Cara Membuat Macaroni Schotel Kukus Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat macaroni schotel kukus sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Macaroni schotel kukus adalah salah satu hidangan yang mudah dibuat, cocok untuk menu sarapan atau makan malam, dan pastinya enak untuk disantap bersama keluarga atau teman-teman.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat macaroni schotel kukus sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Macaroni
250 gram
Ayam fillet
150 gram
Saus tomat
2 sendok makan
Keju cheddar parut
100 gram
Tepung terigu
2 sendok makan
Susu cair full cream
200 ml
Minyak goreng
secukupnya
Garam dan merica
secukupnya
Daun bawang
secukupnya

Pastikan semua bahan sudah tersedia dan siap digunakan sebelum memulai proses pembuatan macaroni schotel kukus sederhana.

Langkah-langkah Membuat Macaroni Schotel Kukus Sederhana

1. Rebus Macaroni

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus macaroni hingga matang. Caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Masukkan air ke dalam panci dan tunggu hingga air mendidih.
  2. Masukkan macaroni yang sudah dicuci bersih ke dalam panci yang berisi air mendidih.
  3. Tambahkan sedikit garam dan minyak goreng agar macaroni tidak lengket.
  4. Masak macaroni hingga empuk, kemudian angkat dan tiriskan.

2. Potong Ayam Fillet

Selanjutnya, potong ayam fillet menjadi ukuran kecil-kecil. Hal ini bertujuan agar ayam bisa matang dengan sempurna saat dipanggang bersama macaroni schotel.

3. Tumis Ayam Fillet dengan Saus Tomat

Tumis ayam fillet dengan sedikit minyak goreng hingga berubah warna. Kemudian, tambahkan saus tomat dan tumis hingga bumbu meresap dan ayam matang. Angkat dan sisihkan.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Ayunan Sederhana

4. Buat Saus Keju

Buat saus keju dengan cara melelehkan keju cheddar parut dan susu cair full cream di atas api kecil. Aduk hingga keju benar-benar meleleh dan campuran menjadi kental. Kemudian, tambahkan tepung terigu dan aduk hingga rata. Angkat dan sisihkan.

5. Gabungkan Semua Bahan

Gabungkan macaroni, ayam fillet, daun bawang, dan saus keju dalam wadah yang sudah dilumuri minyak goreng. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

6. Panggang dalam Loyang

Tuang campuran macaroni schotel kukus sederhana ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti atau dilumuri minyak goreng. Ratakan permukaan dengan sendok supaya masak merata.

7. Kukus Macaroni Schotel

Kukus macaroni schotel kukus sederhana selama kurang lebih 25-30 menit sampai matang. Cek kekematangan macaroni dengan menusukkan tusuk gigi ke tengah-tengah bagian kue, jika sudah tidak lengket berarti sudah matang.

FAQ

1. Bolehkah Menggunakan Topping Lain Selain Keju Cheddar Parut?

Tentu saja boleh! Kamu bisa menggunakan topping sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing. Beberapa pilihan topping yang cocok untuk macaroni schotel adalah daging cincang, jamur, sosis, atau sayuran seperti wortel dan brokoli.

2. Apakah Bisa Menggunakan Bahan Lain Selain Ayam?

Tentu saja, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti daging sapi atau daging babi sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing. Kamu juga bisa menggunakan seafood seperti udang atau cumi-cumi untuk variasi rasa.

3. Apakah Bisa Menggunakan Oven untuk Membuat Macaroni Schotel Ini?

Tentu saja, kamu bisa menggunakan oven sebagai alternatif. Setelah mencampurkan semua bahan, masukkan ke dalam loyang dan panggang di oven selama 25-30 menit atau hingga matang.

Penutup

Itulah cara membuat macaroni schotel kukus sederhana yang mudah dan enak. Kamu bisa mencoba resep ini di rumah dan menyajikannya bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Preamp Gitar Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Macaroni Schotel Kukus Sederhana