Cara Buat Mesin Jet Sederhana

Hai Sobat Sederhana! Kali ini saya akan memberikan informasi tentang cara membuat mesin jet yang sederhana. Mesin jet sederhana bisa dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan dapat membantu kita memahami prinsip kerja mesin jet. Simak artikel ini sampai selesai ya!

1. Pengertian Mesin Jet

Sebelum kita membuat mesin jet sederhana, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu mesin jet. Mesin jet adalah mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) yang digunakan untuk menghasilkan dorongan untuk mendorong pesawat terbang atau kendaraan lain yang menggunakan prinsip kerja jet. Mesin jet pada umumnya terdiri dari kompresor, pembakar, dan turbin.

Sekarang kita akan membahas lebih lanjut tentang cara membuat mesin jet sederhana.

2. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat mesin jet sederhana, Sobat Sederhana memerlukan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Botol air mineral
1 buah
Pipa PVC
2 meter
Motor DC
1 buah
Baterai 9V
1 buah
Kawat tembaga
50 cm
Sekrup
6 buah
Isolasi elektrik
Secukupnya

3. Cara Membuat Mesin Jet Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat mesin jet sederhana:

3.1. Membuat Kompresor

1. Potong botol air mineral pada bagian tengah.

2. Ambil bagian bawah botol, lubangi bagian tengah dan masukkan pipa PVC di dalamnya. Sekrup pipa PVC pada botol agar tidak mudah lepas.

3. Potong pipa PVC sepanjang 20 cm sebagai saluran masuk udara ke dalam botol. Pasang pipa PVC tersebut pada lubang pipa PVC yang telah dipasang pada botol air mineral.

4. Potong pipa PVC sepanjang 30 cm sebagai saluran keluar udara dari botol. Pasang pipa tersebut pada lubang pipa PVC di bagian atas botol.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Vacuum Kompresor AC

3.2. Membuat Pembakar

1. Potong pipa PVC dengan ukuran sekitar 5 cm sebagai pembakar. Lubangi pipa PVC tersebut pada satu sisi dan masukkan kawat tembaga sebagai elektrode.

2. Pasang pembakar pada ujung pipa PVC yang telah dipasang pada lubang pipa PVC bagian atas pada botol air mineral.

3.3. Membuat Turbin

1. Potong pipa PVC sepanjang 15 cm sebagai turbin. Lubangi pipa PVC tersebut dan masukkan motor DC pada bagian dalamnya. Pasang motor DC pada ujung pipa yang telah dipasang pada lubang pipa PVC bagian bawah pada botol air mineral.

2. Pasang baterai 9V ke motor DC untuk memberikan daya pada mesin jet sederhana.

4. FAQ

4.1. Apa kegunaan dari mesin jet sederhana?

Mesin jet sederhana dapat membantu kita memahami prinsip kerja mesin jet dan dapat digunakan sebagai alat belajar untuk anak-anak.

4.2. Apa yang harus dilakukan jika mesin jet sederhana tidak berfungsi dengan baik?

Periksa kembali setiap bagian pada mesin jet sederhana dan pastikan tidak ada yang terlewat.

5. Kesimpulan

Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, kita dapat membuat mesin jet sederhana sendiri di rumah. Dalam pembuatan mesin jet sederhana ini, Sobat Sederhana dapat memahami prinsip kerja mesin jet dengan lebih baik. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi Sobat Sederhana yang ingin membuat mesin jet sederhana sendiri di rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Buat Mesin Jet Sederhana