Cara Membuat Paper Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat paper sederhana. Paper adalah tulisan ilmiah yang dibuat untuk mempresentasikan hasil penelitian atau kajian suatu topik. Untuk membuat paper yang sederhana, kita tidak memerlukan banyak pengetahuan atau pengalaman dalam dunia penulisan. Yuk, kita simak cara membuat paper sederhana berikut ini!

1. Tentukan Topik

Langkah pertama dalam membuat paper sederhana adalah dengan menentukan topik. Topik yang dipilih harus relevan dengan minat dan kemampuan penulisan kita. Pastikan juga topik yang dipilih memiliki sumber referensi yang cukup agar paper kita memiliki dasar yang kuat.

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah dengan membuat outline atau kerangka tulisan. Outline ini berisi tentang struktur dan isi paper yang akan dibuat. Dalam outline, tuliskan sub topik dan poin-poin penting yang akan dibahas dalam paper.

Contoh Kerangka Tulisan

No.
Sub Topik
Poin-Poin
1
Pendahuluan
  • Latar Belakang
  • Tujuan Penulisan
  • Tentang Topik
2
Tinjauan Pustaka
  • Definisi Topik
  • Sumber Referensi
  • Perbandingan dengan Penelitian Lain
3
Metode Penelitian
  • Metodologi Penelitian
  • Teknik Pengumpulan Data
  • Analisis Data
4
Hasil dan Pembahasan
  • Hasil Penelitian
  • Interpretasi Data
  • Perbandingan dengan Teori
5
Kesimpulan dan Saran
  • Kesimpulan
  • Saran

2. Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka adalah langkah penting dalam membuat paper. Pada tahap ini, kita akan mencari referensi yang terkait dengan topik yang telah ditentukan. Referensi bisa didapatkan dari jurnal ilmiah, buku, artikel, dan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan topik. Pastikan sumber referensi yang digunakan adalah sumber yang kredibel dan terpercaya.

Setelah mendapatkan referensi, kita perlu membaca dan memahami isi dari referensi tersebut. Catat poin-poin penting yang relevan dengan topik dan tujuan penulisan kita. Pastikan juga kita mencantumkan sumber referensi yang digunakan dalam paper.

TRENDING 🔥  Cara Membaca Persamaan Regresi Linier Sederhana

3. Metode Penelitian

Metode penelitian adalah tahap dimana kita menjelaskan tentang cara pemilihan sampel, teknik pengumpulan data, dan instrumen pengukuran yang digunakan. Pastikan penjelasan mengenai metode penelitian yang digunakan dalam paper sudah jelas dan terperinci.

Metode penelitian juga mencakup analisis data yang dilakukan. Analisis data dilakukan untuk mendapatkan hasil dari pengumpulan data. Pastikan analisis data yang dilakukan sudah sesuai dengan tujuan penelitian dan metode penelitian yang digunakan.

4. Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan adalah tahap dimana kita melaporkan hasil dari penelitian dan membahas hasil tersebut. Pastikan hasil penelitian yang dilaporkan sudah jelas dan terperinci. Jangan lupa sertakan grafik atau tabel yang mendukung hasil penelitian.

Dalam pembahasan, kita bisa membandingkan hasil penelitian kita dengan teori yang ada atau hasil penelitian sebelumnya. Jangan lupa sertakan juga interpretasi data yang kita laporkan.

5. Kesimpulan dan Saran

Pada tahap ini, kita akan menyimpulkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan memberikan saran untuk penelitian selanjutnya. Pastikan kesimpulan yang disampaikan sudah mencakup semua hasil penelitian yang telah dilakukan.

Saran yang diberikan harus bersifat konstruktif dan membangun. Saran yang diberikan bisa digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya.

FAQ

1. Apa saja langkah-langkah membuat paper sederhana?

Langkah-langkah membuat paper sederhana adalah menentukan topik, tinjauan pustaka, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan dan saran.

2. Apa yang dimaksud dengan tinjauan pustaka?

Tinjauan pustaka adalah langkah dalam membuat paper dimana kita mencari referensi dan membaca serta memahami isi dari referensi tersebut.

3. Bagaimana cara membuat kesimpulan dan saran dalam paper?

Kesimpulan dan saran dalam paper bisa dibuat dengan menyimpulkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan memberikan saran yang bersifat konstruktif dan membangun untuk penelitian selanjutnya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Kering dengan Alat Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Paper Sederhana