Cara Membuat Saus Coklat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat saus coklat sederhana yang bisa kamu aplikasikan untuk berbagai macam kudapan. Saus coklat memang selalu menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan legit. Yuk, kita simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat saus coklat, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan Jumlah
Coklat batang 100 gram
Susu kental manis 2 sendok makan
Mentega 50 gram
Air matang 100 ml
Garam 1/4 sendok teh

Dengan menyiapkan semua bahan-bahan ini dengan baik, kamu akan mempermudah diri dalam membuat saus coklat sederhana ini.

Langkah-langkah Membuat Saus Coklat Sederhana

Berikut adalah cara membuat saus coklat sederhana yang dapat kamu ikuti dengan mudah:

Langkah 1: Siapkan Coklat Batang

Pertama-tama, biz kamu perlu menyiapkan coklat batang sebanyak 100 gram. Kemudian, potong-potong cokelat batang tersebut menjadi bagian-bagian kecil agar lebih mudah melelehkan cokelat tersebut.

Langkah 2: Siapkan Wadah

Siapkan dua buah wadah yang akan digunakan untuk melelehkan coklat dan memasak saus coklat. Pastikan kedua wadah tersebut aman digunakan dalam api langsung.

Langkah 3: Melting Cokelat

Melelehkan coklat batang dengan menggunakan teknik double boiler. Caranya adalah dengan menaruh pot berisi coklat di atas panci berisi air mendidih. Aduk-aduk coklat secara perlahan sampai coklat meleleh dengan sempurna.

Langkah 4: Tambahkan Susu Kental Manis dan Mentega

Setelah coklat meleleh, tambahkan 2 sendok makan susu kental manis dan 50 gram mentega ke dalam wadah yang berbeda. Kemudian, tuang campuran tersebut ke dalam wadah coklat yang telah meleleh dengan sempurna.

Langkah 5: Tambahkan Air dan Garam

Tambahkan 100 ml air matang dan 1/4 sendok teh garam ke dalam campuran tersebut. Aduk-aduk dengan perlahan sampai semua bahan tercampur dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Buat Tempat Cuci Piring Sederhana

Langkah 6: Masak Saus Coklat

Panaskan wadah campuran coklat di atas api kecil. Aduk-aduk campuran tersebut secara terus-menerus agar tidak menggumpal. Setelah saus coklat mendidih, masak terus sampai saus mencapai konsistensi yang diinginkan.

FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apakah saus coklat sederhana ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama?

Saus coklat ini dapat disimpan dalam lemari pendingin selama 2 minggu.

2. Bagaimana cara membuat saus coklat agar tidak mudah kental?

Untuk menghindari agar saus coklat tidak mudah mengental, kamu bisa menambahkan susu cair atau air matang sesuai dengan konsistensi yang diinginkan.

3. Bahan apa saja yang dapat ditambahkan ke dalam saus coklat sederhana ini?

Kamu bisa menambahkan almond cincang, kacang mete, atau potongan buah-buahan segar ke dalam saus coklat ini.

Penutup

Itulah cara membuat saus coklat sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Saus coklat ini cocok untuk diaplikasikan pada berbagai macam kudapan, mulai dari roti panggang hingga pancake. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Saus Coklat Sederhana