Cara Membuat Obor Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat obor sederhana yang dapat digunakan untuk keperluan outdoor seperti camping atau hiking. Obor sederhana ini dapat membantu kita dalam situasi darurat saat sedang kehabisan bahan bakar untuk memasak atau ketika membutuhkan sumber cahaya tambahan di malam hari. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat obor sederhana, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang harus disiapkan:

Alat
Bahan
Gunting
Batang kayu
Korek api
Minyak zaitun atau minyak goreng
Pisau lipat
Kain bekas atau anyaman bambu
Isolasi listrik
Benang

Langkah-Langkah Membuat Obor Sederhana

Langkah 1: Mempersiapkan Batang Kayu dan Kain Bekas

Pertama-tama, siapkan batang kayu yang cukup besar dan kain bekas yang digunakan untuk menyelimuti batang kayu. Ukuran kain harus cukup lebar untuk dapat meliliti batang kayu dengan ketat. Pastikan juga kain yang digunakan tahan terhadap api dan panas.

Langkah 2: Membuat Lubang di Tengah Batang Kayu

Buatlah lubang di tengah batang kayu menggunakan gunting atau pisau lipat. Lubang ini digunakan untuk menaruh minyak dan korek api agar dapat menyala dengan baik. Pastikan lubang yang dibuat cukup besar untuk muat menampung korek api.

Langkah 3: Meliliti Batang Kayu dengan Kain Bekas

Setelah itu, lilitkan kain bekas ke batang kayu yang telah dibuat lubang. Pastikan kain melingkupi batang kayu dengan ketat dan kuat agar tidak mudah lepas saat digunakan. Jika kain bekas yang digunakan belum cukup panjang, dapat menyambungkan kain bekas dengan benang agar panjangnya mencukupi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tempat HP dari Kain Flanel Sederhana

Langkah 4: Menambahkan Minyak ke Dalam Lubang Batang Kayu

Setelah batang kayu dililiti dengan kain bekas, tuangkan minyak zaitun atau minyak goreng ke dalam lubang batang kayu yang telah dibuat pada langkah kedua. Pastikan minyak yang dituangkan cukup banyak agar api dapat bertahan selama yang diinginkan.

Langkah 5: Menyalakan Obor

Terakhir, gunakan korek api untuk menyalakan obor sederhana yang telah dibuat. Letakkan korek api ke dalam lubang batang kayu dan nyalakan dengan hati-hati. Pastikan api tidak menyebar ke tempat yang tidak diinginkan dan selalu awasi obor saat digunakan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah kain bekas dapat diganti dengan bahan lain?

Tentu saja, Sobat Sederhana dapat mengganti kain bekas dengan bahan lain seperti anyaman bambu atau kertas. Namun pastikan bahan yang digunakan tahan terhadap api dan tidak mudah terbakar.

2. Apa jenis minyak yang bisa digunakan?

Sobat Sederhana dapat menggunakan minyak zaitun atau minyak goreng yang tersedia di dapur. Pastikan minyak yang digunakan cukup banyak agar api dapat bertahan selama yang diinginkan.

3. Apakah obor sederhana ini aman digunakan di dalam ruangan?

Obor sederhana ini sebaiknya digunakan di luar ruangan dan terutama saat sedang memasak di alam bebas. Penggunaan obor sederhana di dalam ruangan dapat menimbulkan bahaya kebakaran dan berbahaya bagi kesehatan.

Penutup

Itulah cara membuat obor sederhana yang dapat digunakan di luar ruangan. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, kita dapat membuat obor sederhana sendiri tanpa harus membeli yang mahal. Semoga cara ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang sedang membutuhkan sumber cahaya tambahan saat sedang camping atau hiking. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mesin Grafir Sederhana

Cara Membuat Obor Sederhana