Cara Memakai Hijab Segi Empat yang Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagi sebagian wanita muslimah, menggunakan hijab segi empat menjadi pilihan yang tepat untuk menutup aurat mereka. Selain itu, hijab segi empat juga memberikan kesan simpel dan mudah untuk digunakan sehari-hari.

1. Pilih Bahan yang Nyaman Dipakai

Sebelum memulai cara memakai hijab segi empat yang sederhana, pertama-tama kamu harus memilih bahan hijab yang nyaman dipakai. Pilihlah bahan yang ringan, tidak terlalu tebal, dan tidak mudah melorot. Sehingga kamu bisa beraktivitas dengan nyaman.

Selain itu, kamu juga bisa memilih hijab yang memiliki warna-warna cerah agar terlihat lebih ceria dalam beraktivitas sehari-hari.

2. Lipat Hijab Menjadi Segitiga

Langkah selanjutnya adalah melipat hijab menjadi segitiga. Letakkan hijab di atas kepala kamu dengan sisi panjang menghadap ke bawah dan kedua sisi pendek berada di samping kepala kamu.

Kemudian, ambil ujung sisi pendek hijab dan ikatkan di bawah dagu kamu. Pastikan hijab tidak terlalu ketat atau terlalu longgar untuk kenyamanan kamu dalam bergerak.

3. Pangkas Ujung Hijab

Setelah mengikat hijab di bawah dagu kamu, kamu harus memotong ujung hijab yang masih terlalu panjang. Gunakan gunting yang bersih dan tajam untuk memotong hijab sesuai dengan panjang yang diinginkan.

4. Letakkan Hijab Di Atas Kepala

Setelah memotong ujung hijab, kini saatnya untuk meletakkan hijab di atas kepala kamu. Pastikan hijab sudah rapi dan menutupi seluruh kepala dan leher kamu.

Untuk membuat hijab lebih rapi, kamu bisa memperbaiki bagian yang terlipat dengan menggunakan jari atau sisir rambut. Usahakan hijab tidak terlalu ketat atau terlalu longgar.

5. Ciptakan Tampilan yang Berbeda

Jika kamu bosan dengan tampilan hijab yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba variasi tampilan hijab segi empat dengan menambahkan aksesoris atau memadukannya dengan busana yang berbeda.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Cake Coklat Sederhana

Contohnya, kamu bisa menambahkan bros atau bandana pada hijab segi empat yang kamu kenakan. Atau, kamu bisa memadukannya dengan busana yang memiliki warna yang senada dan menciptakan tampilan yang berbeda dari biasanya.

FAQ Cara Memakai Hijab Segi Empat yang Sederhana

No.
Pertanyaan
Jawaban
1
Bolehkah menggunakan hijab segi empat untuk acara formal?
Tentu saja, hijab segi empat bisa dijadikan alternatif untuk acara formal jika kamu memilih bahan yang berkualitas dan memadukannya dengan busana yang cocok.
2
Bagaimana cara melipat hijab segi empat yang benar?
Pertama, lipat hijab menjadi segitiga. Kemudian, ikatkan ujung sisi pendek hijab di bawah dagu kamu. Setelah itu, letakkan hijab di atas kepala kamu dan perbaiki bagian yang terlipat dengan menggunakan jari atau sisir rambut.
3
Apakah hijab segi empat cocok digunakan oleh wanita yang berwajah bulat?
Tentu saja, hijab segi empat bisa menjadi opsi yang tepat untuk memperindah wajah dan menutupi aurat bagi wanita yang berwajah bulat.

6. Variasi Hijab Segi Empat yang Bisa Kamu Coba

Agar penampilan kamu tidak terlihat monoton, kamu bisa mencoba variasi hijab segi empat berikut ini:

6.1. Hijab Segi Empat dengan Aksen Kerudung

Tambahkan aksen kerudung pada hijab segi empat kamu untuk mempercantik tampilanmu. Kamu bisa memilih aksen seperti bunga, kancing, atau hiasan lainnya sesuai dengan kesukaanmu.

6.2. Hijab Segi Empat dengan Pashmina

Kamu bisa memadukan hijab segi empat dengan pashmina untuk menambah kesan elegan dan formal pada penampilanmu. Pastikan kamu memilih warna yang senada untuk membuat tampilanmu semakin harmonis.

6.3. Hijab Segi Empat dengan Aksen Khimar

Ciptakan tampilan hijab segi empat yang berbeda dengan menambahkan aksen khimar. Kamu bisa memilih aksen khimar yang berbentuk hiasan di bagian ujung hijab atau menambahkan khimar yang dapat menutup dada kamu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Slideshow Sederhana Ada Tombol Klik Dengan CSS3

6.4. Hijab Segi Empat dengan Layered Shawl

Layered shawl bisa menjadi alternatif variasi hijab segi empat kamu. Ciptakan tampilan yang elegan dengan memadukan hijab segi empat dengan shawl yang dilapis.

6.5. Hijab Segi Empat dengan Headpiece

Tingkatkan kesan feminin pada tampilan hijab segi empatmu dengan menambahkan headpiece yang cantik. Kamu bisa memilih headpiece yang berbentuk bunga, renda, atau hiasan lainnya sesuai dengan selera kamu.

7. Tips Memakai Hijab Segi Empat yang Sederhana

Berikut adalah beberapa tips memakai hijab segi empat yang sederhana dan mudah dilakukan, terutama bagi pemula:

7.1. Gunakan Bandana

Gunakan bandana pada bagian kepala kamu sebelum memakai hijab. Hal ini akan membantu hijab lebih mudah dikenakan dan tidak terlepas dari kepala kamu.

7.2. Pilih Bahan yang Sesuai

Pilih bahan hijab yang sesuai dengan kepribadianmu dan kegiatan yang akan kamu lakukan. Hindari memilih bahan yang tebal atau kain yang sulit diatur.

7.3. Kenakan Inner

Kenakan inner untuk memperbaiki penampilan hijab segi empat kamu. Inner juga bisa membantu hijab lebih mudah dikenakan dan tidak tergeser saat beraktivitas.

7.4. Hindari Memakai Hijab yang Terlalu Kecil

Hindari memakai hijab yang terlalu kecil atau ketat. Hal ini akan membuat kepala kamu terasa tidak nyaman dan sulit bergerak.

7.5. Perbaiki dengan Jari atau Sisir Rambut

Perbaiki hijab yang terlipat dengan jari atau sisir rambut. Hal ini akan membuat hijab lebih rapi dan terlihat menarik.

8. Kesimpulan

Itu tadi beberapa cara memakai hijab segi empat yang sederhana dan mudah dilakukan. Kamu bisa mencoba variasi hijab segi empat agar tampilanmu lebih menarik dan tidak monoton.

Ingatlah untuk memilih bahan hijab yang nyaman dipakai dan tidak terlalu sulit diatur. Perbaiki hijab yang terlipat agar terlihat lebih rapi dengan jari atau sisir rambut.

TRENDING 🔥  Cara Menganalisis Laporan Keuangan Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Memakai Hijab Segi Empat yang Sederhana