Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kolam ikan terpal sederhana. Kolam ikan terpal sering dijadikan sebagai alternatif bagi Sobat Sederhana yang ingin memiliki kolam ikan namun terbatas oleh ketersediaan lahan. Selain itu, kolam ikan terpal juga terbilang lebih murah dan mudah dalam pembuatannya. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

1. Menentukan Lokasi dan Ukuran Kolam Ikan Terpal

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menentukan lokasi dan ukuran kolam ikan terpal yang ingin dibuat. Pilihlah tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung dan jauh dari polusi. Ukuran kolam ikan terpal tergantung pada jumlah dan jenis ikan yang akan ditempatkan di dalamnya. Sebagai gambaran, kolam ikan terpal ukuran 3×3 meter mampu menampung sekitar 500 ekor ikan dengan jenis yang berbeda.

Setelah menentukan ukuran kolam ikan terpal, Sobat Sederhana bisa membuat kerangka atau bingkai dengan menggunakan kayu atau bambu. Buatlah kerangka dengan ukuran yang sama dengan kolam ikan terpal. Setelah itu, Sobat Sederhana dapat menambahkan papan kayu untuk membentuk dudukan kolam pada kerangka tersebut.

2. Memasang Terpal sebagai Lantai Kolam

Setelah kerangka selesai dibuat, Sobat Sederhana bisa mengikatkan terpal pada setiap sisi kerangka kolam ikan. Pastikan terpal terpasang dengan rapi dan tidak ada lipatan yang berlebihan. Terpal yang digunakan sebaiknya memiliki ketebalan minimal 0,5 mm agar tidak mudah sobek dan tahan lama. Selain itu, Sobat Sederhana juga bisa menambahkan batako sebagai dudukan pada terpal agar tidak mudah tergeser.

3. Memasang System Peredam Air

Setelah terpal terpasang, Sobat Sederhana bisa memasang system peredam air agar kolam ikan terpal tidak berlebihan dan air tetap jernih. Caranya dengan memasang pipa PVC atau paralon di bagian bawah kolam yang berfungsi untuk mengalirkan air ke dalam kolam ikan. Setelah itu, tambahkan juga lubang untuk saluran air agar bisa mengalir ke luar kolam.

TRENDING 🔥  Cara Pakai Make up Sederhana

4. Memasang System Filtrasi

Agar air kolam ikan terpal tetap jernih dan bersih, Sobat Sederhana dapat memasang system filtrasi. Cara paling sederhana adalah dengan membuat filter sederhana dari botol plastik bekas. Potong botol plastik menjadi 3 bagian dan masukkan perpaduan koral dan pasir pada bagian atasnya. Setelah itu, masukkan karbon aktif pada bagian tengah dan serat kapas pada bagian bawah. Pasang filter tersebut pada pipa PVC.

5. Menambahkan Aksesoris Kolam Ikan

Setelah semua system terpasang, Sobat Sederhana dapat menambahkan aksesoris kolam ikan terpal seperti aerator dan lampu UV untuk membantu meningkatkan kualitas air kolam. Selain itu, tambahkan juga tanaman air seperti eceng gondok atau kangkung untuk membantu menyerap zat-zat yang berlebih pada air kolam ikan.

FAQ tentang Kolam Ikan Terpal

Tanya
Jawab
1. Berapa biaya pembuatan kolam ikan terpal?
Biaya pembuatan kolam ikan terpal tergantung pada ukuran dan aksesoris yang digunakan. Namun, secara umum biaya pembuatan kolam ikan terpal relatif lebih murah dibandingkan dengan kolam ikan beton.
2. Apa saja jenis ikan yang cocok ditempatkan di dalam kolam ikan terpal?
Berbagai jenis ikan cocok ditempatkan di dalam kolam ikan terpal seperti lele, gurame, nila, dan ikan koi.
3. Apakah perawatan kolam ikan terpal sulit?
Perawatan kolam ikan terpal relatif lebih mudah dibandingkan dengan kolam ikan beton. Cukup melakukan pergantian air secara rutin, membersihkan filter, dan memberi makan ikan dengan benar.
4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan kolam ikan terpal?
Waktu pembuatan kolam ikan terpal tergantung pada ukuran dan tingkat kesulitan pembuatan. Namun, secara umum pembuatan kolam ikan terpal dapat selesai dalam waktu 2-3 hari.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Soto Ayam Sederhana Enak untuk Sobat Sederhana

Kesimpulan

Sobat Sederhana, itulah cara membuat kolam ikan terpal sederhana dan mudah yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Selain lebih murah, kolam ikan terpal juga terbilang praktis dan mudah dalam perawatannya. Dengan kolam ikan terpal, Sobat Sederhana bisa memiliki hobi baru dan menambah keindahan rumah. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Kolam Ikan Terpal Sederhana untuk Sobat Sederhana