Cara Membuat Pupuk Bokashi Sederhana

Hai Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat pupuk bokashi sederhana. Pupuk bokashi adalah pupuk organik yang dihasilkan dari proses fermentasi bahan-bahan organik. Pupuk bokashi berkualitas tinggi dan dapat meningkatkan kesuburan tanah. Nah, untuk membuat pupuk bokashi tidaklah sulit, berikut adalah langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelumnya, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Sisa makanan organik
10 kg
Em4
100 ml
Tepung kanji
200 gr
Gula aren
500 gr
Garam
100 gr

Setelah itu, Sobat Sederhana dapat memulai proses pembuatan pupuk bokashi.

Langkah-Langkah Membuat Pupuk Bokashi Sederhana

1. Persiapan Tempat dan Wadah

Sobat Sederhana harus menyiapkan tempat untuk membuat pupuk bokashi. Tempat yang ideal adalah di luar rumah atau di tempat yang terbuka agar proses fermentasi berjalan dengan baik. Selain itu, wadah yang digunakan harus bersih dan tertutup rapat agar tidak ada udara yang masuk.

2. Persiapan Bahan-bahan

Selanjutnya, Sobat Sederhana dapat mempersiapkan bahan-bahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Potong sisa makanan organik menjadi ukuran kecil agar mudah diolah. Kemudian, campurkan tepung kanji, gula aren, dan garam ke dalam sisa makanan organik.

3. Penambahan Em4

Teteskan 100 ml Em4 ke dalam campuran sisa makanan organik dan aduk rata. Em4 berfungsi untuk mempercepat proses fermentasi.

4. Pengisian Wadah

Setelah semua bahan tercampur rata, masukkan campuran sisa makanan organik ke dalam wadah yang sudah disiapkan. Tekan-tekan campuran tersebut agar rapat dan rata.

5. Penutupan dan Penyimpanan

Tutup wadah rapat dengan plastik atau tutup yang cocok. Simpan wadah di tempat yang terlindung dari sinar matahari dan hujan. Biarkan campuran tersebut mengalami proses fermentasi selama 2-3 minggu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pentol Mercon Sederhana

FAQ

1. Apakah pupuk bokashi cocok untuk semua jenis tanaman?

Ya, pupuk bokashi cocok untuk semua jenis tanaman karena terbuat dari bahan-bahan organik.

2. Bagaimana cara menggunakan pupuk bokashi?

Pupuk bokashi dapat digunakan dengan cara dicampur dengan tanah atau media tanam. Campurkan pupuk bokashi dengan tanah atau media tanam sebelum ditanami.

3. Berapa lama proses fermentasi pupuk bokashi?

Proses fermentasi pupuk bokashi membutuhkan waktu 2-3 minggu.

4. Apa saja manfaat pupuk bokashi?

Manfaat pupuk bokashi antara lain meningkatkan kesuburan tanah, meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman, serta membantu menjaga kelestarian lingkungan.

5. Apa bedanya antara pupuk bokashi dengan pupuk organik lainnya?

Pupuk bokashi memiliki kadar nutrisi yang lebih tinggi dan proses pembuatannya lebih mudah dibandingkan dengan pupuk organik lainnya.

Kesimpulan

Jadi, itulah cara membuat pupuk bokashi sederhana. Dengan membuat pupuk bokashi sendiri, Sobat Sederhana dapat menghemat biaya dan membantu menjaga kelestarian lingkungan. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pupuk Bokashi Sederhana