Cara Membuat Ragi Tape Jerami Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan tape jerami? Rasa manis dan khas tape jerami selalu menjadi favorit bagi banyak orang. Salah satu bahan yang sangat penting dalam membuat tape jerami adalah ragi. Ragi menjadi faktor penting dalam menjadikan tape jerami menjadi lezat dan empuk. Di artikel ini, kami akan membahas cara membuat ragi tape jerami sederhana agar Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Penasaran? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Ragi Tape Jerami?

Ragi tape jerami adalah bahan yang digunakan untuk membuat tape jerami. Ragi biasanya digunakan untuk membuat tape ketan, namun ragi tape jerami memiliki sifat yang berbeda dengan ragi tape ketan. Ragi tape jerami cenderung lebih pekat dan terlihat sedikit keras. Namun, ketika sudah dicampurkan dengan ketan, maka akan terasa lembut dan empuk.

Ragi tape jerami bisa dibeli di toko bahan makanan atau pasar tradisional. Namun, jika Anda kesulitan mencarinya, kami akan memberikan cara membuat ragi tape jerami sederhana yang bisa Anda ikuti di rumah.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Alat
Bahan
Wadah
Tepung ketan
Sendok
Ragi tape jerami
Cangkir ukur
Air hangat
Blender
Gula pasir

Cara Membuat Ragi Tape Jerami Sederhana

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Pastikan semua bahan tersedia dan dalam keadaan segar.

2. Blender Ragi Tape Jerami

Panaskan wajan dengan api kecil. Tumis ragi tape jerami dengan api kecil hingga agak kering. Angkat dan dinginkan. Setelah dingin, blender ragi tape jerami hingga halus.

3. Campurkan Ragi Tape Jerami dengan Tepung Ketan

Campurkan tepung ketan dengan ragi tape jerami yang telah di blender. Aduk rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pizza Teflon Sederhana untuk Sobat Sederhana

4. Tambahkan Gula Pasir

Tambahkan gula pasir pada campuran tepung ketan dan ragi tape jerami. Aduk rata.

5. Tambahkan Air Hangat

Tambahkan air hangat pada campuran tepung ketan, ragi tape jerami dan gula pasir. Aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal.

6. Fermentasi

Setelah adonan tercampur rata, biarkan adonan tersebut dalam suhu ruangan selama kurang lebih 24 jam agar terjadi proses fermentasi. Tunggu hingga adonan mengeluarkan aroma yang khas.

7. Saring

Setelah proses fermentasi selesai, saring adonan dengan menggunakan kain kasa atau saringan halus untuk menghilangkan ampas yang terdapat di dalamnya.

8. Penyimpanan

Ragi tape jerami yang telah jadi bisa disimpan dalam kulkas atau tempat yang tertutup rapat untuk menjaga kelembabannya dan bisa bertahan selama kurang lebih 1 bulan.

FAQ

Apa yang Membuat Ragi Tape Jerami Berbeda dengan Ragi Tape Ketan?

Ragi tape jerami cenderung lebih pekat dan terlihat sedikit keras. Namun, ketika sudah dicampurkan dengan ketan, maka akan terasa lembut dan empuk.

Bagaimana Cara Membuat Ragi Tape Jerami Sederhana?

Cara membuat ragi tape jerami sederhana mudah sekali. Langkah-langkahnya adalah blender ragi tape jerami, campurkan dengan tepung ketan, tambahkan gula pasir, air hangat, fermentasi selama kurang lebih 24 jam, saring, dan simpan di tempat yang tertutup rapat.

Dapatkah Ragi Tape Jerami Disimpan dalam Waktu yang Lama?

Ya, ragi tape jerami yang telah jadi bisa disimpan dalam kulkas atau tempat yang tertutup rapat untuk menjaga kelembabannya dan bisa bertahan selama kurang lebih 1 bulan.

Dimana Saya Bisa Membeli Ragi Tape Jerami?

Ragi tape jerami bisa dibeli di toko bahan makanan atau pasar tradisional.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kepang Rambut Sederhana

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat ragi tape jerami sederhana. Selamat mencoba di rumah ya, Sobat Sederhana! Anda akan merasakan kenyamanan dan kebahagiaan ketika mencoba memasak sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik kami selanjutnya.

Cara Membuat Ragi Tape Jerami Sederhana