Cara Membuat Penyaring Air Sederhana dari Botol

Hai Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat penyaring air sederhana dari botol untuk memenuhi kebutuhan air bersih di rumah. Sebelum kita mulai, mari kita simak dulu mengapa penyaring air sangat penting untuk kesehatan kita.

Kenapa Penyaring Air Sangat Penting?

Penyaring air sangat penting karena terdapat banyak zat berbahaya yang tercampur dalam air misalnya bakteri, virus, kimia, dan logam berat yang dapat merusak kesehatan kita. Saat ini, kadar pencemaran air semakin meningkat sehingga membuat kita perlu untuk memproses air untuk dapat digunakan dengan aman.

Pilihan Penyaring Air yang Tersedia

Ada beberapa pilihan penyaring air yang tersedia di pasaran mulai dari penyaring air yang di pasang di keran, penyaring air dengan sistem reverse osmosis, hingga penyaring air portabel. Namun, menggunakan penyaring air portabel bisa menjadi alternatif yang lebih murah dan praktis dibandingkan dengan jenis lainnya.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat penyaring air sederhana dari botol, Sobat Sederhana membutuhkan beberapa bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Botol plastik bekas
1 buah
Batang penjepit
1 buah
Kain saring
1 lembar
Arang aktif
1 sendok makan
Koral
1 sendok makan

Cara Membuat Penyaring Air Sederhana dari Botol

Langkah 1 – Persiapan Botol

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus mempersiapkan botol plastik bekas. Bersihkan botol plastik tersebut dan buatlah lubang di bagian bawah botol dengan menggunakan gunting atau pisau. Lubang ini akan berfungsi sebagai tempat keluarnya air yang telah disaring.

Langkah 2 – Penambahan Arang Aktif dan Koral

Selanjutnya, masukkan arang aktif dan koral ke dalam botol plastik bekas. Letakan koral di bagian bawah botol dan lapisan arang aktif di atasnya. Arang aktif berfungsi untuk menyerap bau dan rasa air yang tidak sedap dan juga menghilangkan kandungan logam berat. Sementara itu, koral berfungsi untuk menyaring partikel-partikel besar seperti pasir dan tanah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Nastar Sederhana

Langkah 3 – Penambahan Kain Saring

Setelah menambahkan koral dan arang aktif, sobek kain saring menjadi seukuran tutup botol plastik dan letakkan di atas arang aktif. Kain saring ini berguna untuk menyaring partikel-partikel kecil dan membuat air menjadi lebih jernih.

Langkah 4 – Memudahkan Penggunaan dengan Penjepit

Terakhir, untuk memudahkan penggunaan, Sobat Sederhana dapat memasang batang penjepit di bagian botol plastik yang digunakan sebagai tempat minum air. Caranya dengan memotong bagian tengah batang penjepit dan melekatkannya di atas botol plastik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Bagaimana Menjaga Kestabilan Kualitas Air yang Sudah Diproses?

Penyaring air sederhana ini hanya mampu mengatasi masalah dalam air berupa bau, rasa, dan partikel-partikel besar. Namun, jika air berasal dari sumber yang tidak stabil, misalnya dari sumur atau sungai, maka diperlukan pengolahan tambahan. Untuk menjaga kualitas air agar tetap stabil, simpanlah air dalam wadah yang bersih dan tutup rapat. Jangan mengambil air dari sumber yang diragukan kualitasnya.

Apakah Penyaring Air Sederhana ini Efektif untuk Menghilangkan Virus dan Bakteri?

Penyaring air sederhana ini hanya mampu mengatasi masalah dalam air berupa bau, rasa, dan partikel-partikel besar. Namun, untuk menghilangkan virus dan bakteri, dibutuhkan proses penyaringan yang lebih kompleks. Penggunaan penyaring air sederhana ini disarankan hanya untuk air yang sudah relatif bersih.

Berapa Sering Arang Aktif dan Koral Harus Diganti?

Arang aktif sebaiknya diganti setiap 2-3 bulan sekali, sedangkan koral dapat digunakan hingga 6 bulan. Namun, jika air yang diolah sangat kotor, maka perlu dilakukan penggantian lebih sering.

Penutup

Itulah cara membuat penyaring air sederhana dari botol yang dapat kita buat di rumah. Dengan cara ini, Sobat Sederhana dapat memproses air dengan biaya yang lebih murah dan mudah dibandingkan dengan membeli saringan air yang mahal di pasaran. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Menulis Makro Sederhana di Excel

Cara Membuat Penyaring Air Sederhana dari Botol