Cara Membuat Kompor Biogas Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat kompor biogas sederhana. Kompor ini sangat ramah lingkungan dan menghemat biaya bahan bakar karena menggunakan biogas dari kotoran hewan atau limbah dapur sebagai bahan bakarnya. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan kompor biogas sederhana, Sobat Sederhana harus menyiapkan alat dan bahan-bahan berikut:

Alat
Bahan
Wadah limbah atau kotoran hewan
Plat besi tipis
Ember atau baskom
Pipa PVC diameter 3 inci dan 1 inci
Gas regulator
Pipa logam diameter 2 inci dan 0,5 inci
Tabung gas kosong
Valve regulator gas
Obeng dan kunci pas
Silikon atau perekat besi

Setelah semua alat dan bahan tersedia, Sobat Sederhana bisa memulai proses selanjutnya.

2. Membuat Wadah Biogas

Langkah pertama dalam membuat kompor biogas sederhana adalah membuat wadah biogas. Sobat Sederhana bisa menggunakan bahan limbah atau kotoran hewan sebagai bahan baku untuk membuat biogas. Caranya adalah:

2.1. Siapkan Wadah Limbah

Pertama-tama, siapkan wadah limbah atau kotoran hewan yang telah dihancurkan dengan ukuran kecil-kecil. Pastikan wadah tersebut memiliki tutup yang rapat.

2.2. Tambahkan Air dan Starter

Tambahkan air bersih ke dalam wadah limbah atau kotoran hewan tersebut hingga mencapai setengah bagian dari keseluruhan wadah. Setelah itu, tambahkan starter atau bakteri pengurai biogas dengan takaran yang sesuai dengan ukuran wadah.

2.3. Tunggu dan Periksa

Tutup wadah limbah atau kotoran hewan tersebut rapat-rapat dan biarkan selama beberapa hari hingga terjadi proses fermentasi dan menghasilkan gas metana. Sobat Sederhana bisa memeriksa apakah gas metana sudah terbentuk atau belum dengan cara membuka tutup wadah dan mencium bau gas yang dihasilkan.

TRENDING 🔥  Cara Penyederhanaan Bentuk Gambar

2.4. Saring dan Simpan

Jika sudah terbentuk, saring gas metana tersebut dengan kain atau saringan khusus dan simpan di dalam tabung gas kosong. Jangan lupa, pasang valve regulator gas pada tabung gas tersebut agar bisa dihubungkan dengan pipa dari kompor biogas.

3. Membuat Kompor Biogas

Selanjutnya adalah membuat kompor biogas sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

3.1. Buat Rangkaian Pipa, Plat Besi, dan Ember

Bentuk rangkaian pipa dengan diameter 3 inci dan 1 inci seperti pada gambar di bawah ini. Setelah itu, lubangi ember dengan diameter yang sama dengan pipa agar bisa dimasukkan ke dalam ember dan posisikan ember tersebut di atas plat besi tipis.

3.2. Pasang Gas Regulator dan Valve

Pasang gas regulator pada ujung pipa yang besar dan valve regulator pada ujung pipa yang kecil. Pastikan sambungan pipa dan valve rapat dan bisa menahan tekanan gas yang masuk.

3.3. Pasang dan Rekat Pipa Logam pada Plat Besi

Pasang pipa logam diameter 2 inci dan 0,5 inci pada plat besi tipis dengan jarak sesuai dengan jarak pipa pada rangkaian pipa. Setelah itu, rekat pipa logam tersebut pada plat besi dengan silikon atau perekat besi agar tidak mudah lepas atau bergeser.

3.4. Hubungkan Pipa dengan Tabung Gas dan Wadah Biogas

Hubungkan pipa dengan tabung gas dan valve regulator gas pada ujung pipa yang kecil. Setelah itu, hubungkan pipa dengan wadah biogas pada ujung pipa yang besar. Jangan lupa, pasang selang gas pada valve regulator gas untuk mengalirkan gas metana dari tabung gas ke kompor biogas.

3.5. Uji Coba dan Perbaiki

Setelah semua pipa dan sambungan sudah terpasang dengan baik, uji coba kompor biogas tersebut dengan membuka valve regulator gas dan menyalakan api pada plat besi. Jika ada kebocoran atau masalah lainnya, perbaiki sambungan atau pipa yang bocor dan uji coba kembali hingga tidak ada masalah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Puding Coklat Roti Tawar Sederhana

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

4.1. Apakah Biogas Berbau?

Ya, biogas mengeluarkan bau yang khas dan sedikit tidak sedap. Namun, Sobat Sederhana bisa menambahkan pengharum atau aromaterapi ke dalam wadah limbah atau kotoran hewan saat proses fermentasi untuk menghilangkan bau tersebut.

4.2. Berapa Lama Proses Fermentasi?

Proses fermentasi dalam pembuatan biogas membutuhkan waktu yang tidak sebentar, yaitu sekitar 2-4 minggu tergantung pada kondisi lingkungan dan takaran starter yang digunakan.

4.3. Apakah Kompor Biogas Cocok untuk Rumah Tangga?

Ya, kompor biogas sangat cocok untuk digunakan di rumah tangga karena menghemat biaya bahan bakar dan ramah lingkungan. Namun, Sobat Sederhana perlu memperhatikan kebersihan dan kualitas biogas yang dihasilkan agar tidak mengganggu kesehatan penghuni rumah.

5. Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tentang cara membuat kompor biogas sederhana. Selain ramah lingkungan dan menghemat biaya, kompor biogas juga sangat mudah dibuat dan dioperasikan. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan dan kualitas biogas yang dihasilkan agar bisa digunakan dengan aman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kompor Biogas Sederhana