Cara Membuat Shampo Sederhana

Cara Membuat Shampo Sederhana – Journal Article

Selamat datang Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan belajar cara membuat shampo sederhana. Shampo yang kita gunakan sehari-hari ternyata bisa kita buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Selain lebih murah, shampo buatan sendiri juga lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti shampo yang dijual di pasaran.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat shampo sederhana, kita memerlukan beberapa bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Fungsi
Sabun cuci piring
2 sendok makan
Membersihkan kotoran dan minyak pada rambut
Cuka sari apel
3 sendok makan
Mengurangi ketombe, melembutkan rambut, dan menghilangkan bau tidak sedap
Air
2 cangkir
Sebagai pelarut dan pengencer
Minyak esensial
Beberapa tetes
Memberikan aroma harum pada shampo

Jika bahan-bahan sudah siap, kita bisa langsung memulai pembuatan shampo sederhana ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Membuat Shampo Sederhana

1. Persiapkan Wadah

Siapkan sebuah wadah untuk mencampurkan semua bahan yang telah disiapkan. Pastikan wadah tersebut bersih dan kering.

2. Campurkan Sabun Cuci Piring dan Air

Tuangkan 2 sendok makan sabun cuci piring ke dalam wadah, lalu tambahkan 2 cangkir air. Aduk hingga sabun cuci piring tercampur sempurna dengan air.

3. Tambahkan Cuka Sari Apel

Tambahkan 3 sendok makan cuka sari apel ke dalam campuran sabun cuci piring dan air tadi. Aduk hingga cuka sari apel tercampur rata.

4. Tambahkan Minyak Esensial

Teteskan beberapa tetes minyak esensial ke dalam campuran shampo tadi. Minyak esensial bisa dipilih sesuai selera, misalnya minyak lavender, minyak peppermint, atau minyak jeruk. Aduk hingga minyak esensial tercampur sempurna dengan campuran shampo.

TRENDING 🔥  Cara Memfoto Produk dengan Kamera Sederhana

5. Simpan Shampo dalam Wadah yang Tertutup

Setelah semua bahan tercampur rata, simpan shampo dalam wadah yang tertutup rapat. Shampo siap digunakan setelah dicampur dengan air saat akan digunakan.

FAQ

1. Apakah shampo sederhana ini tidak membuat rambut kering?

Shampo sederhana ini sebenarnya dapat membantu melembutkan rambut, tetapi jika digunakan terlalu sering atau dalam jangka waktu yang lama, dapat membuat rambut menjadi kering. Sebaiknya, gunakan shampo sederhana ini secara bergantian dengan shampo yang biasa Anda gunakan.

2. Bisakah cuka sari apel diganti dengan bahan lain?

Bisa. Jika Anda tidak memiliki cuka sari apel, Anda bisa menggantinya dengan cuka putih atau cuka anggur. Namun, perlu diingat bahwa cuka sari apel memiliki manfaat khusus untuk rambut dan kulit kepala, seperti membantu mengurangi ketombe dan menghilangkan bau tidak sedap.

3. Apakah bisa menambahkan bahan lain ke dalam shampo sederhana ini?

Bisa. Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain yang bermanfaat untuk rambut dan kulit kepala, seperti minyak kelapa, lidah buaya, atau teh hijau. Namun, pastikan bahan tambahan tersebut tidak akan menimbulkan efek samping yang merugikan.

4. Apakah shampo sederhana ini cocok untuk semua jenis rambut?

Shampo sederhana ini sebenarnya cocok untuk semua jenis rambut, tetapi efeknya mungkin berbeda-beda tergantung pada kondisi rambut masing-masing. Jika rambut Anda sangat kering atau sangat berminyak, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli kecantikan sebelum menggunakan shampo sederhana ini.

5. Berapa lama shampo sederhana ini bisa disimpan?

Shampo sederhana ini sebaiknya digunakan dalam waktu kurang dari 2 minggu setelah pembuatan, karena tidak mengandung bahan pengawet seperti shampo yang dijual di pasaran. Setelah 2 minggu, shampo mungkin sudah mulai mengalami kerusakan atau tidak lagi efektif dalam membersihkan rambut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Fondant Cake Sederhana untuk Sobat Sederhana

Kesimpulan

Itulah cara membuat shampo sederhana yang murah, mudah, dan ramah lingkungan. Dengan membuat shampo sendiri di rumah, kita bisa menghemat uang dan melindungi lingkungan dari bahan kimia berbahaya. Selain itu, shampo sederhana ini juga tidak kalah efektif dalam membersihkan rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala. Jangan lupa untuk mencoba membuat shampo sederhana ini di rumah ya, Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Shampo Sederhana