Cara Bikin Web Sederhana 2017

Selamat datang, Sobat Sederhana! Apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini, kita akan membahas cara bikin web sederhana 2017. Di era digital seperti sekarang, memiliki website adalah hal yang sangat penting. Mulai dari website pribadi hingga website bisnis, semuanya bisa memanfaatkan keberadaan website untuk berbagai keperluan. Nah, bagaimana sih cara membuat website sederhana yang bisa jadi referensi untuk Sobat? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Pendahuluan

Sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu website dan mengapa penting memiliki website.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman web yang dapat diakses melalui internet. Setiap halaman memiliki tampilan yang berbeda-beda dan saling terhubung satu sama lainnya. Website dapat berisi berbagai jenis konten, seperti teks, gambar, video, dan lain sebagainya.

Mengapa Penting Memiliki Website?

Ada banyak alasan mengapa memiliki website penting, di antaranya:

  1. Menunjukkan keberadaan bisnis atau proyek yang Sobat kerjakan
  2. Mempermudah komunikasi dengan klien atau pengunjung website
  3. Memudahkan promosi bisnis atau produk yang Sobat miliki
  4. Memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai bisnis atau proyek
  5. Memperluas jangkauan bisnis atau proyek di dunia maya

Dari beberapa alasan di atas, bisa terlihat betapa pentingnya memiliki website. Nah, berikut ini adalah cara bikin web sederhana 2017 yang bisa Sobat coba.

Pembahasan

1. Tentukan Tujuan Website

Langkah pertama dalam membuat website adalah menentukan tujuan website tersebut. Apakah website tersebut akan digunakan sebagai portfolio, blog, atau online store? Dengan mengetahui tujuan website, Sobat dapat menentukan jenis konten apa yang akan ditampilkan di dalamnya dan bagaimana tampilan website tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Panjat Pohon Kelapa Sederhana

2. Pilih Platform Website

Setelah menentukan tujuan website, langkah selanjutnya adalah memilih platform website yang akan digunakan. Ada banyak platform website yang bisa Sobat gunakan, di antaranya:

Nama Platform
Deskripsi
WordPress
Platform website yang sangat populer dan mudah digunakan. Cocok untuk website dengan berbagai jenis konten, seperti blog, portfolio, atau online store.
Wix
Platform website yang sangat mudah digunakan dan cocok untuk website dengan tampilan visual yang menarik, seperti photography website atau fashion website.
Shopify
Platform website yang cocok untuk online store. Dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan proses transaksi, seperti integrasi dengan berbagai metode pembayaran dan shipping.

Tentukan platform mana yang akan Sobat gunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan website.

3. Pilih Theme atau Template

Setelah memilih platform website, langkah selanjutnya adalah memilih theme atau template. Theme atau template adalah tampilan website yang sudah disiapkan oleh platform website. Sobat dapat memilih theme atau template yang sesuai dengan tujuan website dan melakukan customisasi tampilannya sesuai dengan keinginan.

4. Buat Konten Website

Setelah memilih theme atau template, langkah selanjutnya adalah membuat konten website. Konten website harus disusun dengan baik dan jelas, sehingga pengunjung dapat dengan mudah memahaminya. Beberapa jenis konten website yang bisa Sobat buat antara lain:

  • Artikel atau blog post
  • Portofolio atau gallery
  • Produk atau layanan
  • Halaman about me atau about us
  • Halaman kontak

Pastikan konten website Sobat lengkap dan jelas agar pengunjung dapat dengan mudah mengetahui informasi yang mereka butuhkan.

5. Pasang Plugin atau Add-On

Untuk memaksimalkan fungsi website, Sobat dapat memasang plugin atau add-on. Plugin atau add-on adalah komponen tambahan yang dapat meningkatkan fitur atau tampilan website. Beberapa plugin atau add-on yang dapat Sobat pasang antara lain:

  • Plugin SEO untuk meningkatkan optimasi mesin pencari
  • Plugin social media untuk mempermudah sharing ke media sosial
  • Plugin contact form untuk mudahnya pengunjung menghubungi Sobat
  • Add-on analytics untuk melacak performa website
TRENDING 🔥  Cara Membuat Sop Buah Sederhana dalam Bahasa Inggris

Dengan memasang plugin atau add-on, Sobat dapat meningkatkan kualitas website dan mempermudah pengunjung dalam menggunakan website tersebut.

6. Publish Website

Setelah semuanya selesai, langkah terakhir adalah mempublish website. Pastikan website sudah diuji coba terlebih dahulu dan tidak ada error sebelum mempublishnya. Jangan lupa untuk mempromosikan website Sobat ke media sosial atau forum yang relevan agar lebih banyak orang yang mengenal website Sobat.

FAQ

1. Apakah saya perlu belajar coding untuk membuat website?

Tidak selalu. Ada banyak platform website yang sudah menyediakan tampilan yang siap pakai dan mudah dikustomisasi tanpa harus belajar coding. Namun, jika Sobat ingin membuat website yang lebih kompleks atau ingin mempelajari coding, maka belajar coding sangat dianjurkan.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat website?

Biaya pembuatan website tergantung pada platform yang digunakan dan jenis website yang ingin dibuat. Ada platform website yang gratis, seperti WordPress atau Wix, namun ada juga yang berbayar, seperti Shopify. Selain itu, biaya juga tergantung pada domain dan hosting website yang akan digunakan.

3. Apakah website yang sederhana dapat meningkatkan traffic website?

Tentu saja! Website yang sederhana namun lengkap dan informatif dapat meningkatkan traffic website karena pengunjung dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan di website tersebut.

4. Bagaimana cara meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO) pada website?

Beberapa cara meningkatkan SEO pada website antara lain:

  • Menggunakan keyword yang relevan dan memadai
  • Memperbaiki kecepatan loading website
  • Membuat konten yang berkualitas dan informatif
  • Memasang plugin SEO atau menggunakan layanan SEO

Dengan meningkatkan SEO, website Sobat dapat muncul lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Butter Cream Coklat Sederhana

Kesimpulan

Itulah cara bikin web sederhana 2017 yang dapat Sobat coba. Penting untuk diingat, website yang baik adalah website yang informatif dan mudah digunakan oleh pengunjung. Jangan lupa untuk terus improve dan mengupdate website Sobat agar makin baik dan bermanfaat bagi pengunjung website. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Bikin Web Sederhana 2017