Cara Membuat Kue Tart Kukus Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sedang mencari resep kue tart kukus yang sederhana dan mudah dibuat? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Kue tart kukus memang menjadi salah satu kue yang cukup populer di Indonesia. Selain rasanya yang lezat, membuat kue tart kukus juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga atau teman-teman.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan kue tart kukus, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar bahan yang perlu kamu persiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
150 gram
Telur
4 butir
Margarin
100 gram
Susu cair
100 ml
Vanili
1 sendok teh
Baking powder
1 sendok teh
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan benar agar nantinya proses pembuatan kue tart kukus berjalan dengan lancar.

Langkah-Langkah Membuat Kue Tart Kukus Sederhana

Langkah 1: Siapkan Loyang

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan loyang untuk memanggang kue tart kukus. Kamu bisa menggunakan loyang bundar dengan diameter sekitar 20 cm. Olesi loyang dengan mentega dan taburi tepung terigu agar kue tidak lengket saat dipanggang.

Langkah 2: Kocok Telur dan Gula Pasir

Langkah selanjutnya adalah kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi. Kocok hingga telur dan gula pasir tercampur rata dan adonan mengembang.

Langkah 3: Tambahkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Selanjutnya, tambahkan tepung terigu dan baking powder ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Target Panahan Sederhana

Langkah 4: Masukkan Margarin Cair

Setelah adonan tepung terigu tercampur rata, masukkan margarin yang sudah dicairkan dan aduk kembali hingga tercampur rata.

Langkah 5: Tambahkan Susu Cair dan Vanili

Langkah terakhir adalah menambahkan susu cair dan vanili ke dalam adonan. Aduk kembali hingga tercampur rata.

Cara Memanggang Kue Tart Kukus

Langkah 1: Tuang Adonan ke Loyang

Setelah adonan kue tart kukus sudah siap, tuang ke dalam loyang yang sudah disiapkan sebelumnya.

Langkah 2: Panaskan Air

Siapkan panci atau wadah yang lebih besar dari loyang. Masukkan air ke dalamnya dan panaskan hingga mendidih.

Langkah 3: Panggang Kue Tart Kukus

Ketika air sudah mendidih, masukkan loyang berisi adonan kue tart kukus ke dalam panci atau wadah yang berisi air tadi. Tutupi loyang dengan alumunium foil agar uap air tidak masuk ke dalam adonan kue. Panggang kue selama sekitar 30-40 menit.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bolehkah Menggunakan Pewarna Makanan?

Tentu saja. Penggunaan pewarna makanan pada kue adalah hal yang biasa dilakukan untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

2. Apakah Harus Menggunakan Mixer?

Tidak harus. Kamu juga bisa menggunakan whisk atau garpu untuk mengocok telur dan gula pasir. Namun, menggunakan mixer akan membuat adonan lebih cepat mengembang.

3. Berapa Lama Kue Harus Dikukus?

Kue tart kukus biasanya membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit untuk matang. Namun, waktu pengukusan dapat bervariasi tergantung pada ukuran loyang dan panjangnya waktu pengukusan.

4. Bagaimana Mencegah Kue Tidak Lengket pada Loyoang?

Untuk mencegah kue lengket pada loyang, kamu bisa mengolesi loyang dengan mentega dan menaburi tepung terigu setelahnya. Selain itu, pastikan loyang yang digunakan tidak terlalu besar atau terlalu kecil untuk ukuran adonan.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Perangkap Nyamuk Sederhana

5. Bagaimana Mengetahui Kue Sudah Matang?

Untuk mengetahui kue tart kukus sudah matang atau tidak, kamu bisa menggunakan tusuk gigi. Tusuk kue dengan tusuk gigi, jika tidak ada adonan yang menempel berarti kue sudah matang dan siap diangkat.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat kue tart kukus sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Ingat, yang penting dalam memasak adalah kesabaran dan kecintaan pada masakan. Jadi, jangan takut untuk mencoba dan bereksperimen dengan resep ini. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Kue Tart Kukus Sederhana