Cara Buat Pancake Sederhana Enak untuk Sobat Sederhana

Salam sejahtera untuk Sobat Sederhana yang sedang mencari resep pancake sederhana namun enak. Mungkin sebagian dari Sobat Sederhana sudah pernah mencoba membuat pancake namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Jangan khawatir, pada artikel kali ini kami akan memberikan resep pancake yang sederhana namun pasti enak. Yuk simak ulasan berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan pancake, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan di bawah ini:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
150 gram
Gula pasir
2 sendok makan
Baking powder
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Telur ayam
1 butir
Susu cair
200 ml
Margarin
1 sendok makan

Pastikan semua bahan-bahan yang digunakan sudah dalam keadaan suhu ruang atau sesuai dengan petunjuk di kemasan. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat pancake sederhana enak.

Langkah Membuat Pancake Sederhana Enak

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat pancake sederhana namun enak yang bisa Sobat Sederhana ikuti dengan mudah:

Langkah 1: Campurkan Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam ke dalam sebuah wadah. Aduk rata menggunakan saringan atau whisk agar tidak ada gumpalan. Sisihkan.

Langkah 2: Campurkan Bahan Basah

Selanjutnya, kocok telur ayam dengan menggunakan whisk atau mixer hingga berbusa. Setelah itu, masukkan susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan. Tambahkan margarin yang telah dicairkan ke dalam campuran telur dan susu, aduk rata.

Langkah 3: Campurkan Bahan Kering dan Basah

Setelah itu, tuangkan campuran bahan basah ke dalam wadah dengan campuran bahan kering. Aduk perlahan hingga tercampur rata, pastikan tidak ada gumpalan. Jangan terlalu sering diaduk, cukup hingga adonan tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Review Jurnal dengan Sederhana

Langkah 4: Panaskan Wajan

Panaskan wajan dengan menggunakan api kecil hingga wajan terasa hangat. Setelah itu, olesi dengan sedikit margarin atau minyak goreng supaya adonan tidak lengket.

Langkah 5: Masak Adonan

Tuang adonan pancake ke dalam wajan dengan menggunakan sendok sayur atau sendok ukur hingga membentuk lingkaran yang rata. Masak pancake hingga muncul gelembung di permukaannya dan bagian bawah berwarna kecoklatan. Balikkan pancake dengan menggunakan spatula, kemudian masak bagian lain hingga berwarna kecoklatan juga.

Langkah 6: Sajikan dan Hias Pancake

Angkat pancake dari wajan dan letakkan di atas piring saji. Lakukan langkah 5 dan 6 hingga adonan pancake habis. Sajikan pancake dengan taburan gula halus atau sirup maple dan potongan buah-buahan segar sesuai selera. Selamat menikmati!

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Apakah pancake harus menggunakan margarin atau minyak goreng?

Anda bisa menggunakan margarin atau minyak goreng untuk mengolesi wajan. Namun, di antara keduanya, margarin lebih disarankan karena memberikan rasa lezat pada pancake.

2. Bisakah menggunakan susu bubuk instan?

Tidak disarankan karena susu cair lebih baik digunakan untuk menghasilkan adonan pancake yang empuk dan lezat.

3. Berapa lama pancake bisa disimpan?

Pancake yang telah matang dapat disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari dengan cara dibungkus rapat menggunakan plastik cling wrap. Jangan lupa untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan.

4. Apa yang harus dilakukan jika adonan pancake terlalu kental?

Jangan khawatir, Sobat Sederhana bisa menambahkan susu cair sedikit-sedikit hingga adonan terlihat lebih encer. Pastikan tidak terlalu banyak menambahkan susu agar adonan tidak menjadi terlalu cair.

5. Apa yang harus dilakukan jika pancake tidak mekar dan menghasilkan tekstur yang kering?

Hal ini bisa terjadi karena adonan yang terlalu kental atau wajan yang tidak cukup panas. Pastikan adonan tercampur rata dan wajan telah cukup panas sebelum memasak pancake.

TRENDING 🔥  Rumus Cara Membuat Form Sederhana

Kesimpulan

Demikianlah resep pancake sederhana enak yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, pancake yang enak pasti bisa dihasilkan. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Buat Pancake Sederhana Enak untuk Sobat Sederhana