Cara Membuat Keju Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, dalam artikel kali ini kita akan belajar tentang cara membuat keju sederhana. Keju adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan untuk memperkaya rasa makanan. Namun sayangnya, keju seringkali dijual dengan harga yang cukup mahal di pasaran. Padahal, sebenarnya kita bisa membuat keju sendiri di rumah dengan bahan yang sederhana dan mudah didapatkan.

1. Persiapan Bahan dan Peralatan

Sebelum kita mulai membuat keju, pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang diperlukan. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain:

Nama Bahan
Jumlah
Susu segar
1 liter
Cuka putih
2 sendok makan
Garam
1/2 sendok teh

Adapun peralatan yang dibutuhkan antara lain:

  • Panci
  • Sendok kayu
  • Kain katun bersih
  • Wadah

Jangan lupa untuk mencuci tangan secara bersih sebelum memulai proses pembuatan keju.

2. Pemanasan Susu

Langkah pertama dalam membuat keju adalah memanaskan susu. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses pengendapan protein dalam susu. Caranya, tuangkan susu segar ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang hingga suhu mencapai 85 derajat Celsius atau hingga susu mendidih.

2.1 Menghindari Susu Meleburnya

Untuk menghindari susu meleburnya, aduk secara teratur menggunakan sendok kayu hingga susu tercampur rata dan suhu merata. Selain itu, pastikan api tidak terlalu besar dan susu tidak terlalu lama dipanaskan.

2.2 Menggunakan Susu Segar

Pilihlah susu segar yang masih baru diproduksi dan belum lama disimpan di lemari pendingin. Susu yang sudah kadaluarsa atau tidak segar akan mempengaruhi kualitas keju yang dihasilkan.

2.3 Menjaga Kebersihan Peralatan

Pastikan peralatan yang digunakan dalam proses pembuatan keju bersih dan steril. Hal ini untuk menghindari kontaminasi mikroba yang dapat mempengaruhi kualitas keju yang dihasilkan.

TRENDING 🔥  Cara Mengolah Jagung Menjadi Makanan Sederhana

3. Menambahkan Cuka Putih dan Garam

Setelah susu mendidih, matikan api dan tambahkan cuka putih dan garam ke dalam susu sambil terus diaduk secara perlahan. Kedua bahan ini berguna untuk membentuk keju dari susu yang dipanaskan.

3.1 Memilih Cuka Putih yang Tepat

Pilihlah cuka putih yang berkualitas dan tidak mengandung bahan pengawet atau pewarna buatan. Hal ini untuk memastikan kualitas keju yang dihasilkan tetap baik.

3.2 Menyesuaikan Jumlah Garam

Jumlah garam yang ditambahkan dapat disesuaikan dengan selera Anda. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan garam karena dapat membuat keju menjadi terlalu asin.

4. Mencetak Keju

Setelah semua bahan tercampur merata, tunggu hingga susu mengental dan terbentuk endapan putih. Endapan ini adalah protein dalam susu yang telah mengendap dan membentuk massa padat yang akan menjadi keju.

4.1 Menggunakan Kain Katun untuk Mencetak

Ambil wadah dan tutupi dengan kain katun bersih. Tuangkan susu yang telah mengental ke dalam kain katun dan biarkan cairan berlebihan menetes keluar dari kain. Tekan sedikit-sedikit agar semua cairan keluar. Setelah itu, lipat kain sesuai dengan bentuk yang diinginkan dan tempatkan di atas wadah kosong.

4.2 Menghindari Keju yang Terlalu Kering

Jika ingin membuat keju yang lembut, hindari menekan terlalu keras pada kain katun. Hal ini dapat membuat keju menjadi terlalu kering dan keras.

5. Proses Pengeringan Keju

Setelah dicetak, biarkan keju di dalam kain selama beberapa jam agar cairan berlebihan dapat keluar. Setelah itu, angkat keju dari kain dan letakkan di atas wadah bersih. Biarkan keju mengering selama kurang lebih 24 jam atau hingga keju benar-benar kering dan padat.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Pasang Pipa PPR

5.1 Menghindari Keju yang Tidak Matang

Pastikan keju benar-benar kering dan padat sebelum digunakan. Keju yang masih basah dan lembab dapat menyebabkan makanan menjadi tidak matang ketika diolah dengan keju tersebut.

FAQ tentang Cara Membuat Keju Sederhana

Apa saja jenis susu yang bisa digunakan untuk membuat keju sederhana?

Anda bisa menggunakan susu sapi atau susu kambing segar yang belum diberi bahan pengawet atau pewarna buatan.

Apakah bisa menggunakan cuka lain selain cuka putih?

Ya, bisa. Namun cuka putih lebih disarankan karena tidak memberikan rasa yang terlalu kuat pada keju dibandingkan dengan cuka yang lain.

Berapa lama proses pembuatan keju sederhana?

Proses pembuatan keju sederhana memakan waktu sekitar 24 jam.

Apakah bisa menambahkan bahan lain pada keju sederhana?

Bisa. Anda bisa menambahkan bahan seperti lada, bawang putih, atau bahan lain yang sesuai dengan selera.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Keju Sederhana untuk Sobat Sederhana