Cara Membuat Donat Biasa Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu suka donat? Mungkin kamu sudah sering membeli donat di toko kue atau di gerai donat terkenal. Namun, bagaimana jika kamu bisa membuat donat sendiri di rumah? Selain lebih murah, kamu juga bisa menambahkan berbagai topping sesuai selera. Di artikel ini, kami akan memberikan cara membuat donat biasa sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Yuk, simak!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Gula pasir
100 gram
Ragi instan
11 gram
Mentega
100 gram
Susu cair
200 ml
Telur
2 butir
Garam
1/2 sendok teh
Minyak goreng
Secukupnya

Pastikan bahan-bahan tersebut telah tersedia dan siap digunakan. Selanjutnya, mari kita mulai membuat donat.

Langkah-Langkah

1. Campur Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

2. Tambahkan Bahan Basah

Selanjutnya, tambahkan susu cair dan telur ke dalam campuran tepung tadi. Aduk dengan whisker atau mixer hingga tercampur merata.

3. Tambahkan Mentega

Tambahkan mentega leleh ke dalam adonan dan uleni hingga kalis. Jika adonan terlalu lengket, kamu bisa menambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga tidak lengket lagi.

4. Diamkan Adonan

Diamkan adonan selama 1 jam hingga mengembang dua kali lipat. Tutup adonan dengan kain bersih agar tidak terkena udara langsung.

5. Bentuk Donat

Kempiskan adonan dengan menggunakan tangan. Giling adonan dengan rolling pin hingga tebal 1 cm. Gunakan cetakan donat atau gelas untuk memotong adonan menjadi bentuk lingkaran. Buat lubang di tengah-tengahnya dengan menggunakan gumpalan kertas atau sedotan. Diamkan selama 20-30 menit hingga mengembang kembali.

TRENDING 🔥  Cara Membuat IoT Sederhana

6. Goreng Donat

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng donat satu persatu hingga coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

FAQ

1. Bolehkah Menggunakan Ragi Biasa?

Tidak disarankan untuk menggunakan ragi biasa karena akan mempengaruhi kualitas donat yang dihasilkan. Ragi instan lebih mudah larut dan cepat mengembangkan adonan.

2. Bagaimana Jika Tidak Punya Mixer?

Kamu bisa mengaduk adonan dengan tangan atau menggunakan whisker. Namun, proses menguleni adonan mungkin membutuhkan sedikit waktu dan tenaga lebih.

3. Berapa Lama Donat Harus Diamkan?

Donat harus diamkan selama 1 jam hingga mengembang dua kali lipat. Diamkan dengan tutup agar tidak terkena udara langsung.

4. Adakah Alternatif Bahan Pengganti Susu Cair?

Kamu bisa menggunakan air atau susu bubuk yang telah dilarutkan sebagai pengganti susu cair.

5. Apakah Donat Bisa Disimpan di Kulkas?

Donat bisa disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan donat dalam kondisi tertutup rapat agar tidak terkena udara langsung.

Kesimpulan

Itulah cara membuat donat biasa sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Ingat untuk menyiapkan semua bahan dengan baik dan mengikuti langkah-langkah dengan seksama. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Donat Biasa Sederhana