Cara Membuat Pupuk Organik Padat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat pupuk organik padat sederhana. Pupuk organik padat merupakan pupuk yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti sisa tanaman, pupuk kandang, kotoran ternak, dan sebagainya. Pupuk organik padat sangat cocok untuk digunakan pada lahan pertanian, perkebunan, dan kebun rumah. Yuk, kita simak cara membuat pupuk organik padat sederhana berikut ini!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita memulai pembuatan pupuk organik padat, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
Ember
Sisa tanaman seperti daun, ranting, dan kulit kayu
Sendok
Pupuk kandang atau kotoran ternak
Timbangan
Arang kayu atau sekam padi
Plastik atau kantong
Air bersih

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, kita dapat mulai pembuatan pupuk organik padat.

Langkah-Langkah Membuat Pupuk Organik Padat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat pupuk organik padat sederhana:

Langkah 1: Mencampurkan Sisa Tanaman dan Pupuk Kandang

Pertama-tama, ambil ember dan campurkan sisa tanaman seperti daun, ranting, dan kulit kayu. Kemudian, tambahkan pupuk kandang atau kotoran ternak ke dalam ember tersebut. Aduk rata menggunakan sendok.

Langkah 2: Menambahkan Arang Kayu atau Sekam Padi

Setelah itu, timbang arang kayu atau sekam padi sebanyak 10% dari berat campuran sisa tanaman dan pupuk kandang tadi. Tambahkan arang kayu atau sekam padi ke dalam ember dan aduk rata.

Langkah 3: Memberi Air Bersih

Selanjutnya, tambahkan air bersih ke dalam ember sebanyak 25% dari total berat campuran tadi. Aduk rata dan biarkan selama 2-3 hari. Pada hari ke-3, aduk campuran tersebut kembali.

TRENDING 🔥  Cara Buat Roti Bolu Sederhana - Sobat Sederhana

Langkah 4: Membuat Pupuk Menjadi Padat

Setelah campuran sudah disimpan selama 2-3 hari, angkat campuran tersebut dan letakkan di atas plastik atau kantong. Biarkan campuran tersebut kering di bawah sinar matahari selama 5-7 hari. Aduk campuran tersebut setiap hari agar keringan terjadi merata. Setelah campuran kering, pupuk organik padat sudah siap digunakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan pupuk organik?

Pupuk organik adalah pupuk yang terbuat dari bahan-bahan organik seperti sisa tanaman, pupuk kandang, kotoran ternak, dan sebagainya. Pupuk organik sangat cocok untuk digunakan pada lahan pertanian, perkebunan, dan kebun rumah.

2. Apa perbedaan antara pupuk organik dan pupuk kimia?

Pupuk organik terbuat dari bahan-bahan organik yang alami, sedangkan pupuk kimia terbuat dari bahan-bahan kimia yang dihasilkan secara sintetis. Pupuk organik lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan pupuk kimia.

3. Bagaimana cara menggunakan pupuk organik padat?

Pupuk organik padat dapat digunakan dengan cara dicampurkan ke dalam tanah atau disebarkan di atas permukaan tanah. Pupuk organik padat dapat digunakan pada lahan pertanian, perkebunan, dan kebun rumah.

Kesimpulan

Itulah cara membuat pupuk organik padat sederhana yang dapat kamu buat sendiri di rumah. Dengan menggunakan pupuk organik padat, kamu dapat meningkatkan produktivitas tanaman dengan cara yang alami dan ramah lingkungan. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pupuk Organik Padat Sederhana