Cara Membuat Krim Kue Sederhana untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka kue? Kue memang menjadi camilan favorit yang selalu dinanti-nanti. Terlebih lagi jika kue tersebut disajikan dengan taburan krim yang lezat. Namun, seringkali membuat krim kue terasa sangat rumit dan sulit. Nah, kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat krim kue sederhana yang mudah diikuti. Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat krim kue, tentunya harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut daftar bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Susu cair full cream
300 ml
Gula pasir
100 gram
Maizena
2 sendok makan
Kuning telur
2 butir
Vanili bubuk
1/4 sendok teh

Langkah-langkah membuat krim kue

1. Campurkan susu cair dan gula pasir

Pertama-tama, campurkan susu cair full cream dan gula pasir ke dalam panci. Aduk hingga gula larut sepenuhnya.

2. Tambahkan maizena

Tambahkan maizena ke dalam campuran susu dan gula yang sudah disiapkan. Aduk hingga rata dan tidak ada gumpalan.

3. Masak campuran di atas api kecil

Panaskan campuran di atas api kecil sambil terus diaduk. Hal ini dilakukan agar krim kue tidak menggumpal. Terus aduk hingga krim kue mengental dan melekat pada sendok.

4. Tambahkan kuning telur dan vanili bubuk

Setelah krim kue mengental, tambahkan kuning telur dan vanili bubuk. Aduk hingga rata dan krim kue siap disajikan.

Tips membuat krim kue

1. Gunakan api kecil

Jangan menggunakan api besar saat memasak krim kue agar tidak cepat gosong. Gunakan api kecil dan aduk terus agar krim tidak menggumpal.

2. Tambahkan kuning telur setelah krim kue mengental

Jangan menambahkan kuning telur sebelum krim kue mengental. Hal ini dapat menyebabkan kuning telur menggumpal dan krim kue tidak lembut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Filter Aquascape Sederhana

3. Aduk terus selama memasak

Jangan pernah berhenti mengaduk saat memasak krim kue. Hal ini dilakukan agar krim kue tidak menempel pada dasar panci dan menggumpal.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang membuat krim kue menggumpal?

Krim kue cenderung menggumpal jika asupan panas terlalu tinggi saat memasak, atau jika terlalu banyak bahan pengental yang digunakan. Aduk terus selama memasak agar krim kue tidak menggumpal.

2. Apakah krim kue bisa disimpan di dalam kulkas?

Tentu saja bisa. Setelah krim kue dingin, simpan di dalam kulkas agar tahan lebih lama. Krim kue bisa bertahan hingga 3-4 hari di dalam kulkas.

3. Bisakah krim kue dibuat tanpa kuning telur?

Bisa. Jika Sobat Sederhana tidak suka kuning telur, bisa menggantinya dengan tepung maizena yang lebih banyak. Namun, warna dan tekstur krim kue akan berbeda dengan yang menggunakan kuning telur.

Kesimpulan

Nah, itu dia tutorial cara membuat krim kue sederhana yang mudah diikuti. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, Sobat Sederhana bisa membuat krim kue sendiri di rumah. Jangan lupa untuk mengikuti tips yang sudah disampaikan agar krim kue tidak menggumpal dan enak disantap. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Krim Kue Sederhana untuk Sobat Sederhana