Cara Membuat Kalkulator Sederhana di Android Studio

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat kalkulator sederhana di Android Studio. Kalkulator menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang untuk membantu dalam melakukan perhitungan. Dalam tutorial ini, kita akan belajar bagaimana membuat kalkulator sederhana menggunakan bahasa pemrograman Java dan Android Studio.

Persiapan

Sebelum kita mulai membuat kalkulator sederhana di Android Studio, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan:

1. Menginstal Android Studio

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal Android Studio. Anda dapat mengunduhnya dari situs resmi Android Studio. Setelah mengunduhnya, instal aplikasi tersebut di komputer anda.

2. Menyiapkan Perangkat Android

Anda juga perlu menyiapkan perangkat Android yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi kalkulator yang akan dibuat. Anda bisa menggunakan emulator Android Studio atau perangkat fisik yang terhubung ke komputer anda.

3. Mengetahui Dasar Pemrograman Java

Sebelum mulai membuat aplikasi kalkulator, pastikan anda telah memahami dasar-dasar pemrograman Java, seperti variabel, operator, dan pengkondisian. Jika anda belum menguasai dasar-dasar pemrograman Java, anda dapat mengikuti tutorial Java dasar terlebih dahulu.

Membuat Projek Baru

Setelah melakukan persiapan di atas, langkah selanjutnya adalah membuat projek baru di Android Studio. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka Android Studio

Pertama-tama, buka Android Studio dengan mengklik ikon aplikasi yang telah diinstal di komputer anda.

2. Pilih “Start a new Android Studio project”

Setelah muncul halaman awal Android Studio, pilih menu “Start a new Android Studio project” untuk memulai membuat projek baru.

3. Tentukan Nama Projek dan Package

Isi kolom “Application name” dan “Company domain” sesuai dengan keinginan anda. Kemudian, pada kolom “Package name”, masukkan nama package aplikasi, misalnya “com.sobatsederhana.kalkulator”.

TRENDING 🔥  Cara SPSS Uji Analisis Regresi Sederhana

4. Pilih “Empty Activity”

Pada halaman “Add an Activity to Mobile”, pilih opsi “Empty Activity”. Kemudian klik “Next”.

5. Tentukan Nama Activity

Isi kolom “Activity name” dengan nama activity yang diinginkan, misalnya “KalkulatorActivity”. Kemudian klik “Finish”.

Mendesain Tampilan Kalkulator

Setelah membuat projek baru, selanjutnya kita akan mulai mendesain tampilan kalkulator. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka File activity_main.xml

Pertama-tama, buka file activity_main.xml yang terletak di folder “res > layout”. File ini adalah file layout yang akan digunakan untuk menampilkan tampilan awal aplikasi.

2. Tambahkan Widget TextView dan EditText

Pada file activity_main.xml, tambahkan widget TextView untuk menampilkan hasil perhitungan dan EditText untuk menginputkan angka. Berikut contoh kodenya:

<TextViewandroid:id="@+id/textViewResult"android:layout_width="match_parent"android:layout_height="wrap_content"android:text="0"android:textSize="30sp"android:gravity="right"android:padding="10dp" /><EditTextandroid:id="@+id/editTextNumber"android:layout_width="match_parent"android:layout_height="wrap_content"android:hint="Masukkan Angka"android:inputType="numberDecimal"android:textSize="20sp"android:padding="10dp" />

3. Tambahkan Widget Button

Selanjutnya, tambahkan widget Button untuk menambahkan fungsi perhitungan pada aplikasi kalkulator. Berikut contoh kodenya:

<Buttonandroid:id="@+id/buttonTambah"android:layout_width="0dp"android:layout_height="wrap_content"android:layout_weight="1"android:text="+"android:textSize="30sp" /><Buttonandroid:id="@+id/buttonKurang"android:layout_width="0dp"android:layout_height="wrap_content"android:layout_weight="1"android:text="-"android:textSize="30sp" /><Buttonandroid:id="@+id/buttonKali"android:layout_width="0dp"android:layout_height="wrap_content"android:layout_weight="1"android:text="x"android:textSize="30sp" /><Buttonandroid:id="@+id/buttonBagi"android:layout_width="0dp"android:layout_height="wrap_content"android:layout_weight="1"android:text="/"android:textSize="30sp" /><Buttonandroid:id="@+id/buttonHitung"android:layout_width="0dp"android:layout_height="wrap_content"android:layout_weight="1"android:text="="android:textSize="30sp" />

Memprogram Kalkulator

Setelah mendesain tampilan kalkulator, selanjutnya kita akan membuat kode program untuk membuat kalkulator berfungsi. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka File KalkulatorActivity.java

Buka file KalkulatorActivity.java yang terletak di folder “java > com.sobatsederhana.kalkulator”. File ini adalah file utama yang akan berisi kode program untuk kalkulator sederhana.

