Cara Membuat Lampu Tepuk Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Di artikel kali ini, kita akan belajar cara membuat lampu tepuk sederhana yang bisa membuat ruanganmu semakin cantik dan ramah lingkungan. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang simpel, kamu bisa membuat lampu tepuk ini sendiri di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Menyiapkan Bahan-bahan

Sebelum memulai proses pembuatan, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, yaitu:

Nama Bahan
Jumlah
Lembaran Kertas Warna-warni
3 lembar
Lampu LED
1 buah
Baterai 9 Volt
1 buah
Karet Gelang
2 buah
Kawat
1 meter
Isolasi Tape
secukupnya

Pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan di atas sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Membuat Pola Kertas

Langkah pertama dalam membuat lampu tepuk sederhana adalah membuat pola kertas yang nantinya akan menjadi bahan dasar lampu. Berikut ini cara membuat pola kertas:

  1. Ambil selembar kertas warna dan lipat menjadi dua.
  2. Lipat kembali kertas menjadi dua sehingga membentuk segitiga.
  3. Lipat kedua sisi kiri dan kanan segitiga ke arah atas hingga membentuk pola seperti gambar di bawah ini.

Ulangi langkah tersebut untuk dua lembar kertas warna lainnya.

3. Menyambung Kertas

Setelah memiliki tiga pola kertas, langkah selanjutnya adalah menyambung ketiga pola kertas tersebut dengan menggunakan isolasi tape. Caranya sebagai berikut:

  1. Letakkan salah satu pola kertas di atas meja.
  2. Tempelkan isolasi tape di kedua sisi kertas pada bagian atas, tengah, dan bawah pola tersebut.
  3. Letakkan pola kertas kedua di atas pola pertama dan tempelkan dengan menggunakan isolasi tape seperti langkah sebelumnya.
  4. Ulangi proses ini untuk pola ketiga hingga ketiga pola kertas tersebut terhubung dalam satu garis lurus.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Sabun Cuci Motor Herbal Sederhana

4. Memasang Lampu LED

Setelah kertas terhubung, langkah selanjutnya adalah memasang lampu LED pada bagian tengah-tengah pola kertas. Berikut ini cara memasang lampu LED:

  1. Potong kawat sepanjang 20 cm.
  2. Sambungkan salah satu ujung kawat ke kaki positif lampu LED dan ujung lainnya ke salah satu kutub baterai 9 Volt dengan menggunakan karet gelang.
  3. Sambungkan ujung lain dari kawat yang sama ke kaki negatif lampu LED dan ujung lainnya ke kutub baterai 9 Volt yang lain dengan menggunakan karet gelang yang sama.
  4. Pasang isolasi tape pada bagian sambungan kabel agar tidak terjadi korsleting.

5. Menguji Lampu

Setelah semua komponen terpasang, langkah selanjutnya adalah menguji apakah lampu tepuk tersebut sudah bisa menyala. Caranya sebagai berikut:

FAQ tentang Cara Membuat Lampu Tepuk Sederhana

1. Bagaimana cara mengganti baterai pada lampu tepuk?

Untuk mengganti baterai pada lampu tepuk, kamu perlu membuka isolasi tape yang menutupi bagian sambungan kabel dan baterai. Setelah itu, lepaskan karet gelang yang mengikat kabel dan baterai. Ganti baterai yang lama dengan yang baru, lalu ikat kembali kabel dan baterai dengan karet gelang dan tutup dengan isolasi tape.

2. Apa yang harus dilakukan jika lampu tepuk tidak mau menyala?

Jika lampu tepuk tidak mau menyala, pastikan bahwa baterai masih dalam keadaan baik dan kabel terpasang dengan benar. Coba ganti baterai dengan yang baru dan sambungkan kabel ke lampu LED dengan benar. Jika masih tetap tidak menyala, periksa bagian sambungan kabel dan lampu LED yang mungkin rusak atau putus.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kolak Sederhana

3. Apakah lampu tepuk ini bisa digunakan sebagai lampu tidur di kamar?

Lampu tepuk ini memang tidak terlalu terang, sehingga cocok digunakan sebagai lampu tidur di kamar. Namun, jika kamu ingin ruangan terang terang, kamu perlu membuat lebih dari satu lampu tepuk atau menggunakan lampu tambahan lainnya.

Penutup

Itulah cara membuat lampu tepuk sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang simpel, kamu bisa membuat lampu tepuk ini sendiri dan menjadikannya dekorasi ruangan yang cantik dan ramah lingkungan. Jangan lupa untuk mengikuti semuan langkah-langkah dengan teliti dan hati-hati. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Lampu Tepuk Sederhana