Cara Membuat Kran Shower Sederhana untuk Sobat Sederhana

Merupakan keinginan bagi semua orang untuk memiliki kamar mandi yang nyaman dan terlihat bagus. Salah satu hal yang bisa membuat kamar mandi terlihat lebih menarik adalah dengan menggunakan kran shower yang baik. Namun, terkadang kran shower yang dijual di pasaran relatif mahal dan terkesan mewah. Padahal, sebenarnya kran shower bisa dibuat secara sederhana dan murah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara membuat kran shower sederhana untuk Sobat Sederhana.

Berikut adalah Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kran shower, ada beberapa bahan dan alat yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
– Pipa PVC
– Gunting Pipa
– Selang Air
– Tang
– Kran Taman
– Mesin Bor
– Selang Shower
– Obeng Set
– Perekat Pipa
– Gergaji Besi
– Lakban
– Bor Khusus Kaca

Langkah-Langkah Pembuatan Kran Shower Sederhana

Langkah 1: Persiapkan Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kran shower sederhana, pastikan bahwa semua alat dan bahan yang diperlukan sudah siap digunakan. Pastikan juga bahwa kerja Anda akan dilakukan di tempat yang aman dan terlindungi dari risiko kecelakaan.

Langkah 2: Potong Pipa PVC

Potong pipa PVC dengan ukuran sekitar 20 sentimeter. Pastikan bahwa potongan pipa yang dihasilkan memiliki ukuran yang sama.

Langkah 3: Bor Pipa PVC

Bor lubang kecil pada pipa PVC yang sudah dipotong sebelumnya. Pastikan bahwa lubang yang dibuat berada di atas pipa dan sejajar dengan rata-rata diameter pipa tersebut. Lubang ini akan berfungsi sebagai outlet air.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sup Daging Sapi Sederhana

Langkah 4: Siapkan Kran Taman

Siapkan kran taman yang sudah Anda beli sebelumnya dan buka bagian atasnya. Kemudian, lepaskan bagian dalam kran tersebut dan bersihkan dari kotoran dan kerak yang menempel.

Langkah 5: Potong Selang Shower

Potong selang shower dengan ukuran yang Anda inginkan. Pastikan bahwa selang yang sudah dipotong memiliki ukuran yang cukup untuk mencapai tubuh Anda ketika mandi.

Langkah 6: Sambungkan Selang Shower dengan Kran Taman

Sambungkan selang shower yang sudah dipotong dengan kran taman. Gunakan obeng set untuk merapatkan koneksi tersebut secara lebih baik.

Langkah 7: Pasang Pipa PVC

Pasang pipa PVC yang sudah dipotong dan dibor ke bagian bawah kran taman. Pastikan bahwa lubang pipa PVC yang sudah dibor sejajar dengan keluaran air dari kran taman.

Langkah 8: Rekatkan Pipa PVC

Rekatkan pipa PVC yang sudah dipasang ke bagian bawah kran taman dengan menggunakan perekat pipa. Pastikan bahwa pipa PVC dan kran taman terhubung dengan baik.

Langkah 9: Sambungkan Selang Air dengan Kran Taman

Sambungkan selang air ke bagian atas kran taman. Gunakan tang untuk merapatkan koneksi tersebut secara lebih kuat.

Langkah 10: Pasang Lakban

Pasang lakban pada bagian yang sudah di sambungkan antara selang air dengan kran taman. Sehingga tidak ada air yang merembes keluar dari celah pada sambungan tersebut.

Langkah 11: Uji Coba Kran Shower Sederhana yang Telah Dibuat

Siapkan ember kecil dan pasang kran shower sederhana yang sudah Anda buat pada ujung selangnya. Kemudian, nyalakan air dan uji coba apakah kran shower sederhana Anda berfungsi dengan baik. Jika semuanya berjalan dengan baik, maka kran shower sederhana siap digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tahu Sederhana

FAQ

1. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat kran shower sederhana?

Biaya yang diperlukan untuk membuat kran shower sederhana relatif murah. Anda hanya perlu membeli beberapa bahan seperti pipa PVC, selang air, kran taman, dan selang shower. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat kran shower sederhana tersebut sekitar 50 ribu hingga 100 ribu rupiah.

2. Apakah kran shower sederhana dapat bertahan lama?

Jika kran shower sederhana dibuat dengan benar dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas, maka kran shower sederhana tersebut dapat bertahan lama. Namun, pastikan Anda merawat kran shower sederhana tersebut dengan baik agar tidak cepat rusak.

3. Apakah kran shower sederhana mudah dibongkar pasang?

Ya, kran shower sederhana mudah dibongkar pasang. Anda hanya perlu membuka sambungan selang pada kran taman untuk membongkarnya. Kemudian, untuk memasangnya kembali, Anda hanya perlu menyambungkan kembali selang dengan kran taman.

4. Apakah kran shower sederhana akan berdampak pada tekanan air yang dihasilkan?

Tidak, kran shower sederhana tidak akan berdampak pada tekanan air yang dihasilkan. Tekanan air yang dihasilkan tetap sama seperti biasanya. Namun, pastikan bahwa instalasi kran shower sederhana dilakukan secara benar agar tidak terjadi kebocoran atau kerusakan pada pipa dan selang.

5. Apakah kran shower sederhana mudah dibersihkan?

Ya, kran shower sederhana mudah dibersihkan. Anda hanya perlu membersihkan selang shower, kran taman, dan pipa PVC dengan air bersih dan lap kain yang bersih. Selain itu, pastikan bahwa tidak ada kerak atau kotoran yang menempel pada bagian-bagian kran shower sederhana tersebut.

Kesimpulan

Semoga artikel ini bisa membantu Sobat Sederhana dalam membuat kran shower sederhana sendiri. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa memiliki kran shower sederhana yang murah dan mudah dibuat. Selain itu, pastikan untuk merawat kran shower sederhana Anda dengan baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Buat Cas Aki Sederhana untuk Sobat Sederhana

Cara Membuat Kran Shower Sederhana untuk Sobat Sederhana