2. Deklarasikan Variabel

Deklarasikan variabel-variabel yang akan digunakan pada kalkulator, seperti TextView, EditText, dan Button. Berikut contoh kodenya:

private TextView textViewResult;private EditText editTextNumber;private Button buttonTambah, buttonKurang, buttonKali, buttonBagi, buttonHitung;double angka1, angka2, hasil;String operasi;

3. Inisialisasi Variabel

Sebelum digunakan, kita harus menginisialisasi variabel-variabel yang telah dideklarasikan sebelumnya. Berikut contoh kodenya:

textViewResult = findViewById(R.id.textViewResult);editTextNumber = findViewById(R.id.editTextNumber);buttonTambah = findViewById(R.id.buttonTambah);buttonKurang = findViewById(R.id.buttonKurang);buttonKali = findViewById(R.id.buttonKali);buttonBagi = findViewById(R.id.buttonBagi);buttonHitung = findViewById(R.id.buttonHitung);

4. Membuat Fungsi Tambah

Membuat fungsi untuk operasi penjumlahan. Berikut contoh kodenya:

private void tambah() {angka1 = Double.parseDouble(editTextNumber.getText().toString());editTextNumber.setText("");operasi = "+";}

5. Membuat Fungsi Kurang

Membuat fungsi untuk operasi pengurangan. Berikut contoh kodenya:

private void kurang() {angka1 = Double.parseDouble(editTextNumber.getText().toString());editTextNumber.setText("");operasi = "-";}

6. Membuat Fungsi Kali

Membuat fungsi untuk operasi perkalian. Berikut contoh kodenya:

private void kali() {angka1 = Double.parseDouble(editTextNumber.getText().toString());editTextNumber.setText("");operasi = "*";}

7. Membuat Fungsi Bagi

Membuat fungsi untuk operasi pembagian. Berikut contoh kodenya:

private void bagi() {angka1 = Double.parseDouble(editTextNumber.getText().toString());editTextNumber.setText("");operasi = "/";}

8. Membuat Fungsi Hitung

Membuat fungsi untuk menghitung hasil perhitungan. Berikut contoh kodenya:

private void hitung() {angka2 = Double.parseDouble(editTextNumber.getText().toString());switch (operasi) {case "+":hasil = angka1 + angka2;break;case "-":hasil = angka1 - angka2;break;case "*":hasil = angka1 * angka2;break;case "/":hasil = angka1 / angka2;break;}textViewResult.setText(String.valueOf(hasil));}

9. Mengimplementasikan Fungsi pada Button

Setelah membuat fungsi-fungsi di atas, selanjutnya kita akan mengimplementasikan fungsi-fungsi tersebut pada masing-masing button. Berikut contoh kodenya:

buttonTambah.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {@Overridepublic void onClick(View v) {tambah();}});buttonKurang.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {@Overridepublic void onClick(View v) {kurang();}});buttonKali.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {@Overridepublic void onClick(View v) {kali();}});buttonBagi.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {@Overridepublic void onClick(View v) {bagi();}});buttonHitung.setOnClickListener(new View.OnClickListener() {@Overridepublic void onClick(View v) {hitung();}});

Menjalankan Aplikasi di Emulator atau Perangkat Fisik

Setelah selesai membuat kode program dan mendesain tampilan kalkulator, selanjutnya kita akan menjalankan aplikasi di emulator atau perangkat fisik. Berikut langkah-langkahnya:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pasta Makaroni Sederhana

1. Menyiapkan Emulator atau Perangkat Fisik

Sebelum menjalankan aplikasi, pastikan emulator atau perangkat fisik sudah disiapkan. Jika menggunakan emulator, pastikan emulator sudah diinstal dan dijalankan di Android Studio. Jika menggunakan perangkat fisik, pastikan perangkat tersebut terhubung ke komputer dan memiliki opsi “Developer Options” yang sudah diaktifkan.

2. Menjalankan Aplikasi di Emulator atau Perangkat Fisik

Setelah emulator atau perangkat fisik siap, langkah selanjutnya adalah menjalankan aplikasi kalkulator. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik tombol “Run” di Android Studio.

2. Pilih emulator atau perangkat fisik yang ingin digunakan.

3. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terinstal dan berjalan di emulator atau perangkat fisik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu Android Studio?

Android Studio adalah Integrated Development Environment (IDE) untuk pengembangan aplikasi Android. Android Studio menyediakan berbagai fitur untuk memudahkan dalam membuat aplikasi Android, seperti tools untuk mendesain tampilan, debugger, dan emulator.

2. Apa persyaratan untuk membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio?

Beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk membuat aplikasi Android menggunakan Android Studio antara lain:

  • Komputer dengan sistem operasi Windows, Mac, atau Linux
  • Android Studio terinstall di komputer
  • Perangkat Android atau emulator Android yang terhubung ke komputer
  • Pemahaman dasar-dasar pemrograman Java

3. Apa yang dimaksud dengan layout di Android Studio?

Layout di Android Studio adalah tampilan antarmuka pengguna (user interface) dari aplikasi Android. Layout terdiri dari widget atau komponen seperti TextView, EditText, Button, dan sebagainya yang digunakan untuk menampilkan informasi atau menerima input dari pengguna.

4. Apa fungsi dari widget EditText di Android Studio?

Widget EditText di Android Studio digunakan sebagai tempat untuk memasukkan input dari pengguna, misalnya angka atau teks. Widget ini sering digunakan pada aplikasi yang membutuhkan input dari pengguna, seperti kalkulator atau form pendaftaran.

TRENDING 🔥  Cara Buat Maggot Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Bagaimana cara mengimplementasikan fungsi pada button di Android Studio?

Anda dapat mengimplementasikan fungsi pada button di Android Studio dengan membuat objek dari kelas View.OnClickListener dan menambahkan listener pada button menggunakan metode setOnClickListener(). Dalam objek View.OnClickListener, anda dapat menuliskan kode program untuk fungsi yang ingin dijalankan ketika button di klik.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Kalkulator Sederhana di Android Studio