Cara Membuat Receiver Parabola Sederhana

Cara Membuat Receiver Parabola Sederhana – Journal Article

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat receiver parabola sederhana. Sebelum memulai, pastikan kita memiliki semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan agar proses pembuatan berjalan dengan lancar. Mari kita mulai!

1. Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan kita memiliki semua bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar bahan dan peralatan yang disarankan:

Bahan
Peralatan
PCB Board
Soldering Iron
IC TDA 9381PS
Multimeter
Resistor 10 KOhm
Wire Cutter
Capasitor 4.7 uF
Electric Screwdriver
LED
Wire Stripper
Transistor BC 547
Screwdriver Set

2. Membuat Rangkaian

Selanjutnya, kita akan membuat rangkaian receiver parabola sederhana menggunakan bahan dan peralatan yang sudah disiapkan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

Step 1: Menyalakan Soldering Iron

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menyalakan soldering iron. Soldering iron digunakan untuk menghubungkan komponen-komponen elektronika pada PCB board.

Step 2: Menempatkan Komponen

Kedua, tempatkan komponen-komponen seperti IC TDA 9381PS, resistor 10 KOhm, capasitor 4.7 uF, LED, dan transistor BC 547 sesuai dengan skema rangkaian yang sudah disiapkan. Pastikan semua komponen terhubung dengan baik dan rapi.

Step 3: Perakitan PCB Board

Setelah semua komponen terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah merakit PCB board. Gunakan soldering iron untuk menghubungkan semua kaki komponen pada PCB board. Pastikan hasil akhirnya rapi dan tidak ada kaki komponen yang terlepas.

Step 4: Pemasangan Receiver Parabola

Terakhir, pasang PCB board pada receiver parabola. Gunakan electric screwdriver dan screwdriver set untuk memasang PCB board pada posisinya yang tepat. Setelah selesai, kita bisa mencoba menggunakan receiver parabola sederhana yang sudah kita buat dengan menghubungkannya ke TV.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Hologram Sederhana

3. FAQ

1. Apa keuntungan membuat receiver parabola sederhana?

Membuat receiver parabola sederhana bisa menjadi alternatif pilihan bagi yang menginginkan TV kabel dengan biaya lebih murah. Selain itu, kita bisa belajar tentang bagaimana cara membuat rangkaian elektronika yang sederhana namun berguna.

2. Apakah perlu memiliki pengetahuan khusus untuk membuat receiver parabola sederhana?

Tidak perlu memiliki pengetahuan khusus untuk membuat receiver parabola sederhana. Namun, kita perlu memahami dasar-dasar rangkaian elektronika dan cara melakukan soldering pada PCB board.

3. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat receiver parabola sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat receiver parabola sederhana tergantung pada harga bahan dan peralatan yang dibutuhkan. Secara umum, biaya yang diperlukan kurang lebih sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

4. Kesimpulan

Itulah cara membuat receiver parabola sederhana. Dengan sedikit usaha dan bahan, kita bisa membuat TV kabel sendiri dengan biaya lebih murah. Selain itu, membuat rangkaian elektronika sederhana bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Receiver Parabola Sederhana