Cara Membuat Jebakan Garangan Sederhana

Halo Sobat Sederhana,

Burung garangan sering kali mengganggu kebun atau tanaman Anda. Selain itu, burung ini juga sering merusak bangunan dan perabotan rumah. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membuat jebakan garangan.

Berikut ini adalah cara membuat jebakan garangan sederhana yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

1. Siapkan Bahan-bahan

Untuk membuat jebakan garangan sederhana, Anda membutuhkan beberapa bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Kawat
2 meter
Botol minuman bekas
1 buah
Kawat kecil
50 cm
Benang nilon
50 cm
Biji jagung
secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, Anda siap untuk membuat jebakan garangan sederhana.

2. Buat Lubang pada Botol Minuman Bekas

Pertama-tama, buatlah dua lubang pada botol minuman bekas di sisi yang berlawanan. Lubang pertama dibuat di bawah tutup botol dan lubang kedua dibuat sekitar 1/3 dari bawah botol. Ukuran lubang harus cukup besar untuk memungkinkan masuknya burung garangan.

3. Pasang Kawat di Lubang Botol

Masukkan kawat melalui lubang di bawah tutup botol dan keluarkan melalui lubang di bagian bawah. Pastikan kawat melewati tengah-tengah botol sehingga bisa menyeimbangkan beban pada kedua sisinya.

4. Pasang Kawat kecil pada Tengah-tengah Botol

Pasang kawat kecil di tengah-tengah botol dan buatlah lubang pada kawat sesuai dengan diameter benang nilon yang digunakan. Lubang ini akan digunakan untuk mengaitkan benang nilon pada kawat.

5. Pasang Benang Nilon pada Kawat Kecil

Lilitkan benang nilon pada kawat kecil yang telah dipasang pada botol. Pastikan benang nilon tidak terlalu panjang sehingga tidak menyentuh tanah dan mudah terlihat oleh burung garangan.

6. Siapkan Umpan Jebakan Garangan

Untuk menarik perhatian burung garangan, gunakan biji jagung sebagai umpan. Letakkan biji jagung pada bagian bawah botol.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pupuk Organik Cair Sederhana dari Sampah

7. Pasang Jebakan Garangan di Tempat yang Strategis

Pasang jebakan garangan pada tempat yang biasa dilalui burung garangan, seperti di atas pohon atau di tanah yang sering dilalui burung garangan. Pastikan jebakan garangan terlihat dari jarak yang cukup jauh sehingga burung garangan tertarik untuk mendekat.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Jebakan garangan aman bagi burung?

Ya, jebakan garangan yang dibuat dengan benar tidak akan membahayakan burung garangan. Jebakan garangan hanya akan menjebak burung untuk beberapa saat sebelum Anda membebaskannya.

2. Apakah jebakan garangan bisa digunakan untuk menjebak hewan lain?

Tidak, jebakan garangan hanya efektif untuk menjebak burung garangan saja. Untuk menjebak hewan lain seperti tikus atau musang, Anda perlu menggunakan jebakan yang sesuai dengan jenis hewan tersebut.

3. Apakah jebakan garangan efektif dalam mengusir burung garangan dari kebun atau rumah?

Ya, jebakan garangan dapat digunakan untuk mengusir burung garangan dari kebun atau rumah. Namun, pastikan jebakan garangan dipasang pada tempat yang strategis dan sering dilalui burung garangan.

4. Apakah jebakan garangan harus dipasang di atas pohon?

Tidak, jebakan garangan dapat dipasang di mana saja selama tempat tersebut sering dilalui burung garangan. Jika Anda ingin memasang jebakan garangan di atas pohon, pastikan jebakan tersebut aman dan tidak membahayakan orang lain.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menangkap burung garangan menggunakan jebakan ini?

Waktu yang dibutuhkan untuk menangkap burung garangan menggunakan jebakan ini bervariasi tergantung pada kondisi lingkungan. Namun, biasanya jebakan garangan dapat menangkap burung garangan dalam waktu 1-3 hari.

Demikianlah cara membuat jebakan garangan sederhana. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Jebakan Garangan Sederhana