Cara Membuat Nugget Sayur Sederhana – Sobat Sederhana

Cara Membuat Nugget Sayur Sederhana – Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Nugget sayur adalah salah satu menu makanan sehat yang cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Selain bergizi, nugget sayur juga mudah dan praktis dibuat. Berikut ini adalah cara membuat nugget sayur sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat nugget sayur, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Wortel
1 buah
Kentang
2 buah
Kol
100 gram
Tepung terigu
100 gram
Telur
1 butir
Bawang putih
2 siung
Garam
secukupnya
Lada bubuk
secukupnya
Air
100 ml

Cara Membuat Nugget Sayur Sederhana

1. Cuci Bersih Semua Sayuran

Langkah pertama adalah mencuci bersih semua sayuran yang akan digunakan. Pastikan semua kotoran dan bekas tanah sudah bersih dan tidak menempel pada sayuran.

2. Potong Sayuran Menjadi Dadu Kecil

Setelah mencuci bersih, potong semua sayuran menjadi dadu kecil seukuran 1 cm x 1 cm. Hal ini akan memudahkan proses pencampuran dan pembuatan adonan nugget sayur.

3. Siapkan Adonan Nugget

Selanjutnya, campurkan tepung terigu dengan telur, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan lada bubuk. Aduk hingga merata. Tambahkan air sedikit-sedikit sampai adonan menjadi kental.

4. Campurkan Sayuran ke Dalam Adonan Nugget

Tambahkan semua sayuran yang sudah dipotong ke dalam adonan nugget. Aduk hingga merata dan pastikan semua sayuran tercampur dengan baik.

5. Bentuk Adonan Menjadi Nugget

Bentuk adonan menjadi nugget dengan ukuran sekitar 3 cm x 3 cm. Pastikan permukaan adonan rata dan kekentalannya merata.

6. Goreng Nugget Sampai Matang

Setelah adonan sudah dibentuk menjadi nugget, goreng nugget dalam minyak panas sampai matang. Angkat dan tiriskan.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Sederhana PLTS Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Cara Penyajian Nugget Sayur Sederhana

Nugget sayur siap disajikan. Sobat Sederhana bisa menambahkan saus sambal atau saus tomat sebagai pelengkap.

FAQ

1. Dapatkah Nugget Sayur Disimpan dalam Freezer?

Iya, nugget sayur dapat disimpan dalam freezer. Letakkan nugget dalam wadah tertutup atau dalam plastik freezer sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Nugget sayur dapat bertahan sampai dengan 1 bulan dalam freezer.

Kesimpulan

Itulah cara membuat nugget sayur sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Nugget sayur adalah salah satu menu makanan sehat yang enak dan mudah dibuat. Selain itu, dengan membuat sendiri nugget sayur, Sobat Sederhana bisa memastikan kebersihan dan kualitas bahan yang digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Nugget Sayur Sederhana – Sobat Sederhana