Cara Membuat Perkedel Jagung yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Mungkin kamu suka mengonsumsi jagung yang dibakar, direbus, atau diolah menjadi berbagai jenis makanan, termasuk perkedel jagung. Nah, kali ini kita akan bahas bagaimana cara membuat perkedel jagung yang sederhana namun tetap enak dan lezat untuk dihidangkan di meja makan. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat perkedel jagung yang sederhana, kamu hanya membutuhkan beberapa bahan yang mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat, di antaranya:

No.
Nama Bahan
Jumlah
1
Jagung Manis
3 bh
2
Tepung Terigu
3 sdm
3
Bawang Merah
2 bh
4
Bawang Putih
1 siung
5
Garam
1 sdt
6
Merica Bubuk
1/4 sdt
7
Telur Ayam
1 bh
8
Minyak Goreng

Jagung Manis

Pilih jagung yang masih segar dan manis untuk menghasilkan perkedel jagung yang lezat. Cuci bersih jagung, kemudian ambil bijinya dengan menggunakan pisau. Setelah itu, parut jagung hingga halus dan masukkan ke dalam wadah.

Jangan lupa untuk menambahkan sedikit garam pada jagung yang sudah diparut, aduk hingga tercampur rata. Diamkan sebentar agar garam meresap pada jagung.

Tepung Terigu

Tepung terigu berfungsi untuk mengikat bahan-bahan menjadi satu sehingga dapat dijadikan adonan yang mudah dibentuk. Tambahkan tepung terigu pada jagung yang sudah dicampur garam, aduk hingga rata.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Iris tipis bawang merah dan bawang putih, kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum dan matang. Setelah itu, campurkan bawang merah dan bawang putih yang sudah ditumis ke dalam adonan jagung dan tepung terigu, aduk hingga tercampur rata.

Telur Ayam

Kocok telur ayam hingga tercampur rata, tuang ke dalam adonan jagung dan tepung terigu yang sudah dicampur dengan bawang merah dan bawang putih. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan meresap pada adonan.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Pembayaran Termin Pekerjaan Konstruksi Sederhana

Penggorengan

Siapkan wajan dengan sedikit minyak goreng, panaskan hingga terasa cukup panas. Ambil satu sendok sayur adonan perkedel jagung, bentuk bulat pipih atau sesuai selera, lalu masukkan ke dalam wajan yang sudah dipanaskan. Goreng hingga kedua sisinya matang dan warnanya berubah menjadi cokelat kekuningan. Angkat perkedel jagung dan tiriskan minyaknya dengan menggunakan saringan atau tisu dapur.

Tips Memasak Perkedel Jagung

Untuk menghasilkan perkedel jagung yang empuk dan lezat, kamu bisa mengikuti beberapa tips memasak perkedel jagung sederhana berikut ini:

Gunakan Jagung yang Segar dan Manis

Jangan memilih jagung yang sudah layu atau kurang segar. Pilih jagung yang masih segar dengan kulit yang masih melekat erat pada bijinya. Gunakan jagung manis yang cukup matang supaya rasanya lebih enak dan lezat.

Parut Jagung Hingga Halus

Pastikan jagung yang sudah diparut halus dan tidak kasar. Hal ini akan memudahkan adonan jagung untuk dicampur dengan bahan-bahan lainnya dan membentuk perkedel jagung yang rapi dan enak.

Gunakan Tepung Terigu yang Sesuai

Untuk mengikat adonan, kamu bisa menggunakan tepung terigu yang biasa digunakan untuk membuat kue atau tepung terigu protein sedang. Hindari menggunakan tepung terigu protein tinggi karena dapat membuat perkedel jagung terlalu keras atau sulit dibentuk.

Gunakan Api Sedang dan Minyak Yang Cukup

Untuk menggoreng perkedel jagung, gunakan api sedang agar matang merata dan tidak gosong. Gunakan minyak goreng yang cukup agar perkedel jagung terendam seluruhnya dan matang merata. Jangan terlalu banyak menggunakan minyak goreng agar perkedel jagung tidak terlalu berminyak dan lebih sehat untuk dikonsumsi.

FAQ

1. Apa itu perkedel jagung?

Perkedel jagung adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari jagung yang sudah diparut dan dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti tepung terigu, telur, bawang, dan rempah-rempah tertentu. Perkedel jagung biasanya digoreng dan disajikan sebagai lauk atau camilan.

TRENDING 🔥  Cara Memasang Sorban Sederhana

2. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat perkedel jagung?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat perkedel jagung antara lain jagung manis, tepung terigu, bawang merah, bawang putih, telur ayam, garam, merica bubuk, dan minyak goreng.

3. Bagaimana cara membuat perkedel jagung yang sederhana?

Cara membuat perkedel jagung yang sederhana adalah dengan memarut jagung, mencampurkannya dengan bawang merah, bawang putih, telur, tepung terigu, garam, dan merica bubuk, kemudian membentuknya menjadi bola pipih dan menggorengnya dengan api sedang hingga matang.

4. Apa tips memasak perkedel jagung yang empuk dan lezat?

Beberapa tips memasak perkedel jagung yang empuk dan lezat antara lain menggunakan jagung yang segar dan manis, memarut jagung hingga halus, menggunakan tepung terigu yang sesuai, dan menggoreng dengan minyak yang cukup dan api sedang.

5. Bagaimana cara menyajikan perkedel jagung yang sederhana?

Perkedel jagung yang sederhana bisa disajikan sebagai lauk-pauk dalam menu makan siang atau malam, atau sebagai camilan untuk menemani waktu santai. Sajikan perkedel jagung dengan nasi putih, sayuran, dan sambal atau saus kesukaanmu.

Kesimpulan

Itulah cara membuat perkedel jagung yang sederhana dan lezat. Dengan beberapa bahan dan tips memasak yang tepat, kamu bisa membuat perkedel jagung yang enak dan empuk untuk disajikan di meja makan. Selamat mencoba dan jangan lupa di-share resepnya kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Perkedel Jagung yang Sederhana