Cara Membuat Pemanas Ayam Broiler Sederhana

Salam hangat untuk Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pemanas ayam broiler sederhana. Dalam budidaya ayam broiler, pemanas sangatlah penting untuk mengontrol suhu dalam kandang. Namun, membeli pemanas yang mahal bisa menjadi beban tambahan dalam pengeluaran. Oleh karena itu, kita akan belajar membuat pemanas ayam broiler sederhana dengan biaya yang terjangkau dan mudah dibuat di rumah.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat pemanas, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat berikut ini:

Bahan
Alat
Kawat nikelin
Pinset
Bak mandi
Pisau
Kawat tembaga
Solder
Termometer
Obeng
Baterai 12V
Tang potong
Switch on/off
Kertas amplas
Kabel
Meteran

Langkah-Langkah Membuat Pemanas Ayam Broiler Sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat pemanas ayam broiler sederhana:

1. Siapkan Kawat Nikelin

Pertama-tama Sobat Sederhana perlu menyiapkan kawat nikelin dan memotongnya sesuai dengan panjang kandang ayam broiler. Pastikan Sobat Sederhana tidak memotong kawat terlalu pendek agar semua bagian dalam kandang bisa terpenuhi suhu yang sama.

2. Hubungkan Kawat Nikelin dengan Kawat Tembaga

Setelah memotong kawat nikelin, sobat sederhana perlu menghubungkannya dengan kawat tembaga menggunakan solder. Kawat tembaga akan menjadi kabel yang akan digunakan untuk menghubungkan pemanas dengan baterai.

3. Buat Tampah dari Bak Mandi

Setelah selesai menghubungkan kawat nikelin dengan kawat tembaga, sobat sederhana perlu membuat tampah dari bak mandi. Tampah ini akan digunakan untuk menempatkan pemanas agar tidak langsung bersentuhan dengan lantai kandang. Sobat sederhana bisa memotong bak mandi sesuai dengan ukuran kandang ayam broiler.

4. Pasang Switch On/Off

Setelah membuat tampah, sobat sederhana perlu memasang switch on/off yang nantinya digunakan untuk menghidupkan dan mematikan pemanas. Sobat sederhana bisa memilih switch on/off yang mudah didapatkan di toko elektronik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lip Balm Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Pasang Termometer

Pasang termometer pada kandang ayam broiler untuk mengukur suhu dalam kandang. Pastikan termometer berada di tempat yang mudah terlihat namun tidak mengganggu ayam broiler.

6. Sambungkan Semua Kabel

Setelah semua bagian siap, sobat sederhana perlu menghubungkan semua kabel. Sambungkan kabel dari pemanas dengan kabel dari switch on/off, lalu sambungkan kedua kabel tersebut dengan kabel dari baterai. Pastikan semua kabel terhubung dengan baik.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah Pemanas Ini Aman?

Ya, pemanas ini aman digunakan di kandang ayam broiler. Namun, pastikan switch on/off dalam keadaan mati saat melakukan perbaikan atau perawatan.

2. Berapa Lama Pemanas Ini Bisa Digunakan?

Pemanas ini dapat digunakan selama bertahun-tahun jika dirawat dengan baik.

3. Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Membuat Pemanas?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat pemanas sangat terjangkau, hanya sekitar 100 ribu rupiah.

4. Bagaimana Menjaga Suhu dalam Kandang?

Suhu dalam kandang dapat dijaga dengan mengatur jarak pemanas dari lantai kandang dan mengatur kekuatan pemanas dengan menggunakan switch on/off.

5. Apakah Saja Bahan dan Alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Pemanas?

Bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain kawat nikelin, bak mandi, kawat tembaga, termometer, baterai 12V, switch on/off, kabel, pinset, pisau, solder, obeng, tang potong, kertas amplas, dan meteran.

Simak Video Berikut Ini:

Untuk membantu Sobat Sederhana memahami langkah-langkah membuat pemanas ayam broiler sederhana, cobalah menonton video berikut ini:

Kesimpulan

Dengan membuat pemanas ayam broiler sederhana, Sobat Sederhana bisa mengontrol suhu dalam kandang secara efektif tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Dalam membuat pemanas, pastikan Sobat Sederhana mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan teliti agar pemanas bisa berfungsi dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Kerja Lampu Lalu Lintas Sederhana

Cara Membuat Pemanas Ayam Broiler Sederhana