Cara Membuat Mesin Tepung Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Pernahkah kamu merasa kesulitan untuk membuat tepung sendiri di rumah? Jangan khawatir, kali ini kami akan memberikan tips cara membuat mesin tepung sederhana agar kamu bisa membuat tepung dengan mudah di rumah.

Apa Itu Mesin Tepung Sederhana?

Sebelum kita membahas cara membuatnya, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu mesin tepung sederhana. Mesin tepung sederhana adalah alat yang digunakan untuk menggiling bahan makanan menjadi tepung dengan mudah dan cepat.

Mesin tepung sederhana dapat digunakan untuk menggiling berbagai jenis bahan makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, bahan-bahan pembuat kue, bahan-bahan olahan dapur, dan sebagainya.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat mesin tepung sederhana, kamu akan memerlukan beberapa bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Motor listrik
1 buah
Bearing
2 buah
Roda gigi
1 buah
Tabung pipa
1 buah
Plat besi
1 buah
Bolt & nut
Sesuai kebutuhan

Setelah kamu menyiapkan semua bahan, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat mesin tepung sederhana:

1. Buat Kerangka Mesin

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kerangka mesin. Kamu dapat menggunakan plat besi sebagai bahan dasarnya. Potong plat besi sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu las menjadi satu bagian.

Setelah itu, pasang bearing pada bagian bawah kerangka. Pastikan bearing terpasang dengan baik dan tidak bergoyang.

2. Pasang Motor Listrik

Setelah kerangka mesin selesai dibuat, selanjutnya adalah memasang motor listrik. Pasang motor listrik pada bagian atas kerangka menggunakan bolt dan nut.

3. Pasang Roda Gigi

Setelah motor listrik terpasang, selanjutnya adalah memasang roda gigi pada poros motor. Pasang roda gigi seperti pada gambar agar poros dapat berputar dengan mudah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pastel Sederhana Tapi Enak

4. Pasang Tabung Pipa

Setelah roda gigi terpasang, selanjutnya adalah memasang tabung pipa pada kerangka mesin. Pastikan tabung pipa terpasang dengan baik dan stabil. Tabung pipa tersebut akan berfungsi sebagai tempat untuk menggiling bahan makanan menjadi tepung.

5. Selesai

Setelah semua bahan terpasang, mesin tepung sederhana siap untuk digunakan. Colokkan kabel listrik ke stopkontak, lalu hidupkan mesin. Kamu dapat mulai menggunakan mesin tepung sederhana untuk menggiling bahan makanan menjadi tepung.

FAQ

1. Apakah mesin tepung sederhana dapat digunakan untuk menggiling bahan makanan keras?

Ya, mesin tepung sederhana dapat digunakan untuk menggiling berbagai jenis bahan makanan termasuk bahan makanan keras seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Apakah mesin tepung sederhana sulit dibuat?

Tidak, mesin tepung sederhana dapat dibuat dengan mudah dan membutuhkan bahan-bahan yang cukup sederhana. Selain itu, mesin tepung sederhana juga sangat ramah lingkungan karena menggunakan motor listrik sebagai sumber tenaganya.

3. Berapa harga untuk membuat mesin tepung sederhana?

Harga untuk membuat mesin tepung sederhana dapat bervariasi tergantung dari harga bahan-bahan yang dibutuhkan. Namun, umumnya biaya untuk membuat mesin tepung sederhana relatif terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Penutup

Itulah cara membuat mesin tepung sederhana yang dapat kamu coba di rumah. Dengan mesin tepung sederhana, kamu dapat menggiling berbagai jenis bahan makanan menjadi tepung dengan mudah dan cepat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Mesin Tepung Sederhana