Cara Membuat Mesin Penetas Telur Sederhana dari Kardus

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat mesin penetas telur sederhana dari kardus. Mesin penetas telur merupakan alat yang digunakan untuk menetaskan telur ayam, bebek, atau burung lainnya. Dengan membuat mesin penetas telur sederhana dari kardus, kita dapat menetaskan telur di rumah dengan biaya yang lebih murah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat mesin penetas telur sederhana, kita perlu menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Kardus bekas
Cutter atau Gunting
Plastik bening
Lem tembak
Lampu pijar
Termometer
Socket lampu
Kabel listrik
AC/DC Adapter
Multimeter
Kipas angin
Stiker

Selain bahan dan alat di atas, kita juga memerlukan telur ayam yang akan ditetaskan. Pastikan telur dalam kondisi yang baik dan segar.

2. Membuat Rangka Mesin Penetas Telur

Langkah pertama dalam membuat mesin penetas telur sederhana adalah dengan membuat rangka mesin. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

2.1. Potong Kardus

Potong kardus menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama. Ukuran dapat disesuaikan dengan jumlah telur yang akan ditetaskan. Gunakan cutter atau gunting untuk memotong kardus.

2.2. Rekatkan Kardus

Rekatkan kedua bagian kardus dengan lem tembak sehingga membentuk kotak. Pastikan kardus rapat dan tidak bocor.

2.3. Buat Lubang

Pada bagian atas kotak, buat lubang dengan ukuran sedikit lebih kecil dari socket lampu. Lubang ini akan digunakan untuk menempatkan socket lampu.

2.4. Pasang Socket Lampu

Pasang socket lampu pada lubang yang telah dibuat sebelumnya. Letakkan socket lampu di tengah-tengah kotak dan rekatkan dengan lem tembak.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Menggunakan C Perogarma Sederhana

2.5. Pasang Kabel Listrik

Pasang kabel listrik pada socket lampu. Pastikan kabel terpasang dengan baik dan tidak ada yang terkelupas. Kabel listrik ini akan digunakan untuk menghubungkan mesin penetas telur ke sumber listrik.

2.6. Buat Lubang untuk Termometer

Buat lubang kecil pada salah satu sisi kotak untuk menempatkan termometer. Lubang ini dapat dibuat dengan menggunakan cutter atau gunting. Pastikan ukurannya cukup untuk menempelkan termometer pada kotak.

2.7. Pasang Kipas Angin

Pasang kipas angin pada bagian bawah kotak. Letakkan kipas angin sehingga dapat mengalirkan udara ke dalam kotak. Kipas angin akan membantu menjaga suhu dan kelembaban dalam mesin penetas telur.

3. Memasang Lampu dan Termometer

Setelah membuat rangka mesin, langkah selanjutnya adalah memasang lampu dan termometer. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

3.1. Masukkan Lampu Pijar

Masukkan lampu pijar ke dalam socket lampu yang telah dipasang pada rangka mesin. Pastikan lampu terpasang dengan baik dan tidak goyah.

3.2. Pasang Termometer

Masukkan termometer ke dalam lubang yang telah dibuat pada rangka mesin. Letakkan termometer sehingga mudah dibaca dan dapat menunjukkan suhu yang diinginkan.

3.3. Hubungkan dengan Sumber Listrik

Hubungkan mesin penetas telur dengan sumber listrik menggunakan AC/DC adapter. Pastikan sumber listrik yang digunakan sesuai dengan kebutuhan mesin penetas telur.

4. Menetaskan Telur

Setelah semua komponen mesin penetas telur sederhana telah dipasang, kita dapat mulai menetaskan telur. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

4.1. Atur Suhu dan Kelembaban

Atur suhu dan kelembaban dalam mesin penetas telur. Suhu dan kelembaban yang tepat dapat mempercepat proses penetasan telur. Untuk telur ayam, suhu yang diinginkan adalah sekitar 37,5 – 38 derajat Celcius dengan kelembaban 60-65%.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana

4.2. Letakkan Telur

Letakkan telur dalam mesin penetas telur. Pastikan telur berada pada posisi yang tepat dan stabil. Jangan terlalu banyak menempatkan telur agar mesin penetas telur dapat bekerja dengan maksimal.

4.3. Monitor Proses Penetasan

Monitoring proses penetasan telur secara berkala. Periksa suhu dan kelembaban dalam mesin penetas telur setiap beberapa jam sekali. Jangan lupa memutar posisi telur setiap 2-3 jam sekali agar telur menetas dengan baik.

FAQ tentang Cara Membuat Mesin Penetas Telur Sederhana dari Kardus

1. Apakah mesin penetas telur sederhana dari kardus dapat digunakan untuk menetaskan telur ayam?

Ya, mesin penetas telur sederhana dari kardus dapat digunakan untuk menetaskan telur ayam, bebek, atau burung lainnya.

2. Berapa suhu yang tepat untuk menetaskan telur ayam?

Suhu yang tepat untuk menetaskan telur ayam adalah sekitar 37,5 – 38 derajat Celcius dengan kelembaban 60-65%.

3. Apa saja bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat mesin penetas telur sederhana dari kardus?

Bahan dan alat yang diperlukan antara lain kardus bekas, plastik bening, lampu pijar, socket lampu, kabel listrik, AC/DC adapter, kipas angin, cutter atau gunting, lem tembak, termometer, dan stiker.

4. Apa yang harus dilakukan jika suhu dan kelembaban dalam mesin penetas telur tidak sesuai?

Jika suhu dan kelembaban dalam mesin penetas telur tidak sesuai, kita perlu menyesuaikan pengaturan suhu dan kelembaban. Jika suhu terlalu rendah, kita dapat menambahkan lampu pijar atau mengurangi kelembaban. Sebaliknya, jika suhu terlalu tinggi, kita dapat mematikan lampu atau meningkatkan kelembaban.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menetaskan telur ayam?

Waktu yang dibutuhkan untuk menetaskan telur ayam sekitar 21 hari.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Aljabar

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Mesin Penetas Telur Sederhana dari Kardus