Cara Membuat Pompa Air Sederhana dari Barang Bekas

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu sedang mencari cara untuk membuat pompa air sederhana dari barang bekas? Jika iya, kamu datang ke artikel yang tepat. Pompa air sederhana adalah alat yang sangat berguna untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain. Dalam artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah sederhana untuk membuat pompa air dari barang bekas yang dapat kamu temukan di rumah.

1. Persiapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat pompa air sederhana, ada beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang akan kamu gunakan:

Bahan
Alat
Botol plastik bekas
Pisau
Tabung PVC bekas
Lem PVC
Selang fleksibel
Gunting
Karet gelang
Obeng
Alat penyolderan
Grinder

Pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan sebelum memulai membuat pompa air sederhana.

2. Potong Bagian Atas Botol Plastik

Langkah pertama adalah memotong bagian atas botol plastik untuk membuat rongga di dalamnya. Caranya, gunakan pisau untuk memotong bagian atas botol plastik di atas garis tanda lingkaran. Setelah berhasil dipotong, ambillah bagian atas botol plastik tersebut dan letakkan di samping.

3. Buat Lubang di Tengah Tutup Botol Plastik

Setelah botol plastik dipotong, ambillah tutup botol plastik dan buatlah lubang di tengahnya menggunakan obeng. Lubang yang dibuat harus cukup besar untuk memasukkan selang.

4. Potong Tabung PVC Menjadi Dua Bagian

Langkah selanjutnya adalah memotong tabung PVC menjadi dua bagian. Gunakan grinder untuk memotong tabung PVC sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

5. Sambungkan Selang ke Lubang Tutup Botol

Selanjutnya, sambungkan selang fleksibel ke lubang yang telah dibuat di tutup botol plastik. Pastikan selang fleksibel tersebut pas ke dalam lubang dan tidak mudah longgar.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghitung Pemakaian Material Rabat Beton

6. Pasang Tabung PVC ke Botol Plastik

Setelah selang terpasang, ambil tabung PVC yang telah dipotong dan pasang ke bagian atas botol plastik yang telah dipotong tadi. Gunakan lem PVC untuk merekatkan tabung PVC ke botol plastik.

7. Buat Saluran Keluar di Tabung PVC

Buatlah saluran keluar di bagian bawah tabung PVC menggunakan grinder. Saluran keluar ini akan berfungsi sebagai tempat keluarnya air dari pompa air sederhana yang akan kamu buat.

8. Pasang Fleksibel Selang ke Bagian Bawah Tabung PVC

Sambungkan selang fleksibel yang telah dipasang di bagian atas botol plastik ke bagian bawah tabung PVC. Pastikan selang fleksibel tersebut terpasang dengan kuat dan tidak mudah longgar.

9. Pasang Karet Gelang di Ujung Selang Fleksibel

Agar selang fleksibel tidak mudah lepas dari tabung PVC, pasanglah karet gelang di ujung selang fleksibel. Karet gelang ini akan berfungsi sebagai pengunci agar selang fleksibel tidak mudah lepas.

10. Solder Bagian Bawah Tabung PVC

Setelah selang dan tabung terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah menyolder bagian bawah tabung PVC agar tidak mudah bocor. Solderlah bagian bawah tabung PVC secara menyeluruh sampai semua bagian tersebut tertutup rapat.

11. Pasang Katup di Saluran Keluar

Pasanglah katup di saluran keluar yang kamu buat di bagian bawah tabung PVC. Katup ini akan berfungsi sebagai pengontrol keluar masuknya air dari pompa air sederhana.

12. Tes Pompa Air Sederhana yang Telah Dibuat

Setelah semua bagian terpasang dengan baik, tes pompa air sederhana yang telah kamu buat. Tancapkan selang pompa ke sumber air dan tekan bagian botol plastik yang telah dipotong tadi. Jika air keluar dari katup, artinya pompa yang kamu buat berhasil.

TRENDING 🔥  cara membuat polling sederhana

13. Tips dan Trik Membuat Pompa Air Sederhana dari Barang Bekas

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantumu dalam membuat pompa air sederhana dari barang bekas:

  • Gunakan karet gelang atau perekat untuk merekatkan bagian-bagian yang terpisah agar tidak ada sambungan yang mudah lepas
  • Periksa bagian-bagian yang telah terpasang untuk memastikan tidak ada yang longgar atau bocor
  • Pilih bahan dan alat yang memiliki kualitas baik untuk membuat pompa air sederhana yang awet dan tahan lama

14. FAQ

1. Apa itu pompa air sederhana?

Pompa air sederhana adalah alat yang digunakan untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain dengan cara manual atau menggunakan listrik.

2. Apa bahan yang dibutuhkan untuk membuat pompa air sederhana dari barang bekas?

Bahan yang dibutuhkan antara lain botol plastik bekas, tabung PVC bekas, selang fleksibel, karet gelang, dan alat penyolderan.

3. Apa manfaat membuat pompa air sederhana dari barang bekas?

Dengan membuat pompa air sederhana dari barang bekas, kamu dapat menghemat biaya dan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai di rumah. Selain itu, pompa air sederhana juga berguna untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain.

15. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah untuk membuat pompa air sederhana dari barang bekas. Dengan menggunakan barang-barang yang tidak terpakai di rumah, kamu dapat membuat pompa air sederhana yang berguna untuk memindahkan air dari satu tempat ke tempat lain. Terapkan langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas dan jangan lupa untuk melakukan pengecekan agar pompa air sederhana yang kamu buat berfungsi dengan baik.

16. Referensi

Berikut adalah referensi yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan tentang cara membuat pompa air sederhana:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Visir Sederhana

17. Saran

Jika kamu memiliki saran atau kritik terkait artikel kami tentang cara membuat pompa air sederhana, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui kolom komentar di bawah. Kami akan sangat menghargai setiap masukan dari kamu.

18. Terima Kasih

Terima kasih telah membaca artikel kami tentang cara membuat pompa air sederhana dari barang bekas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat pompa air sederhana di rumah.

19. Tentang Penulis

Penulis adalah seorang ahli teknologi yang memiliki pengalaman dalam membuat berbagai macam barang elektronik dan mekanik. Penulis senang berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk membantu orang lain.

20. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Kami berharap artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat pompa air sederhana dari barang bekas. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang membutuhkan. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pompa Air Sederhana dari Barang Bekas