Cara Buat Form Login Sederhana PHP

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat form login sederhana dengan menggunakan PHP. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah lengkap dan detail untuk membuat form login yang dapat digunakan pada website kamu. Yuk, mari kita simak!

Persiapan sebelum membuat form login

Sebelum kita mulai membuat form login, pastikan kamu sudah memiliki program untuk membuat website seperti XAMPP atau WAMP. Selain itu, pastikan juga kamu telah menguasai penggunaan PHP dasar, HTML, dan CSS. Jika kamu sudah siap, maka kita bisa mulai membuat form login sederhana dengan PHP.

1. Pembuatan form login HTML

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat form login HTML. Berikut contohnya:

HTML Code
<form action=”login.php” method=”post”>
<label for=”username”>Username:</label>
<input type=”text” id=”username” name=”username”>
<br>
<label for=”password”>Password:</label>
<input type=”password” id=”password” name=”password”>
<br>
<input type=”submit” value=”Login”>
</form>

Penjelasan:
– Code <form action=”login.php” method=”post”> adalah kode untuk mengirim data yang diinputkan pada form login ke halaman login.php. Kamu bisa mengganti nama file login.php dengan nama file php yang kamu inginkan.
– Code <label for=”username”>Username:</label> digunakan untuk menampilkan teks “Username” pada form login sebelum inputan username.
– Code <input type=”text” id=”username” name=”username”> digunakan untuk membuat inputan username pada form login.
– Code <label for=”password”>Password:</label> digunakan untuk menampilkan teks “Password” pada form login sebelum inputan password.
– Code <input type=”password” id=”password” name=”password”> digunakan untuk membuat inputan password pada form login.
– Code <input type=”submit” value=”Login”> digunakan untuk membuat tombol submit pada form login yang berguna untuk mengirim data yang diinputkan pada form login ke halaman login.php.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Bentuk Sederhana Algoritma

2. Pembuatan halaman login.php

Setelah membuat form login HTML, selanjutnya kita akan membuat halaman login.php. Berikut contohnya:

PHP Code
<?php
$username = $_POST[‘username’];
$password = $_POST[‘password’];
if($username == ‘admin’ && $password == ‘admin123’) {
echo ‘Login berhasil!’;
} else {
echo ‘Login gagal!’;
}
?>

Penjelasan:
– Code $username = $_POST[‘username’]; berguna untuk menangkap nilai yang diinputkan pada inputan username pada form login.
– Code $password = $_POST[‘password’]; berguna untuk menangkap nilai yang diinputkan pada inputan password pada form login.
– Code if($username == ‘admin’ && $password == ‘admin123’) { dan } else { berguna untuk melakukan verifikasi username dan password yang diinputkan pada form login. Jika username dan password sesuai dengan yang telah ditentukan, maka akan menampilkan teks “Login berhasil!”. Jika tidak sesuai, maka akan menampilkan teks “Login gagal!”.

FAQ

1. Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat form login?

Sebelum membuat form login, pastikan kamu sudah memiliki program untuk membuat website seperti XAMPP atau WAMP. Selain itu, pastikan juga kamu telah menguasai penggunaan PHP dasar, HTML, dan CSS.

2. Bagaimana cara membuat form login?

Untuk membuat form login, kamu perlu membuat form login HTML terlebih dahulu. Setelah itu, kamu perlu membuat halaman login.php untuk melakukan verifikasi username dan password yang diinputkan pada form login. Setelah itu, kamu bisa menentukan aksi yang akan dilakukan jika login berhasil atau gagal.

3. Apa yang harus dilakukan jika login berhasil?

Jika login berhasil, kamu bisa menampilkan halaman atau konten yang hanya bisa diakses oleh user yang sudah login.

4. Apa yang harus dilakukan jika login gagal?

Jika login gagal, kamu bisa menampilkan pesan kesalahan atau memberikan tautan untuk mengulang proses login.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membesarkan Alat Kelamin Pria

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat form login sederhana dengan PHP. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa membuat form login untuk website kamu dengan lebih mudah. Jangan lupa untuk selalu memperbarui keamanan website kamu dan berhati-hati dalam mengelola data user. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Form Login Sederhana PHP