Cara Membuat Taman Gantung Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Taman gantung bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang memiliki lahan sempit dan ingin memiliki taman di rumah. Membuat taman gantung sederhana juga cukup mudah, hanya dengan mempersiapkan beberapa bahan dan alat serta sedikit sentuhan kreativitas, kamu sudah bisa memiliki taman yang indah dan menyegarkan di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai, pastikan kamu telah menyiapkan beberapa alat dan bahan berikut ini:

Alat
Bahan
– Gunting
– Pot bunga
– Tang potong
– Tanah subur
– Potongan kayu atau pipa PVC
– Bibit tanaman hias
– Tali raffia atau tali tambang
– Pupuk organik

Dengan menyiapkan semua alat dan bahan di atas, kamu sudah siap memulai membuat taman gantung sederhana.

Langkah-Langkah Membuat Taman Gantung Sederhana

1. Potong Potongan Kayu atau Pipa PVC

Pertama-tama, potonglah potongan kayu atau pipa PVC dengan ukuran yang sama yaitu sekitar 30 cm. Potongan ini akan berfungsi sebagai tempat menaruh pot tanaman.

2. Buat Lubang pada Pot Bunga

Selanjutnya, buatlah lubang pada pot bunga yang telah disiapkan dengan ukuran sesuai dengan potongan kayu atau pipa PVC tadi. Pastikan juga potongan kayu atau pipa PVC tersebut dapat masuk ke dalam lubang dengan pas.

3. Isi Tanah dan Pupuk Organik

Setelah itu, masukkan tanah subur ke dalam pot bunga hingga setengah penuh dan campurkan dengan pupuk organik. Hal ini dilakukan untuk memastikan tanaman yang akan ditanam dapat tumbuh dengan subur.

4. Tanam Bibit Tanaman Hias

Langkah selanjutnya, tanam bibit tanaman hias ke dalam pot bunga yang telah diisi dengan tanah dan pupuk organik tadi. Pastikan juga bibit tanaman hias tersebut sesuai dengan kondisi lingkungan di sekitar rumahmu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Las Listrik Sederhana

5. Pasang Potongan Kayu atau Pipa PVC

Setelah itu, masukkan potongan kayu atau pipa PVC ke dalam lubang yang telah dibuat pada pot bunga tadi dengan posisi menonjol ke atas. Pastikan potongan kayu atau pipa PVC tersebut sudah dirapatkan dengan pot bunga.

6. Buat Tali Gantung

Langkah terakhir, ambil tali raffia atau tali tambang dan ikatkan ke potongan kayu atau pipa PVC yang telah terpasang di pot bunga. Pastikan tali tersebut kuat dan aman untuk menahan beban pot bunga.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa saja jenis tanaman hias yang cocok untuk taman gantung?

Beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk taman gantung antara lain adalah bunga krokot, anggrek, philodendron, dan beberapa jenis ferns.

2. Apakah taman gantung harus diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari?

Ya, taman gantung harus diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari minimal 4-6 jam sehari agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

3. Bagaimana cara merawat taman gantung?

Merawat taman gantung sangatlah mudah. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain memberikan air secara teratur, memupuk tanaman secara berkala, membersihkan daun dan pot dari debu, serta memangkas tanaman jika diperlukan.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat taman gantung sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa pilih jenis tanaman yang tepat dan letakkan taman gantung di tempat yang terkena sinar matahari. Dengan sedikit usaha dan kreativitas, kamu bisa memiliki taman gantung yang indah dan menyegarkan di rumah. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Taman Gantung Sederhana