Cara Membuat Kipas Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kipas sederhana. Kipas merupakan alat yang sangat berguna untuk memberikan udara segar pada ruangan. Namun, terkadang kita sulit menemukan kipas yang sesuai dengan selera dan kantong kita. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan belajar cara membuat kipas sederhana menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

1. Siapkan Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kipas sederhana, pastikan kita sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

Bahan
Jumlah
Kertas karton
1 lembar
Bambu kecil
1 buah
Lem
secukupnya
Pita lembaran
secukupnya
Spidol atau pensil
1 buah

Selain itu, kita juga membutuhkan gunting dan penggaris.

2. Gambar Pola pada Kertas Karton

Setelah semua bahan sudah disiapkan, kita mulai membuat pola pada kertas karton. Caranya adalah dengan menggunakan spidol atau pensil dan penggaris, gambar pola berbentuk lingkaran dengan diameter sekitar 20 cm pada kertas karton. Setelah itu, buatlah 5 buah segitiga sama sisi dengan tinggi sekitar 5 cm dan lebar sekitar 10 cm. Letakkan segitiga-segitiga tersebut pada lingkaran yang sudah digambar.

3. Potong Pola Kipas

Setelah selesai membuat pola, gunting pola kipas sesuai dengan pola yang sudah digambar. Setelah itu, gunting bagian tengah lingkaran dan buatlah lubang sekitar 1 cm dari pinggir lingkaran. Jangan lupa untuk membuang bagian yang sudah dipotong.

4. Pasang Bambu Kecil pada Kipas

Setelah pola kipas sudah jadi, kita pasang bambu kecil pada kipas. Caranya adalah dengan melekatkan bambu kecil pada bagian tengah kipas menggunakan lem. Pastikan bambu kecil sudah melekat dengan kuat pada kipas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pompa Air Sederhana - Sobat Sederhana

5. Rekatkan Segitiga pada Kipas

Setelah bambu kecil sudah terpasang dengan kuat, kita rekatkan segitiga pada kipas dengan menggunakan lem pada sisi yang bersebelahan. Kemudian, rekatkan kembali sisi segitiga yang lain pada sisi segitiga pertama, hingga membentuk kipas. Pastikan segitiga sudah melekat dengan kuat pada bambu kecil.

6. Uji Kipas yang Sudah Dibuat

Setelah kita selesai membuat kipas, kita uji kipas yang sudah kita buat. Caranya adalah dengan menggerakkan kipas ke kanan dan kiri untuk menguji apakah kipas sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika sudah, kita bisa menggunakan kipas tersebut untuk memberikan udara segar pada ruangan.

FAQ

1. Dapatkah kipas sederhana ini digunakan untuk membantu pendinginan di dalam ruangan?

Ya, kipas sederhana ini dapat digunakan untuk membantu pendinginan di dalam ruangan. Namun, daya pendinginannya tidak sekuat kipas modern yang kita temui sehari-hari.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kipas sederhana ini?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat kipas sederhana ini sekitar 30-45 menit.

3. Apakah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kipas sederhana ini mudah didapatkan?

Ya, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kipas sederhana ini mudah didapatkan di toko-toko serba ada.

4. Bagaimana cara membersihkan kipas sederhana ini?

Untuk membersihkan kipas sederhana ini, kita dapat menggunakan kain lembut atau kuas kecil untuk membersihkan debu pada kipas. Hindari membersihkan kipas dengan air karena dapat merusak kipas.

5. Apakah kipas sederhana ini dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan?

Ya, kipas sederhana ini dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang unik dan menarik. Kita dapat menghias kipas dengan berbagai macam warna dan pola sesuai dengan selera.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kacang Telur Manis Sederhana

7. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat kipas sederhana yang bisa kita buat dengan mudah di rumah. Dengan membuat kipas sederhana ini, kita tidak hanya dapat menghemat pengeluaran, namun juga dapat mengembangkan kreativitas kita dalam membuat kerajinan tangan. Selamat mencoba Sobat Sederhana!

8. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Kipas Sederhana