Cara Membuat Es Krim Rumahan Sederhana Tanpa Mixer

Halo Sobat Sederhana! Siapa di sini yang suka es krim? Tentunya kita semua suka es krim, apalagi di cuaca yang panas seperti sekarang ini. Namun, seringkali harga es krim yang dijual di toko terlalu mahal dan belum tentu sesuai dengan selera kita. Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan cara membuat es krim rumahan sederhana tanpa mixer yang mudah dan tentunya lebih terjangkau. Yuk, baca artikel ini sampai selesai!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat es krim rumahan sederhana tanpa mixer, Sobat Sederhana memerlukan beberapa bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Susu cair full cream
1 liter
Gula pasir
250 gram
Tepung maizena
50 gram
Vanili bubuk
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh

Pastikan Sobat Sederhana mempersiapkan semua bahan tersebut sebelum memulai proses pembuatan es krim rumahan sederhana tanpa mixer.

Langkah-Langkah Membuat Es Krim Rumahan Sederhana Tanpa Mixer

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan es krim rumahan sederhana tanpa mixer:

1. Campurkan Susu Cair dan Gula Pasir

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus mencampurkan susu cair full cream dengan gula pasir di dalam satu wadah. Aduk hingga gula larut ke dalam susu cair.

2. Masak Bahan-Bahan

Setelah itu, masukkan tepung maizena ke dalam wadah yang sama. Aduk rata dan jangan ada yang menggumpal. Selanjutnya, masak adonan di atas api sedang sambil terus diaduk hingga mengental.

3. Tambahkan Bahan-Bahan Lainnya

Setelah adonan mengental, tambahkan vanili bubuk dan garam ke dalamnya. Aduk hingga rata dan proses pembuatan es krim rumahan sederhana tanpa mixer sudah hampir selesai.

4. Bekukan Adonan

Setelah semua bahan tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam wadah. Sebaiknya wadah tersebut memiliki ukuran yang cukup besar agar adonan tidak tumpah saat dibekukan.

TRENDING 🔥  Cara Pengelolaan dan Pengolahan Sampah Secara Sederhana untuk Sobat Sederhana

Selanjutnya, tutup wadah dengan plastik wrap dan simpan di dalam freezer. Pastikan adonan es krim rumahan sederhana tanpa mixer tidak terganggu oleh benda lain di dalam freezer.

5. Aduk Adonan setiap 20 Menit

Setiap 20 menit sekali, keluarkan wadah dari freezer dan aduk adonan es krim rumahan sederhana tanpa mixer menggunakan whisk atau garpu. Hal ini dilakukan agar es krim tidak membentuk kristal besar dan tetap lembut.

6. Bekukan Selama 4-6 Jam

Lakukan proses pengadukan selama 4-6 jam di dalam freezer. Setelah itu, es krim siap dihidangkan. Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah susu cair full cream harus digunakan?

Iya, susu cair full cream harus digunakan agar es krim memiliki tekstur yang lebih lembut dan kaya akan rasa.

2. Apa yang harus dilakukan jika adonan es krim sudah terlalu membeku?

Jangan khawatir, Sobat Sederhana masih bisa menyelamatkan adonan es krim dengan cara mengocoknya dengan mixer atau blender hingga lembut. Kemudian, masukkan kembali adonan ke dalam freezer dan lakukan proses pengadukan seperti biasa.

3. Bisakah es krim rumahan sederhana tanpa mixer ini disimpan lama?

Es krim rumahan sederhana tanpa mixer ini dapat disimpan di dalam freezer selama 1-2 minggu.

4. Apakah bahan-bahan tersebut bisa diganti dengan yang lain?

Tentu saja. Sobat Sederhana bisa mengganti susu cair full cream dengan susu cair biasa atau susu rendah lemak. Begitu juga dengan gula pasir, bisa diganti dengan gula kelapa atau pemanis lainnya.

Kesimpulan

Itulah cara membuat es krim rumahan sederhana tanpa mixer yang mudah dan terjangkau. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kami berikan, Sobat Sederhana dapat menikmati es krim yang lembut dan kaya akan rasa di rumah. Jangan lupa untuk selalu mengaduk adonan setiap 20 menit dan menyimpan es krim di dalam freezer agar tetap lembut. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Interpolasi Sederhana Cara untuk Sobat Sederhana

Cara Membuat Es Krim Rumahan Sederhana Tanpa Mixer