Cara Membuat Martabak Mini Sederhana di Rumah untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan martabak mini? Makanan yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang, terutama di Indonesia. Ada berbagai macam varian rasa yang bisa kamu coba, mulai dari rasa coklat, keju, kacang, hingga sosis. Tapi, kadang-kadang kita kesulitan mencari martabak mini yang enak di sekitar kita atau terdapat bahan kimia tertentu di dalamnya. Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat martabak mini sederhana tapi enak di rumah. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini!

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat martabak mini, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini daftar bahan yang perlu kamu persiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
100 gram
Ragi instan
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh
Air hangat
250 ml
Kacang tanah, sangrai dan haluskan
100 gram
Keju, parut halus
100 gram
Telur ayam
2 butir
Margarin, cairkan
75 gram

Setelah semua bahan siap, maka kamu bisa memulai langkah-langkah membuat martabak mini di rumah.

Cara Membuat

1. Membuat adonan martabak mini

Pertama-tama, siapkan sebuah wadah dan campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam. Aduk rata semua bahan tersebut. Kemudian, tuang air hangat sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur dan membentuk adonan yang kalis. Setelah itu, tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 15-20 menit untuk proses pengembangan adonan.

2. Membuat isian martabak mini

Selagi menunggu adonan mengembang, kamu bisa mempersiapkan isian untuk martabak mini. Ada dua jenis isian yang akan kita buat, yakni kacang dan keju. Pertama, siapkan kacang tanah yang telah disangrai dan haluskan. Kemudian, campurkan kacang tanah yang telah halus dengan sedikit gula pasir agar rasanya lebih manis. Sisihkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tempat Pabrik Tahu Sederhana

Selanjutnya, siapkan keju yang telah diparut halus. Sisihkan.

3. Menggoreng martabak mini

Setelah adonan telah mengembang, kamu bisa mempersiapkan alat penggorengan. Siapkan wajan datar anti lengket dan panaskan di atas kompor dengan api kecil. Oleskan margarin di seluruh bagian wajan.

Ambil sejumput adonan dan pipihkan dengan tangan hingga setebal 1/4 cm. Letakkan di atas wajan yang telah panas dan beri isian kacang tanah atau keju di atasnya. Lipat adonan dan tekan-tekan dengan spatula agar isian terdistribusi merata di dalam adonan. Goreng hingga kedua sisinya berwarna kecoklatan.

Ulangi langkah tersebut hingga semua adonan habis. Setelah selesai, angkat martabak mini dan tiriskan.

FAQ

1. Apa yang perlu dilakukan jika adonan terlalu kalis?

Jika adonan terlalu kalis, kamu bisa menambahkan air sedikit-sedikit hingga adonan tercampur dan membentuk adonan yang lembut dan elastis. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan air karena nantinya adonan akan sulit diadon.

2. Apa yang perlu dilakukan jika martabak mini tidak mengembang?

Jika adonan tidak mengembang, kemungkinan besar ragi instan yang kamu gunakan sudah kadaluwarsa atau tidak cukup. Pastikan ragi instan yang kamu gunakan masih dalam masa kadaluwarsa dan jumlahnya cukup agar adonan bisa mengembang dengan baik.

3. Bisa tidak menggunakan ragi instan untuk membuat martabak mini?

Bisa. Namun, kamu harus menambahkan baking powder atau soda kue agar adonan bisa mengembang dengan baik.

4. Apa yang perlu dilakukan jika martabak mini tidak enak?

Jika martabak mini tidak enak, coba cek kembali bahan-bahan yang digunakan. Pastikan bahan yang digunakan masih segar dan dalam kondisi baik. Selain itu, pastikan juga proses penggorengan dilakukan dengan benar dan tepat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Neraca Keuangan Sederhana

Kesimpulan

Itulah cara membuat martabak mini sederhana tapi enak di rumah. Dengan resep di atas, kamu bisa membuat martabak mini yang lezat dan sehat tanpa harus khawatir dengan bahan-bahan kimia. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Martabak Mini Sederhana di Rumah untuk Sobat Sederhana