Cara Membuat Sempol Tanpa Ayam Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Sempol merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang sangat digemari oleh banyak orang. Biasanya, sempol terbuat dari daging ayam yang dicincang halus dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya. Namun, apakah Sobat Sederhana tahu jika sempol juga bisa dibuat tanpa menggunakan ayam? Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat sempol tanpa ayam yang sederhana dan mudah untuk dilakukan di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan sempol tanpa ayam, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang Sobat Sederhana butuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Ubi jalar, dikukus
250 gram
Wortel, diparut kasar
100 gram
Bawang bombay, diiris tipis
1 buah
Bawang putih, dihaluskan
3 siung
Telur
2 butir
Garam
1 sendok teh
Kaldu ayam bubuk
1 sendok makan
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah 1: Menghaluskan Ubi Jalar

Pertama-tama, bersihkan ubi jalar dan kukus hingga empuk. Setelah itu, haluskan ubi jalar dengan menggunakan blender atau food processor hingga menjadi pasta yang halus.

Langkah 2: Membuat Adonan Sempol

Tambahkan tepung terigu ke dalam pasta ubi jalar yang sudah dihaluskan tadi. Aduk rata dan tambahkan sedikit air hingga adonan bisa dipulung. Setelah itu, tambahkan wortel, bawang bombay, bawang putih, telur, garam, dan kaldu ayam bubuk ke dalam adonan. Aduk rata.

Langkah 3: Membentuk Sempol

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Ambil satu sendok adonan, lalu bulatkan dan pipihkan sedikit. Goreng hingga sempol berwarna kecoklatan dan matang. Lakukan langkah yang sama untuk sisa adonan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bolu Gulung Kukus Sederhana

Cara Menyajikan Sempol Tanpa Ayam

Sempol tanpa ayam siap disajikan sebagai camilan atau makanan pelengkap. Sobat Sederhana bisa menyajikannya dengan saus sambal atau saus tomat. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa menggunakan tepung sagu sebagai pengganti tepung terigu?

Bisa, tapi hasilnya mungkin akan sedikit berbeda dari sempol yang dibuat menggunakan tepung terigu.

2. Apakah sempol tanpa ayam bisa disimpan dalam freezer?

Bisa. Setelah sempol matang, biarkan dingin terlebih dahulu, lalu simpan dalam wadah tertutup dan masukkan ke dalam freezer. Untuk menghangatkannya kembali, bisa digoreng atau dipanaskan di atas panci dengan api kecil.

3. Apakah bisa menambahkan bahan lain ke dalam adonan sempol?

Bisa. Sobat Sederhana bisa menambahkan bahan lain sesuai dengan selera, seperti jagung, keju, atau daging sapi cincang.

Penutup

Nah, itulah cara membuat sempol tanpa ayam yang sederhana dan mudah untuk dilakukan di rumah. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi hasilnya dengan keluarga dan teman-teman. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Sempol Tanpa Ayam Sederhana