Cara Membuat Nyoklat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu suka makan cokelat? Tentunya mayoritas dari kita pasti menyukai rasa manis dan gurih dari cokelat. Nah, dalam artikel kali ini, kita akan belajar cara membuat nyoklat sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum kita memulai proses pembuatan nyoklat sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Cokelat dark compound
200 gram
Susu cair
100 ml
Mentega
50 gram
Gula pasir
50 gram
Bubuk cocoa
1 sdm
Vanili bubuk
1 sdt
Garam
1/4 sdt

Langkah Membuat Nyoklat Sederhana

Nah, setelah semua bahan-bahan sudah siap, sekarang waktunya mulai membuat nyoklat sederhana yang enak dan lezat:

1. Tim cokelat dark compound

Pertama-tama, tim cokelat dark compound hingga meleleh. Kamu bisa menggunakan double boiler atau microwave untuk melelehkan cokelat. Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati agar tidak terbakar atau gosong.

2. Campurkan susu cair, mentega, gula, bubuk cocoa, vanili bubuk, dan garam

Setelah cokelat meleleh, campurkan susu cair, mentega, gula pasir, bubuk cocoa, vanili bubuk, dan garam ke dalam wadah yang sama. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata.

3. Masukkan cokelat yang sudah dilelehkan

Selanjutnya, masukkan cokelat yang sudah dilelehkan ke dalam campuran susu dan bahan lainnya. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan merata. Kamu bisa menggunakan mixer atau spatula untuk memudahkan proses pencampuran.

4. Tuang ke dalam cetakan

Setelah semua bahan tercampur dengan merata, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang sudah disiapkan. Pastikan kamu menggunakan cetakan yang sesuai dengan selera. Kamu bisa menggunakan cetakan berbentuk hati, segitiga, atau bulat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alarm Pintu Rumah Sederhana

5. Dinginkan di dalam kulkas

Terakhir, dinginkan adonan di dalam kulkas selama kurang lebih 1-2 jam. Setelah itu, nyoklat sederhana yang kamu buat sudah siap untuk dinikmati. Kamu bisa menambahkan topping seperti kacang atau buah-buahan agar lebih enak lagi.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya cokelat dark compound dengan cokelat biasa?

Cokelat dark compound adalah cokelat yang dibuat khusus untuk proses baking atau pembuatan kue. Cokelat ini memiliki kadar lemak dan gula yang lebih rendah dibandingkan cokelat biasa, sehingga hasil akhirnya lebih kering dan tidak cepat meleleh.

2. Bisakah saya menggunakan cokelat lain selain dark compound?

Ya, kamu bisa menggunakan cokelat yang lain seperti cokelat batang atau cokelat bubuk. Namun, pastikan kamu menyesuaikan takaran dan penggunaannya agar hasil akhirnya tidak berubah.

3. Apakah susu cair bisa diganti dengan susu bubuk?

Bisa, namun kamu perlu menyesuaikan takaran dan konsistensinya agar hasil akhirnya tetap enak dan lezat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Nyoklat Sederhana