Cara Membuat Rendang Sapi Sederhana Untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka makanan pedas yang gurih dan rendah? Apalagi jika makanan tersebut adalah rendang sapi, makanan khas Indonesia yang memang sudah tersohor di kalangan masyarakat dunia. Namun, membuat rendang sapi terkadang menjadi tugas yang sulit bagi banyak orang. Banyak yang merasa bahwa proses membuat rendang sapi yang enak dan lezat itu rumit dan memerlukan waktu yang lama.

Namun, jangan khawatir, Sobat Sederhana! Di artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara membuat rendang sapi sederhana yang mudah diikuti oleh siapa saja. Berikut adalah cara membuat rendang sapi sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba di rumah.

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
500 gram
Kelapa parut
1 buah
Bawang merah
10 siung
Bawang putih
5 siung
Cabe merah
10 buah
Cabe rawit
15 buah
Ketumbar
1 sdt
Merica
1 sdt
Buah asam
2 buah
Santan kental
500 ml
Air
500 ml
Daun salam
2 lembar
Serai
2 batang
Jahe
3 cm
Garam
secukupnya
Gula merah
secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Rendang Sapi Sederhana

1. Persiapan Bumbu

Langkah pertama yang harus Sobat Sederhana lakukan adalah menyiapkan bumbu rendang sapi. Pertama, kupaslah bawang merah dan bawang putih. Kemudian, iris bawang merah dan bawang putih menjadi bagian yang lebih kecil. Selanjutnya, cuci cabe merah dan cabe rawit dan iris sesuai dengan selera Sobat Sederhana.

Tumbuklah bumbu-bumbu tersebut menggunakan ulekan atau blender hingga halus. Setelah itu, tambahkan ketumbar, merica, dan buah asam. Aduk rata dan sisihkan.

2. Mempersiapkan Daging Sapi

Setelah bumbu sudah siap, langkah berikutnya adalah menyiapkan daging sapi. Potong daging sapi menjadi ukuran yang sesuai dengan selera Sobat Sederhana. Bersihkan daging sapi dengan air mengalir dan keringkan menggunakan tisu dapur.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Pendingin Sederhana

3. Menggoreng Kelapa Parut

Goreng kelapa parut hingga kecokelatan dan harum. Setelah itu, angkat dan tiriskan kelapa parut di atas kertas minyak atau tisu dapur. Pada saat menggoreng, pastikan pemanggangan dilakukan dengan api sedang agar kelapa tidak gosong.

4. Membuat Rendang Sapi Sederhana

Panaskan minyak di dalam wajan dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Setelah itu, masukkan daging sapi dan aduk-aduk hingga daging sapi berubah warna menjadi kecoklatan. Tambahkan santan dan air perlahan-lahan sambil terus diaduk.

Tambahkan kelapa yang sudah digoreng, daun salam, serai, jahe, gula merah, dan garam ke dalam wajan. Aduk hingga bumbu tercampur rata dan rasanya merata. Setelah itu, masak rendang sapi dengan api kecil sambil terus diaduk dalam jangka waktu yang cukup lama hingga kuah rendang sapi menyusut dan berwarna coklat kehitaman.

5. Penyajian

Sajikan rendang sapi dengan nasi putih hangat dan acar timun. Rendang sapi siap disantap oleh Sobat Sederhana dan keluarga tercinta.

FAQ

1. Berapa lama memasak rendang sapi?

Waktu untuk memasak rendang sapi cukup lama, yaitu sekitar 4-5 jam. Namun, jika ingin hasil yang sempurna dan lezat, memasak rendang sapi harus sabar dan tidak terburu-buru.

2. Bisakah menggunakan daging sapi yang sudah dipotong-potong?

Bisa saja menggunakan daging sapi yang sudah dipotong-potong, namun hasil akhir rendang sapi tidak akan seempuk dan sedikit kurang enak karena dagingnya tidak terlalu bergabung dengan bumbu.

3. Bolehkah mengganti kelapa parut dengan santan kental?

Boleh saja mengganti kelapa parut dengan santan kental, namun rasanya tidak seautentik menggunakan kelapa parut.

4. Apa yang harus dilakukan jika rendang sapi terlalu kering?

Jika rendang sapi terlalu kering, tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk hingga kuah kembali cair. Namun, jangan sampai terlalu banyak air yang ditambahkan karena akan mengurangi kelezatan rendang sapi.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan Sederhana

5. Adakah cara untuk mempercepat proses memasak rendang sapi?

Cara untuk mempercepat memasak rendang sapi adalah dengan menggunakan panci presto atau slow cooker, namun hasil akhirnya tidak akan seauthentik jika memasak rendang sapi secara tradisional.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Rendang Sapi Sederhana Untuk Sobat Sederhana