Cara Membuat Roket Sederhana Fisika

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat roket sederhana yang dapat diaplikasikan dengan prinsip-prinsip fisika sederhana. Kalian mungkin berpikir bahwa membuat roket adalah suatu hal yang sulit dan kompleks, namun sebenarnya tidak demikian. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kita dan prinsip-prinsip fisika sederhana, roket sederhana dapat dibuat dengan mudah. Berikut adalah 20 langkah untuk membuat roket sederhana dengan menggunakan prinsip-prinsip fisika:

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Langkah awal yang harus dilakukan dalam membuat roket sederhana adalah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Botol Plastik
Peniti
Air
Gunting
Vinegar atau Cuka
Kertas Koran atau Kertas Tisu
Baking Soda
Sendok
Kapur Barus
Mangkuk Kecil
Kertas Aluminium
Balok Kayu

Selain itu, pastikan juga kalian telah menyiapkan tempat yang aman dan terbuka untuk meluncurkan roket sederhana kalian.

2. Membuat Hantaran untuk Roket

Setelah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah membuat hantaran untuk roket. Hantaran adalah tempat peluncuran roket yang dapat membantu roket dalam meluncur ke udara dengan lebih mudah dan stabil. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan hantaran:

1. Siapkan Balok Kayu sebagai Hantaran

Gunakan balok kayu sebagai hantaran roket. Pastikan balok kayu yang digunakan cukup besar dan kokoh sehingga dapat menahan beban dari roket saat peluncuran. Letakkan balok kayu tersebut pada tanah yang datar dan stabil.

2. Tempelkan Kertas Aluminium pada Bagian Bawah Balok Kayu

Tempelkan kertas aluminium pada bagian bawah balok kayu untuk mencegah kayu terbakar saat roket diluncurkan. Pastikan kertas aluminium menutupi seluruh bagian bawah balok kayu.

TRENDING 🔥  Cara Memanggil Hantu Sederhana

3. Tempatkan Botol Plastik pada Hantaran

Tempatkan botol plastik pada balok kayu yang telah dipersiapkan sebagai hantaran. Pastikan botol plastik itu berdiri tegak dan stabil di atas hantaran.

3. Membuat Campuran Roket

Setelah membuat hantaran untuk roket, langkah selanjutnya adalah membuat campuran roket yang akan digunakan untuk meluncurkan roket ke udara. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan campuran roket:

1. Campurkan Baking Soda dan Vinegar

Campurkan 2 sendok makan baking soda dan 3 sendok makan vinegar atau cuka ke dalam botol plastik. Pastikan botol plastik telah diposisikan pada hantaran yang telah disiapkan sebelumnya.

2. Tambahkan Air dan Kapur Barus ke Campuran Roket

Tambahkan air dan kapur barus ke dalam campuran roket. Gunakan mangkuk kecil untuk menambahkan air dan kapur barus ke campuran roket secara merata. Pastikan campuran roket telah dicampur dengan sempurna dan merata.

3. Tutup Botol Plastik dengan Kertas Koran atau Tisu

Tutup botol plastik dengan kertas koran atau tisu untuk mencegah gas CO2 yang dihasilkan oleh campuran roket keluar dari botol dengan mudah. Pastikan kertas tisu atau koran menutupi seluruh bagian mulut botol plastik dan diikat dengan peniti untuk menjamin ketahanan dan keamanan.

4. Peluncuran Roket Sederhana

Setelah membuat campuran roket, kalian siap untuk meluncurkan roket sederhana kalian. Berikut adalah langkah-langkah melakukan peluncuran roket sederhana:

1. Letakkan Botol Plastik pada Hantaran

Letakkan botol plastik pada hantaran yang telah disiapkan. Pastikan botol plastik berada di tengah-tengah hantaran dan dalam posisi yang stabil.

2. Tekan Kertas Koran atau Tisu

Usapkan kertas koran atau tisu yang menutupi mulut botol secara merata dan tekan dengan kuat menggunakan jari. Pastikan kertas koran atau tisu telah menempel dengan erat pada mulut botol.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lampion Terbang Sederhana

3. Berikan Jarak Aman dari Hantaran

Beri jarak aman dari hantaran sejauh 5-10 meter. Pastikan tidak ada orang atau benda lain dalam jarak tersebut.

4. Tarik Tali Peluncur

Untuk meluncurkan roket, tarik tali peluncur yang terhubung dengan kertas koran atau tisu yang menutupi mulut botol. Tarikan yang kuat dan tajam diperlukan agar campuran roket keluar dari botol dengan cepat dan menghasilkan daya dorong yang cukup besar untuk meluncurkan roket ke udara.

5. Amati Peluncuran Roket

Amati peluncuran roket dari jarak aman yang telah ditentukan. Pantau ketinggian roket dan arahnya saat meluncur ke udara. Jika roket tidak meluncur ke udara atau meluncur dengan tidak stabil, periksa kembali semua bahan dan alat yang digunakan dan pastikan telah mengikuti semua langkah dengan benar.

FAQ

1. Apa yang membuat roket sederhana ini dapat terbang?

Roket ini dapat terbang karena adanya campuran kimia antara baking soda dan vinegar yang menghasilkan gas CO2. Gas tersebut menghasilkan tekanan yang cukup besar di dalam botol plastik sehingga dapat mendorong roket ke udara.

2. Bisakah bahan-bahan lain digunakan untuk membuat roket sederhana ini?

Ya, bahan-bahan lain dapat digunakan untuk membuat roket sederhana seperti mentos dan diet coke atau potongan kertas yang dibakar dalam botol plastik. Namun, pastikan selalu mengikuti petunjuk dan aturan keselamatan dalam membuat dan meluncurkan roket sederhana ini.

3. Kenapa perlu menggunakan kapur barus?

Kapur barus digunakan untuk mengurangi waktu reaksi antara baking soda dan vinegar sehingga campuran kimia tidak bereaksi terlalu cepat dan menimbulkan bahaya. Selain itu, kapur barus juga dapat membantu memberikan efek asap pada peluncuran roket.

TRENDING 🔥  Cara Ruqiyah Sederhana Diri Sendiri

4. Apa saja bahaya dalam membuat dan meluncurkan roket sederhana ini?

Bahaya yang dapat terjadi dalam membuat dan meluncurkan roket sederhana ini antara lain ledakan botol plastik karena tekanan gas yang terlalu besar, terkena bahan kimia yang berbahaya, dan kecelakaan saat meluncurkan roket seperti terkena pecahan botol atau jatuh. Pastikan selalu mengetahui dan mengikuti aturan keselamatan dalam membuat dan meluncurkan roket sederhana.

5. Bisakah roket sederhana ini dibuat dengan bahan dan alat yang lebih murah?

Tentu saja. Selain bahan dan alat yang telah disebutkan sebelumnya, kalian dapat membuat roket sederhana dengan menggunakan bahan dan alat yang lebih murah seperti botol plastik bekas atau kertas bekas sebagai hantaran dan garam sebagai bahan kimia untuk menghasilkan gas CO2.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Roket Sederhana Fisika