Cara Membuat Mesin Pelet Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kalian pernah berpikir untuk memulai bisnis pembuatan pelet? Pelet merupakan bentuk bahan bakar biomassa yang ramah lingkungan dan dapat menghasilkan energi yang tinggi. Namun, untuk memproduksi pelet secara efisien, diperlukan mesin pelet yang memadai. Pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat mesin pelet sederhana yang dapat dibuat sendiri dengan mudah.

1. Mengerti Prinsip Kerja Mesin Pelet

Sebelum memulai membuat mesin pelet sederhana, Sobat Sederhana perlu memahami prinsip kerja mesin pelet. Mesin pelet bekerja dengan cara menghancurkan bahan baku menjadi serbuk halus, kemudian menekannya melalui lubang kecil untuk membentuk pelet. Proses ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ukuran bahan baku, kelembaban, dan tekanan yang diberikan.

Untuk membuat mesin pelet sederhana, kita akan memanfaatkan bahan-bahan bekas yang mudah didapatkan. Selain itu, mesin pelet sederhana juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan produksi pelet yang diinginkan.

2. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat mesin pelet sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Kayu bekas
1 buah
Engsel
2 buah
Bearing
2 buah
Roda gigi
1 buah
Pipa besi
beberapa ukuran
Motor listrik
1 buah

Selain bahan-bahan di atas, Sobat Sederhana juga perlu menyiapkan peralatan seperti bor, gergaji, pemotong pipa, dan mesin las. Setelah semua bahan dan peralatan sudah disiapkan, kita dapat memulai pembuatan mesin pelet sederhana.

3. Membuat Rangka Mesin

Langkah pertama dalam membuat mesin pelet sederhana adalah membuat rangka mesin. Sobat Sederhana dapat memulai dengan memotong kayu bekas menjadi empat potongan dengan ukuran yang sama. Kemudian, pasang engsel pada ujung kayu sehingga membentuk segi empat.

Setelah itu, tambahkan bearing pada bagian tengah rangka mesin. Bearing akan berfungsi sebagai penopang poros mesin. Pasang juga roda gigi pada poros mesin agar dapat digerakkan dengan motor listrik. Terakhir, pasang motor listrik pada rangka mesin dan sambungkan dengan poros roda gigi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Pengiris Bawang Sederhana

4. Membuat Silinder

Langkah selanjutnya adalah membuat silinder yang akan digunakan untuk menekan bahan baku menjadi pelet. Sobat Sederhana dapat menggunakan pipa besi dengan ukuran yang lebih besar dari poros mesin. Potong pipa besi dan pasang bearing pada bagian tengah silinder.

Selanjutnya, buat lubang pada pipa besi dengan ukuran yang sama dengan pelet yang akan dihasilkan. Pastikan lubang tersebut vertikal dan sejajar dengan poros mesin. Lubang tersebut akan berfungsi sebagai jalur keluarnya pelet yang sudah terbentuk.

5. Membuat Roller

Roller atau roda penggerak pelet dapat dibuat dengan menggunakan pipa besi yang lebih kecil dari silinder. Potong pipa besi menjadi beberapa ukuran dan pasang bearing pada kedua ujungnya. Kemudian, pasang pipa besi tersebut pada kedua sisi silinder dengan jarak yang cukup agar bahan baku dapat masuk.

Pasang juga roda gigi pada salah satu ujung pipa besi untuk dapat digerakkan oleh poros mesin. Roller akan berfungsi sebagai penghancur bahan baku dan mendorongnya ke dalam lubang pembentukan pelet.

6. Memasang Sistem Pengumpanan

Agar bahan baku dapat masuk ke dalam mesin pelet, Sobat Sederhana perlu membuat sistem pengumpanan yang mampu mengalirkan bahan baku secara terus-menerus. Sistem pengumpanan dapat dibuat dengan menggunakan pipa besi yang lebih besar dari roller.

Potong pipa besi menjadi dua bagian dan pasang engsel pada ujungnya. Kemudian, pasang motor listrik pada bagian tengah pipa besi dan sambungkan dengan poros roller. Motor listrik akan berfungsi sebagai penggerak pengumpan bahan baku ke dalam mesin pelet.

