Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan pisang goreng? Siapa yang tidak suka dengan rasa yang gurih dan renyah? Pisang goreng memang salah satu camilan favorit banyak orang. Ada banyak cara untuk membuat pisang goreng, namun pada artikel kali ini kami akan membagikan cara membuat pisang goreng crispy sederhana yang pasti dapat kamu coba di rumah. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Pisang tanduk
5 buah
Tepung terigu
100 gram
Tepung beras
50 gram
Maizena
50 gram
Gula pasir
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Soda kue
1/4 sendok teh
Air
150 ml
Tepung roti
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Langkah 1: Memotong Pisang

Pertama, potong pisang tanduk menjadi beberapa bagian. Lebih baik potong melintang agar pisang tidak terlalu besar. Setelah dipotong, sisihkan terlebih dahulu.

Langkah 2: Membuat Adonan

Selanjutnya, siapkan wadah dan campurkan tepung terigu, tepung beras, maizena, gula pasir, garam, dan soda kue. Aduk rata sampai tercampur sempurna. Setelah adonan tercampur rata, tuangkan sedikit-sedikit air sambil terus diaduk hingga adonan berbentuk seperti krim kental. Pastikan tidak terlalu kental atau terlalu encer.

Panaskan minyak goreng di wajan. Pastikan minyak cukup banyak dan dalam keadaan panas. Jangan terlalu panas ya Sobat Sederhana, agar pisang tidak gosong saat digoreng.

Langkah 3: Mencelup Pisang ke Adonan

Selanjutnya, celupkan satu per satu potongan pisang ke dalam adonan. Pastikan pisang terbalut adonan secara merata. Kemudian, tiriskan kelebihan adonan dan taburi dengan tepung roti secukupnya. Tepung roti akan membuat tekstur pisang goreng crispy dan renyah.

TRENDING 🔥  Cara Mengerjakan Soal Matematika Bentuk Sederhana

Langkah 4: Menggoreng Pisang

Setelah semua potongan pisang terbalut adonan, goreng pisang dalam minyak yang sudah dipanaskan. Goreng hingga pisang berubah warna menjadi keemasan dan terlihat krispi. Gunakan api sedang agar pisang matang merata dan tidak gosong.

Saat menggoreng, pastikan pisang tidak menempel satu sama lain. Goreng sedikit-sedikit agar lebih mudah untuk diatur agar tidak terlalu rapat saat digoreng.

Langkah 5: Tiriskan dan Sajikan

Setelah selesai digoreng, tiriskan pisang goreng pada wadah yang dilapisi tisu dapur untuk menyerap minyak berlebih. Setelah dingin sejenak, pisang goreng crispy sederhana siap untuk disajikan. Kamu bisa tambahkan gula bubuk atau madu untuk menambah rasa manis pada pisang gorengmu.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Ditanyakan)

1. Dapatkah saya menggunakan jenis pisang lain?

Tentu saja! Pisang tanduk adalah pilihan yang paling umum digunakan, tetapi kamu juga bisa menggunakan pisang kepok atau pisang ambon.

2. Apa bedanya antara menggunakan tepung beras dan tepung terigu saja?

Tepung beras memberikan tekstur yang lebih krispi pada pisang goreng. Kamu juga bisa mencampurkan tepung beras dan tepung terigu untuk mendapatkan hasil yang lebih renyah.

3. Apakah gula pasir dan garam wajib digunakan?

Ya, gula pasir dan garam berguna untuk menambah rasa pada adonan tepung. Namun, jika kamu tidak ingin menggunakan gula pasir, kamu bisa menggantinya dengan gula kelapa atau brown sugar.

4. Apa yang harus saya lakukan jika adonan terlalu kental atau terlalu encer?

Jika adonan terlalu kental, tambahkan sedikit air hingga adonan mencapai konsistensi yang diinginkan. Sebaliknya, jika terlalu encer, tambahkan sedikit tepung terigu atau tepung beras.

5. Berapa lama saya harus menggoreng pisang?

Waktu menggoreng pisang bisa berbeda tergantung dari ukuran dan jenis pisang yang digunakan. Secara umum, waktu menggoreng sekitar 2-4 menit sudah cukup untuk membuat pisang goreng kecoklatan dan crispy. Jangan terlalu lama menggoreng agar pisang tidak terlalu kering atau bahkan gosong.

TRENDING 🔥  Cara Buat Ayam Semur Sederhana

Kesimpulan

Itulah cara membuat pisang goreng crispy sederhana yang dapat kamu coba di rumah. Dengan adonan yang tepat dan cara menggoreng yang tepat, kamu bisa membuat pisang goreng yang crispy dan renyah. Selamat mencoba Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Sederhana