Cara Membuat Kuah Suki Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan bahas tentang cara membuat kuah suki yang sederhana namun enak. Untuk Sobat Sederhana yang belum tahu, suki adalah makanan asal Jepang yang sudah sangat populer di Indonesia. Biasanya suki disajikan dengan kuah yang gurih dan segar. Nah, kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat kuah suki sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita bahas tentang cara membuat kuah suki, ada baiknya jika kita menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang Sobat Sederhana butuhkan:

Bahan
Jumlah
Daging ayam/kambing/sapi
500 gram
Sawi putih
1 ikat
Tauge
200 gram
Jamur shitake
100 gram
Wortel
1 buah
Bawang putih
5 siung
Jahe
1 ruas jari
Daun bawang
2 batang
Kaldu bubuk
1 sdt
Air
2 liter

Cara Membuat Kuah Suki

1. Persiapan Bahan

Langkah pertama yang harus Sobat Sederhana lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas. Potong daging, sayuran, dan jamur sesuai dengan selera. Iris bawang putih dan jahe tipis-tipis, dan iris daun bawang sesuai ukuran yang diinginkan.

2. Masak Bawang Putih dan Jahe

Panaskan wajan dan tumis bawang putih serta jahe hingga harum dan berubah warna. Jangan sampai terlalu garing karena nanti bisa membuat bau sepet yang tidak sedap.

3. Tambahkan Air

Setelah bawang putih dan jahe sudah harum, tuangkan air ke dalam wajan. Tambahkan juga kaldu bubuk dan aduk rata. Biarkan air mendidih.

4. Tambahkan Sayuran dan Jamur

Setelah air mendidih, masukkan sayuran dan jamur ke dalam kuah. Biarkan sayuran dan jamur matang, tapi jangan terlalu lama agar tidak terlalu layu.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengeraskan Rambut

5. Masukkan Daging

Setelah sayuran dan jamur matang, masukkan potongan daging ke dalam kuah. Biarkan daging matang sempurna dan kuah mendidih kembali.

6. Sajikan

Nah, kuah suki sederhana yang enak sudah siap untuk disajikan. Sajikan kuah bersama dengan bahan-bahan lain seperti mie, tahu, atau telur puyuh.

FAQ

Apa yang membuat kuah suki terasa enak?

Kuah suki terasa enak karena penggunaan kaldu bubuk yang memberikan cita rasa yang gurih dan segar. Jangan terlalu banyak menggunakannya karena nanti bisa membuat kuah terlalu asin.

Bisakah saya menggunakan bahan lain selain yang tertera di atas?

Tentu saja bisa. Sobat Sederhana bisa mengganti daging dengan seafood atau bahkan vegan dengan menggunakan jamur dan tahu sebagai pengganti daging.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kuah suki?

Waktu yang dibutuhkan sekitar 30-45 menit tergantung pada jumlah dan jenis bahan yang digunakan.

Apakah kuah suki bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Bisa, tapi disarankan untuk tidak lebih dari tiga hari. Sebaiknya simpan kuah dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam kulkas.

Penutup

Demikian cara membuat kuah suki yang sederhana dan enak. Dengan penggunaan bahan-bahan yang segar dan sesuai dengan selera, Sobat Sederhana bisa mencoba membuat kuah suki sendiri di rumah. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kuah Suki Sederhana