Cara Membuat Parabola Sederhana dari Barang Bekas

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membuat parabola sederhana dari barang bekas. Parabola sendiri adalah sebuah alat yang digunakan untuk menangkap sinyal televisi dari satelit. Dengan membuat parabola sendiri, Sobat Sederhana bisa menghemat biaya dan juga bisa mendaur ulang barang bekas yang ada di sekitar kita. Simak langkah-langkahnya dibawah ini!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan parabola, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan, diantaranya:

Bahan
Alat
Piringan Lempengan Bekas
Gunting Besi
Tiang Besi Bekas
Obeng
Pengikat Kabel
Palu
Reflektor Daya
Soldering

Langkah-Langkah Membuat Parabola Sederhana

1. Potong Plat Lempengan ke Bentuk Bulat

Langkah pertama dalam membuat parabola sederhana adalah memotong plat lempengan bekas menjadi bentuk bulat yang akan digunakan sebagai reflektor. Gunakan gunting besi untuk memotong plat lempengan ini hingga membentuk lingkaran dengan diameter 60 cm.

2. Letakkan Reflektor dan Buat Tanda

Letakkan reflektor di atas permukaan rata dan gunakan spidol untuk menandai titik pusat reflektor. Garis ini akan digunakan sebagai titik awal ketika menempatkan feed horn.

3. Beri Lubang pada Butiran Reflektor

Gunakan alat perekat logam untuk menembus beberapa lubang kecil pada bagian butiran reflektor. Lubang-lubang ini akan membantu menguatkan sinyal televisi.

4. Bentuk Feedhorn

Gunting besi digunakan untuk membentuk feed horn. Gunakan plat besi bekas dan potong memanjang dan dibentuk seperti corong. Ukuran feed horn sekitar 8 x 12 cm dengan 45 derajat kemiringan. Kemudian, letakkan feed horn pada garis tengah yang sudah ditandai pada reflektor.

5. Pasang Reflektor Daya

Untuk memuat reflektor daya, letakkan plat lempengan bekas ke dalam feed horn dan buat lubang kecil pada permukaan di sekeliling feed horn. Gunakan perekat logam pada bagian yang menempel pada garis tengah reflektor.

TRENDING 🔥  Cara Membentuk Pao dengan Alat Sederhana untuk Sobat Sederhana

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan parabola?

Parabola adalah alat yang digunakan untuk menangkap sinyal televisi dari satelit.

2. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat parabola sederhana?

Beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat parabola sederhana adalah piringan lempengan bekas, tiang besi bekas, pengikat kabel, reflektor daya, gunting besi, obeng, palu, dan soldering.

3. Mengapa membuat parabola sederhana dari barang bekas?

Dengan membuat parabola sendiri, kita bisa menghemat biaya dan juga bisa mendaur ulang barang bekas yang ada di sekitar kita.

4. Apakah parabola sederhana yang kita buat bisa dipakai sehari-hari?

Iya, parabola sederhana yang kita buat bisa dipakai sehari-hari untuk menangkap sinyal televisi dari satelit.

5. Berapa ukuran diameter parabola sederhana yang kita buat?

Ukuran diameter parabola sederhana yang kita buat adalah sekitar 60 cm.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi langkah-langkah membuat parabola sederhana dari barang bekas. Cara ini bisa Sobat Sederhana lakukan sendiri dan percayalah bahwa hasilnya sangat memuaskan. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala bahan dan alat yang diperlukan dengan baik dan teliti. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Parabola Sederhana dari Barang Bekas