7. Membuat Sistem Pendingin

Proses pembuatan pelet akan menghasilkan panas yang dapat merusak mesin. Oleh karena itu, Sobat Sederhana perlu membuat sistem pendingin pada mesin pelet. Sistem pendingin dapat dibuat dengan cara memasang kipas angin pada bagian atas mesin pelet.

TRENDING 🔥  Cara Buat Indikator Banjir Sederhana

Kipas angin akan berfungsi sebagai sirkulasi udara yang mengalirkan udara segar ke dalam mesin pelet. Selain itu, Sobat Sederhana juga dapat menambahkan sistem penyejuk dengan menempatkan mesin pelet pada tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

8. Menguji Coba Mesin Pelet

Setelah semua bagian mesin pelet selesai dipasang, Sobat Sederhana dapat menguji coba mesin pelet dengan menggunakan bahan baku yang telah disiapkan. Pastikan bahan baku sudah memiliki ukuran yang sesuai dan kelembaban yang tepat.

Nyalakan mesin pelet dan biarkan selama beberapa menit sampai mesin pelet mencapai suhu yang optimal. Kemudian, masukkan bahan baku ke dalam sistem pengumpanan dan biarkan mesin pelet bekerja.

FAQ

1. Berapa banyak pelet yang dapat dihasilkan oleh mesin pelet sederhana?

Jumlah pelet yang dihasilkan oleh mesin pelet sederhana tergantung pada ukuran bahan baku dan kebutuhan produksi pelet yang diinginkan. Mesin pelet sederhana dapat menghasilkan sekitar 50-100 kilogram pelet per jam.

2. Apakah mesin pelet sederhana sulit untuk dibuat sendiri?

Mesin pelet sederhana dapat dibuat sendiri dengan mudah menggunakan bahan-bahan bekas yang mudah didapatkan. Mesin pelet sederhana juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan produksi pelet yang diinginkan.

3. Apa saja bahan baku yang dapat dijadikan pelet?

Bahan baku yang dapat dijadikan pelet antara lain kayu, jerami, sekam padi, limbah pertanian, dan limbah industri.

4. Apa keuntungan menggunakan mesin pelet?

Keuntungan menggunakan mesin pelet adalah dapat memproduksi bahan bakar biomassa yang ramah lingkungan dan efisien. Pelet juga memiliki nilai kalor yang tinggi sehingga dapat menghasilkan energi yang tinggi.

5. Apakah mesin pelet sederhana lebih murah daripada mesin pelet yang sudah jadi?

Mesin pelet sederhana lebih murah daripada mesin pelet yang sudah jadi karena menggunakan bahan-bahan bekas yang mudah didapatkan. Selain itu, Sobat Sederhana juga dapat mensesuaikan mesin pelet sederhana dengan kebutuhan produksi pelet yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Saringan Air Sederhana

9. Perawatan Mesin Pelet

Agar mesin pelet dapat bekerja dengan baik dan awet, Sobat Sederhana perlu melakukan perawatan secara berkala. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan mesin pelet antara lain:

  1. Bersihkan mesin pelet dari debu dan kotoran setelah digunakan.
  2. Pastikan sistem pengumpanan dan silinder bebas dari bahan baku yang menempel.
  3. Periksa bearing, roda gigi, dan roller secara berkala untuk memastikan masih berfungsi dengan baik.
  4. Periksa kabel dan motor listrik untuk memastikan tidak ada kerusakan atau konsleting.

10. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara membuat mesin pelet sederhana yang dapat dibuat sendiri dengan mudah. Mesin pelet sederhana dapat dijadikan alternatif bagi Sobat Sederhana yang ingin memulai bisnis pembuatan pelet.

Dalam pembuatan mesin pelet sederhana, kita membutuhkan bahan-bahan bekas yang mudah didapatkan dan peralatan sederhana. Selain itu, Sobat Sederhana juga perlu memahami prinsip kerja mesin pelet dan melakukan perawatan secara berkala agar mesin pelet dapat bekerja dengan baik dan awet.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Mesin Pelet Sederhana