Cara Membuat SMPS Sederhana

Selamat datang, Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat SMPS sederhana. SMPS atau Switched Mode Power Supply adalah jenis power supply yang sering digunakan pada peralatan elektronik, seperti komputer, televisi, atau peralatan rumah tangga lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat SMPS sederhana.

1. Pengenalan SMPS

Sebelum kita membahas tentang cara membuat SMPS sederhana, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu SMPS. SMPS merupakan jenis power supply yang menggunakan teknologi switching untuk mengubah arus listrik AC menjadi DC. Berbeda dengan power supply konvensional yang menggunakan transformator, SMPS menggunakan komponen-komponen seperti capacitor, transistor, dan diode. Dalam hal ini, SMPS dianggap lebih efisien dan lebih kompak dibandingkan dengan power supply konvensional.

SMPS terdiri dari beberapa bagian penting, seperti rectifier, filter, inverter, dan regulator. Bagian rectifier berfungsi untuk mengubah arus listrik AC menjadi DC. Bagian filter berfungsi untuk menyaring arus DC yang sudah diubah, sehingga menjadi lebih bersih. Bagian inverter berfungsi untuk mengubah arus DC menjadi arus pulsa, sedangkan regulator berfungsi untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik yang keluar dari SMPS.

2. Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat SMPS sederhana, kita membutuhkan beberapa bahan-bahan berikut:

Bahan-Bahan
Jumlah
Transformator
1 buah
Diode
4 buah
Capacitor
2 buah
Transistor
2 buah
Resistor
2 buah
PCB
1 buah

Bahan-bahan di atas dapat kamu dapatkan di toko elektronik terdekat atau melalui toko online.

3. Langkah-Langkah Membuat SMPS Sederhana

3.1 Membuat Rangkaian Rectifier

Langkah pertama dalam membuat SMPS sederhana adalah membuat rangkaian rectifier. Rangkaian rectifier berfungsi untuk mengubah arus listrik AC menjadi DC. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Letakkan diode dalam urutan yang benar pada PCB.
  2. Sambungkan diode ke terminal input dan output trafo.
  3. Pemasangan diode selesai.
TRENDING 🔥  Tata Cara Dapatkan Hak Paten Sederhana

Dengan demikian, rangkaian rectifier telah selesai dibuat.

3.2 Membuat Rangkaian Filter

Langkah kedua dalam membuat SMPS sederhana adalah membuat rangkaian filter. Rangkaian filter berfungsi untuk menyaring arus DC yang sudah diubah menjadi lebih bersih. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Letakkan capacitor pada PCB.
  2. Sambungkan capacitor pada output rectifier.
  3. Pemasangan capacitor selesai.

Dengan demikian, rangkaian filter telah selesai dibuat.

3.3 Membuat Rangkaian Inverter

Langkah ketiga dalam membuat SMPS sederhana adalah membuat rangkaian inverter. Rangkaian inverter berfungsi untuk mengubah arus DC menjadi arus pulsa. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Letakkan transistor pada PCB.
  2. Sambungkan transistor pada output filter.
  3. Pasang resistor pada rangkaian basis transistor.
  4. Sambungkan resistor dengan filter.
  5. Pemasangan rangkaian inverter selesai.

Dengan demikian, rangkaian inverter telah selesai dibuat.

3.4 Membuat Rangkaian Regulator

Langkah terakhir dalam membuat SMPS sederhana adalah membuat rangkaian regulator. Rangkaian regulator berfungsi untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik yang keluar dari SMPS. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Letakkan transistor kedua pada PCB.
  2. Sambungkan transistor dengan inverter.
  3. Pasang resistor pada rangkaian basis transistor kedua.
  4. Sambungkan resistor dengan inverter.
  5. Pemasangan rangkaian regulator selesai.

Dengan demikian, SMPS sederhana telah selesai dibuat.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

4.1 Apa Itu SMPS?

SMPS atau Switched Mode Power Supply adalah jenis power supply yang sering digunakan pada peralatan elektronik, seperti komputer, televisi, atau peralatan rumah tangga lainnya. SMPS menggunakan teknologi switching untuk mengubah arus listrik AC menjadi DC.

4.2 Apa Saja Bagian-Bagian Penting dalam SMPS?

SMPS terdiri dari beberapa bagian penting, seperti rectifier, filter, inverter, dan regulator. Bagian rectifier berfungsi untuk mengubah arus listrik AC menjadi DC. Bagian filter berfungsi untuk menyaring arus DC yang sudah diubah, sehingga menjadi lebih bersih. Bagian inverter berfungsi untuk mengubah arus DC menjadi arus pulsa, sedangkan regulator berfungsi untuk menstabilkan arus dan tegangan listrik yang keluar dari SMPS.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Membuat Alat Pemurnian Air Sederhana

4.3 Apa Kelebihan SMPS?

SMPS dianggap lebih efisien dan lebih kompak dibandingkan dengan power supply konvensional. Hal ini disebabkan karena SMPS menggunakan komponen-komponen seperti capacitor, transistor, dan diode.

5. Kesimpulan

Itulah langkah-langkah dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat SMPS sederhana. Dengan memahami cara membuat SMPS sederhana, kita dapat menghemat biaya untuk memperbaiki power supply yang rusak atau bahkan membuat power supply sendiri untuk proyek elektronik kita. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat SMPS Sederhana