di atas piring.

Langkah Kelima: Menyajikan Soto Ceker Sederhana

Sajikan soto ceker sederhana dalam mangkuk atau tiris. Beri irisan daun bawang dan seledri di atasnya. Sajikan ketan di samping soto. Anda bisa menambahkan bahan pelengkap lainnya seperti perkedel, tahu goreng, atau emping.

FAQ

1. Apakah ceker ayam harus direbus terlebih dahulu?

Ya, ceker ayam harus direbus terlebih dahulu sebelum dimasak sebagai bahan soto. Ceker ayam yang sudah direbus akan lebih empuk dan mudah dimakan.

2. Apakah bisa menggunakan bumbu instan untuk membuat soto?

Tentu saja bisa, namun rasanya akan lebih enak jika menggunakan bumbu rempah yang dihaluskan sendiri tanpa bahan pengawet atau pengembang rasa.

3. Apakah bisa menggunakan bahan lain selain ceker ayam?

Tentu saja bisa. Anda bisa menggunakan daging ayam, daging sapi, atau bahkan sayuran seperti kentang atau wortel sebagai bahan soto.

4. Apakah harus menggunakan ketan sebagai pelengkap soto?

Tidak harus, Anda bisa menggunakan nasi sebagai pelengkap soto. Namun, ketan sering dijadikan sebagai pelengkap soto karena rasanya yang lezat dan kandungan gulanya membantu menyeimbangkan rasa soto yang asin.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Soto Ceker Sederhana