Cara Membuat Lapis Legit Kukus Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabar kalian hari ini? Kali ini kita akan berbicara tentang cara membuat lapis legit kukus yang sederhana dan mudah untuk dilakukan di rumah. Siapa sih yang tidak suka dengan kue lapis legit? Kue tradisional Indonesia yang satu ini memang terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa yang begitu khas. Tidak hanya itu, proses pembuatannya yang memerlukan waktu dan kesabaran juga menambah nilai lebih pada kue ini. Nah, sekarang mari kita belajar cara membuat lapis legit kukus sederhana bersama-sama.

Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan, tentu saja kita perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lapis legit kukus sederhana:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
150 gram
Gula pasir
250 gram
Mentega
250 gram
Telur ayam
10 butir
Santan kental
500 ml
Daun pandan
2 lembar
Garam
1/2 sendok teh
Vanili
1 sendok teh
Pewarna makanan (opsional)
secukupnya

Pastikan semua bahan sudah tersedia dan siap digunakan sebelum memulai proses pembuatan.

Cara Membuat Lapis Legit Kukus Sederhana

1. Siapkan Loyang dan Alat Panggang

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan loyang sebagai wadah untuk memanggang kue lapis legit. Gunakan loyang ukuran 20 x 20 cm dengan permukaan yang rata. Kemudian, olesi permukaan loyang dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu agar kue tidak lengket saat dipanggang.

Selain itu, siapkan juga alat untuk mengukur suhu seperti oven thermometer atau termometer daging untuk memastikan suhu oven saat memanggang.

2. Campurkan Tepung Terigu dan Garam

Campurkan tepung terigu dan garam dalam satu wadah dan aduk hingga rata. Sisihkan campuran tepung terigu ini untuk digunakan nanti.

TRENDING 🔥  Cara Masak Cumi yang Enak dan Sederhana

3. Kocok Telur dan Gula Pasir

Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna pucat. Kira-kira butuh waktu sekitar 10-15 menit untuk mencapai konsistensi yang tepat. Pastikan kocokan telur dan gula pasir sudah cukup mengembang dan kental sebelum melanjutkan proses pembuatan kue.

4. Masukkan Tepung Terigu ke dalam Adonan Telur

Tuangkan campuran tepung terigu yang sudah disiapkan tadi ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk rata menggunakan spatula atau mixer dengan kecepatan rendah. Pastikan tidak ada gumpalan tepung yang terbentuk dalam adonan.

5. Tambahkan Santan Cair

Tuangkan santan cair ke dalam adonan dan aduk rata. Jangan terlalu banyak mengaduk agar santan tidak pecah dan tidak membuat adonan terlalu encer. Sisihkan adonan ini untuk digunakan nanti.

6. Siapkan Mentega dan Daun Pandan

Potong mentega menjadi kecil-kecil dan siapkan daun pandan. Kemudian, panaskan mentega bersama daun pandan hingga meleleh dan daun pandan layu. Setelah itu, saring campuran mentega dan daun pandan untuk memisahkan daun pandan dari mentega cair.

7. Masukkan Mentega Cair ke dalam Adonan

Tuangkan mentega cair ke dalam adonan dan aduk rata menggunakan spatula atau mixer dengan kecepatan rendah. Jangan terlalu banyak mengaduk agar mentega tidak pecah dan membuat adonan terlalu encer. Sisihkan adonan ini untuk digunakan nanti.

8. Tambahkan Pewarna Makanan (Opsional)

Jika ingin memberikan warna pada kue lapis legit, tambahkan pewarna makanan secukupnya ke dalam adonan dan aduk rata.

9. Panaskan Oven

Panaskan oven sampai mencapai suhu 180 derajat Celsius.

10. Tuang Adonan ke dalam Loyang

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Pastikan permukaan adonan rata dan tidak ada gelembung udara yang terperangkap di dalamnya.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Sederhana Kajang Padati

11. Panggang Adonan Pertama

Panggang adonan pertama di dalam oven selama sekitar 15 menit atau sampai permukaannya mengeras. Kemudian, keluarkan adonan dari oven dan berikan satu lapis mentega cair di atas permukaan adonan menggunakan kuas atau sapu tangan bersih.

12. Panggang Adonan Kedua

Tuangkan adonan kedua di atas adonan pertama yang sudah dipanggang dan diolesi dengan mentega. Panggang di dalam oven selama sekitar 15 menit atau sampai permukaannya mengeras. Kemudian, keluarkan adonan dari oven dan berikan satu lapis mentega cair di atas permukaan adonan menggunakan kuas atau sapu tangan bersih.

13. Ulangi Proses Panggang hingga Adonan Habis

Ulangi proses panggang adonan hingga adonan habis dan lapisan kue mencapai tinggi yang diinginkan. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk membuat kue lapis legit kukus yang tinggi. Pastikan setiap lapisan kue sudah cukup matang sebelum menambahkan lapisan selanjutnya.

14. Dinginkan Kue di Dalam Loyang

Dinginkan kue di dalam loyang selama kurang lebih 30 menit sebelum dipotong-potong. Hal ini dilakukan agar kue dapat mengeras dan tidak mudah patah saat dipotong.

15. Keluarkan Kue dari Loyang

Keluarkan kue dari loyang dan potong sesuai dengan selera. Biasanya kue lapis legit kukus dipotong dengan ukuran sekitar 3 x 3 cm untuk mendapatkan hasil yang lebih cantik.

FAQ

Q: Apakah lapis legit kukus harus dipanggang menggunakan oven?

A: Ya, untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan mengembang, kue lapis legit kukus harus dipanggang menggunakan oven.

Q: Apakah santan kental dapat diganti dengan santan encer?

A: Tidak sebaiknya. Penggunaan santan encer dapat membuat kue menjadi lebih kasar dan tidak lembut.

Q: Apa yang harus dilakukan jika kue lapis legit kukus tidak mengembang?

A: Kemungkinan adonan yang terlalu encer atau telur yang tidak dikocok dengan cukup lama. Pastikan mengaduk adonan dengan benar dan kocok telur secara intens hingga mengembang dan berwarna pucat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lip Balm Sederhana untuk Sobat Sederhana

Q: Berapa lama bisa disimpan kue lapis legit kukus?

A: Kue lapis legit kukus dapat disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari atau di dalam wadah tertutup rapat di suhu ruangan selama 1-2 hari.

Kesimpulan

Itulah cara membuat lapis legit kukus sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama dan kesabaran, tapi hasilnya pasti akan membuat semua usaha terbayar. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi dengan teman-teman ya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Lapis Legit Kukus Sederhana