Cara Membuat Mesin Pengering Padi Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu sedang mencari cara membuat mesin pengering padi sederhana? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat! Mesin pengering padi sederhana ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki usaha pertanian atau sekadar memiliki lahan padi di rumah. Dengan mesin ini, kamu bisa mengeringkan padi dengan cepat, efisien, dan tanpa harus terkena sinar matahari langsung. Berikut adalah cara membuat mesin pengering padi sederhana yang bisa kamu coba.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan mesin pengering padi sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan alat dan bahan berikut:

Alat
Bahan
– Bor
– Kain jaring
– Gergaji besi
– Kayu bekas
– Obeng
– Pipa PVC
– Tang
– Kabel pengikat
– Penjepit kayu
– Selang air

Setelah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan, Sobat Sederhana bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Pembuatan Rangka Mesin

Langkah pertama dalam pembuatan mesin pengering padi sederhana adalah membuat rangka mesin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

2.1. Potong Kayu Bekas

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu memotong kayu bekas yang digunakan sebagai rangka mesin. Potong kayu menjadi ukuran 120 x 80 cm untuk bagian bawah, 120 x 40 cm untuk bagian atas, dan 4 kaki kayu dengan tinggi 120 cm.

2.2. Pasang Kaki Kayu

Setelah kayu dipotong sesuai ukuran, pasang kaki kayu pada bagian bawah rangka mesin. Gunakan penjepit kayu untuk memperkuat sambungan.

2.3. Pasang Bagian Atas

Selanjutnya, pasang bagian atas rangka mesin dengan menggunakan penjepit kayu dan obeng. Pastikan bagian atas terpasang dengan kokoh dan tidak mudah lepas.

2.4. Pasang Kabel Pengikat

Pasang kabel pengikat pada bagian atas rangka mesin untuk memudahkan proses pengangkatan mesin. Sisakan sedikit ruang di antara kabel agar bisa dimasukkan tali pengangkat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pie Susu Sederhana Tanpa Oven

3. Pemasangan Selang Air

Selanjutnya, Sobat Sederhana perlu memasang selang air pada mesin pengering padi sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

3.1. Pasang Pipa PVC

Pasang pipa PVC pada sisi atas rangka mesin untuk menjalankan air. Gunakan bor untuk membuat lubang pada rangka mesin dan pasang pipa dengan kabel pengikat.

3.2. Pasang Selang Air

Pasang selang air pada pipa PVC dan pasangkan ujung selang pada keran air. Pastikan selang terpasang dengan rapat agar tidak bocor saat proses pengeringan.

4. Pemasangan Kain Jaring

Setelah pemasangan selang air selesai, saatnya memasang kain jaring pada rangka mesin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

4.1. Ukur dan Potong Kain Jaring

Ukur dan potong kain jaring menjadi ukuran yang sama dengan rangka mesin. Sisakan sedikit ruang di setiap sisi untuk memudahkan proses penjepitan.

4.2. Pasang Kain Jaring

Jepit kain jaring pada rangka mesin dengan menggunakan penjepit kayu. Pastikan kain jaring terpasang dengan rapat dan tidak mudah lepas saat proses pengeringan.

5. FAQ (Frequently Asked Questions)

5.1. Apa saja bahan dan alat yang diperlukan dalam pembuatan mesin pengering padi sederhana?

Untuk membuat mesin pengering padi sederhana, Sobat Sederhana membutuhkan beberapa bahan dan alat seperti kayu bekas, kain jaring, pipa PVC, selang air, kabel pengikat, penjepit kayu, obeng, tang, dan bor.

5.2. Bagaimana cara memasang selang air pada mesin pengering padi sederhana?

Untuk memasang selang air pada mesin pengering padi sederhana, Sobat Sederhana perlu memasang pipa PVC pada sisi atas rangka mesin terlebih dahulu. Kemudian, pasang selang air pada pipa PVC dan pasangkan ujung selang pada keran air. Pastikan selang terpasang dengan rapat agar tidak bocor saat proses pengeringan.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Pompa Air Sederhana

5.3. Apa keuntungan menggunakan mesin pengering padi sederhana?

Mesin pengering padi sederhana memiliki beberapa keuntungan seperti proses pengeringan yang lebih cepat dan efisien, padi tidak perlu terkena sinar matahari langsung, dan hasil pengeringan yang lebih baik.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat mesin pengering padi sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba. Dengan mesin ini, proses pengeringan padi akan menjadi lebih mudah dan efisien. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel menarik lainnya di situs ini. Semoga bermanfaat!

Cara Membuat Mesin Pengering Padi Sederhana